Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Melahirkan secara Normal | Guesehat

  • Bagikan

Sejak dulu, para ibu telah menggunakan metode alami untuk persalinan. Ini karena tidak ada pilihan lain selain kelahiran normal tanpa bantuan apa pun pada masa itu. Namun, seiring berkembangnya dunia medis, kelahiran caesar menjadi pilihan metode persalinan lainnya, ketika persalinan normal tidak bisa dilakukan.

 

Persalinan secara caesar dilakukan karena alasan medis. Prosedur caesar memiliki kelebihan berupa kemudahan dan rasa sakit yang lebih rendah selama persalinan. Namun, ada juga Mums yang memilih persalinan caesar meskipun tidak memiliki kondisi medis apa pun, karena khawatir tentang rasa sakit yang menyertai persalinan pervaginam.

 

Apa pun metode persalinan yang dipilih, ini sama sekali tidak mengurangi kemuliaan seorang wanita sebagai ibu. Selain itu, masing-masing prosedur persalinan menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Jika Mums memilih untuk melahirkan secara normal, berikut ini beberapa manfaat yang akan Mums dapatkanSimak selengkapnya ya!

 

Baca juga: Tips Melahirkan Normal yang Efektif
 

Manfaat Melahirkan secara Normal

Nah, Mums catat ya manfaat melahirkan secara normal sehingga bisa menjadi penyemangat bagi Mums yang sebentar lagi akan segera melahirkan:

 

1. Waktu pemulihan lebih cepat

Mums yang melakukan persalinan normal pulih lebih cepat daripada yang menjalani operasi caesar. Bahkan, Mums yang melahirkan secara normal umumnya dapat berdiri dalam beberapa jam setelah melahirkan dan berjalan-jalan.

 

Ini karena saat melahirkan, hormon yang disebut endorfin dilepaskan di dalam tubuh. Pelepasan hormon ini terbukti menghilangkan rasa sakit dan membantu tubuh dalam mengatasi rasa sakit.

 

Sementara, operasi caesar dapat memakan waktu hingga 5 minggu untuk pulih. Bahkan, butuh 6 bulan agar jahitan internal sembuh sepenuhnya dan memerlukan perhatian medis selama periode ini.

 

2. Menyusui dini dan membentuk ikatan ibu dan bayi yang kuat

Setelah kelahiran secara normal, bayi diletakkan di atas perut MUms dan dapat merangkak ke payudara serta melakukan kontak kulit langsung. Pada menit-menit pertama kehidupan, bayi baru lahir dapat menggunakan naluri mereka untuk menemukan payudara ibu dan mulai menyusui.

 

Bayi langsung tahu suara ibunya dan akan menatap wajah ibu dengan saksama. Bayi akan mengingat bau dan rasa kulit saat menyusui untuk pertama kalinya. Hal ini memungkinkan ikatan yang ideal antara ibu dan bayi.

 

3. Tidak berdampak pada kehamilan berikutnya

Persalinan normal memastikan bahwa kehamilan masa depan tidak terpengaruh dengan cara apa pun. Tidak ada bekas luka rahim atau plasenta previa yang perlu dikhawatirkan akibat operasi caesar.

 

Robeknya bekas luka rahim adalah risiko yang akan dialami ibu jika persalinan sebelumnya adalah operasi caesar. Seorang perempuan yang melahirkan secara caesar lebih mungkin untuk melahirkan dengan cara yang sama pada persalinan berikutnya. Meskipun begitu, ada juga kasus persalinan normal setelah operasi caesar.

 

Baca juga: Manfaat Memiliki Anak dengan Jarak Usia Cukup Jauh

 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi

Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan yang belum matang. Mereka membutuhkan bantuan dari luar untuk melindungi mereka dari penyakit. Selama kehamilan, bayi menerima antibodi dari ibu, tetapi sebagian besar ditransfer selama persalinan.

 

ASI juga mengandung sel darah putih, yang melindungi bayi  dengan lebih baik. Satu tetes ASI saja mengandung sekitar satu juta sel darah putih yang dapat sangat membantu imunitas tubuh bayi.

 

5. Meningkatkan energi untuk bayi

Setelah lahir, bayi tidak lagi menerima makanan terus-menerus dari plasenta. Sebagai akibatnya, kadar gula darah mereka mulai turun. Meskipun hal ini normal, tetapi bayi yang lahir secara alami terlindungi dari efek buruk gula darah rendah, seperti cedera otak.

 

Ini karena saat lahir, tubuh bayi memproduksi hormon katekolamin. Hormon ini membantu meningkatkan kadar glukosa pada bayi, menjaga kadar gula darahnya relatif stabil sampai ASI keluar, biasanya beberapa hari setelah kelahiran.

 

Terbukti, melahirkan secara normal memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Namun, jika dokter merekomendasikan operasi caesar, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, dokter tahu mana yang terbaik untuk ibu dan bayi.

 

Baca juga: Operasi Caesar Tidak Direncanakan, Biasanya Ini Sebabnya
 

 

 

Sumber:

Parenting.firstcry.com. Benefits of normal delivery for mom and baby.

Bellybelly.com.au. Natural birth 5 huge benefit for baby.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.