Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Tali Pusat Bayi | GueSehat

  • Bagikan

Tali pusat merupakan bagian penting bagi bayi selama di dalam kandungan. Melalui tali pusat, bayi akan memperoleh nutrisi serta oksigen yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang. Setelah bayi lahir, tali pusat akan dipotong dan hanya disisakan sedikit bagian saja.

 

Namun, tahukah Mums tali pusat bayi yang dipotong sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat? Bahkan, saat ini sudah tersedia layanan bank khusus untuk penyimpanan tali pusat bayi. Penasaran apa saja manfaat penyimpanan tali pusat bayi ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Baca juga: Pengalaman Memilih Bank Tali Pusat untuk Si Kecil
 

Manfaat Penyimpanan Tali Pusat

Tali pusat bayi tersusun dari jaringan yang melindungi pembuluh darah. Pembuluh darah inilah yang bertanggung jawab untuk mengantarkan darah dari ibu ke bayi selama kehamilan. Jaringan tali pusat bayi terbentuk dari beberapa jenis sel punca, seperti Sel Punca Mesenkim (MSC), dan berbeda dengan Sel Punca Hematopoietik (HSC), yang banyak ditemukan dalam darah tali pusat.

 

MSC dapat dengan cepat membelah, beregenerasi, dan berdiferensiasi menjadi banyak jenis sel, termasuk sel saraf, sel tulang, dan tulang rawan. Mereka juga memiliki kemampuan untuk merespons peradangan serta membantu perbaikan jaringan.

 

Kemampuan yang unik ini membuat para peneliti percaya bahwa sel darah tali pusat dapat membantu pengobatan penyakit kanker, penyakit yang berkaitan dengan darah, seperti anemia, dan juga sejumlah masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan sistem imun tubuh.

 

Secara khusus, American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan penyimpanan darah tali pusat jika bayi memiliki saudara kandung dengan kondisi penyakit ganas atau genetik, yang hanya dapat diobati dengan transplantasi darah tali pusat. Kondisi yang dimaksud tersebut antara lain:

– Leukemia.
– Defisiensi imun, seperti defisiensi imun gabungan parah (SCID).
– Limfoma (Hodgkin dan non-Hodgkin).
– Anemia aplastik.
– Anemia sel sabit.
– Penyakit Krabbe.
– Thalasemia.
– Penyakit langka lainnya.

 

Saat ini, para ilmuwan dan peneliti juga sedang melakukan studi atas kemungkinan kemampuan MSC dalam membantu menyembuhkan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh Covid-19.

 

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Jaringan Tali Pusat Bayi?

Tak hanya bagi bayi yang diambil jaringan tali pusatnya, sel punca juga dapat digunakan oleh anggota keluarga biologis.

 

Baca juga: Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Salah
 

Bagaimana Prosedur Penyimpanan Tali Pusat?

Apabila Mums dan Dads telah memutuskan untuk menyimpan tali pusat bayi di bank, maka dokter kandungan akan melakukan sejumlah prosedur setelah proses persalinan, baik persalinan caesar ataupun persalinan per vaginam. Proses ini dimulai sesegera mungkin setelah Mums melahirkan, di mana dokter akan menjepit tali pusat di dua titik dengan jarak sekitar 25,4 cm, kemudian memotongnya.

 

Setelah tali pusat terputus, dokter akan memasukkan jarum dan mengambil setidaknya sekitar 40 ml darah dari tali pusat. Darah ini kemudian akan akan dimasukkan dalam sebuah wadah khusus, kemudian dikirim ke laboratorium atau bank tali pusat untuk pengujian dan penyimpanan. Seluruh proses ini berlangsung sangat cepat, hanya sekitar beberapa menit saja dan tidak menimbulkan rasa sakit bagi ibu maupun bayi.

 

Sesampainya di laboratorium, darah dari tali pusat akan dipisahkan setiap bagiannya. Dari proses tersebut, diperoleh sel punca yang akan disimpan dalam lemari pembeku dengan suhu sekitar -196°C. Sel punca beku ini dapat bertahan hingga 10 tahun tanpa mengalami kerusakan.

 

Nah, Mums itulah beberapa manfaat dari penyimpanan tali pusat bayi. Keputusan untuk menyimpan tali pusat ini sebaiknya dibicarakan dengan pasangan atau anggota keluarga lain jauh-jauh hari sebelum waktu persalinan tiba. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk penyimpanan tali pusat ini terbilang tidak murah. Jadi, pastikan Mums sudah memikirkannya dengan matang, ya. (AS)

 

Baca juga: Manfaat Pengambilan Darah Tali Pusat di Golden Moment
 

 

Referensi

American Pregnancy Association. “Cord Blood Banking”.

Medical News Today. “Cord blood banking: Cost, pros, and cons”.

WebMD. “Should You Bank Your Baby’s Cord Blood?”.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.