Menu
Informasi tentang Kesehatan

Penyebab Feses Mengambang | Guesehat

  • Bagikan

 

Feses umumnya tenggelam karena ini lebih padat daripada air. Jika sesekali kamu mengamati feses mengambang, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Namun, jika kamu mengamati bahwa feses lebih sering mengapung daripada tenggelam, kamu perlu mengevaluasi kembali kondisimu. Pasalnya, feses yang mengambang dapat mengindikasikan adanya kondisi medis atau diet yang salah.

 

Di sini, kamu akan disuguhi informasi tentang beberapa penyebab tinja mengambang.

 

Baca juga: Penyebab Feses Berwarna Hitam, Apakah Tanda Bahaya?
 

Penyebab Feses Mengambang

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum kenapa feses mengambang.

 

1. Terlalu banyak gas dalam perut

Diet tinggi serat menyebabkan peningkatan fermentasi bakteri selama pencernaan, yang kemudian menghasilkan lebih banyak udara, yang bisa terjebak dalam tinja dan menyebabkannya mengapung. Karenanya, orang yang baru menerapkan diet tinggi serat biasanya akan mengamati bahwa feses mereka mengapung.

 

Banyak makanan berserat tinggi, seperti kacang-kacangan, kubis Brussel, brokoli, dan kembang kol, juga menyebabkan perut memproduksi lebih banyak gas. Jika selain feses mengambang, kamu juga mengalami perut kembung, artinya penyebab feses mengambang ini disebabkan oleh banyaknya gas dalam perut. Selain itu, jika kamu sedang menjalani diet tinggi serat, kamu bisa meningkatkan asupan serat secara perlahan untuk menghindari berbagai masalah pencernaan.

 

2. Infeksi perut

Penyebab umum lainnya dari malabsorpsi adalah infeksi saluran gastrointestinal. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Infeksi umumnya dapat hilang tanpa pengobatan apapun.  Infeksi yang lebih serius umumnya berasal dari E. coli, salmonella, atau parasit. Infeksi ini memerlukan perawatan dari profesional medis.

 

Baca juga: Penyebab Feses Bayi Berlendir

 

3. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa ialah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, suatu bentuk gula yang ditemukan dalam produk susu. Jika orang yang memiliki intoleransi laktosa mengonsumsi produk susu, ini akan menyebabkan feses mengambang. Minum produk susu saat kamu memiliki intoleransi laktosa dapat menyebabkan terbentuknya gas di tinja dan diare. Hal ini juga dapat menyebabkan malabsorpsi nurisi.

 

4. Masalah dengan pankreas

Sejumlah masalah pada pankreas dapat menyebabkan tinja berlemak karena malabsorpsi lemak. Malabsorpsi dapat terjadi saat enzim pankreas atau empedu tidak berjalan dalam jumlah yang cukup ke usus kecil.

 

Hasilnya adalah feses menjadi berlemak yang mengapung dan sulit untuk disiram. Kotoran juga menjadi berwarna putih atau sangat pucat. Selain itu, masalah pada pankreas juga mungkin menyebabkan urine menjadi sangat gelap.

 

Kotoran mengambang dan pucat juga bisa terjadi akibat kanker pankreas atau pankreatitis. Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas, yang dapat menyebabkan rasa sakit di perut bagian atas yang juga dapat menyebar ke punggung. Selain itu, gejala lain dari pankreasitis di antaranya:

  • demam
  • detak jantung cepat
  • mual
  • muntah
  • perut bengkak.

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas

 

5. Malabsorbsi

Malabsorbsi bisa terjadi saat tinja melewati usus terlalu cepat, seperti saat kamu sedang mengalami diare. Ini juga dapat terjadi ketika tubuh tidak memproses dan menyerap nutrisi dengan benar. Jika kamu mengalami malabsorpsi yang parah, feses yang mengambang mungkin juga disertai bau yang kuat dan tampak berminyak.

 

6. Fibrosis kistik

Fibrosis kistik ialah kondisi kronis bawaan yang menyebabkan produksi lendir kental dan lengket berlebih di paru-paru dan saluran pencernaan. Kelebihan lendir di pankreas ini mencegah nutrisi terserap dengan tepat dan menyebabkan feses mengambang.

 

Sayangnya, fibrosis kistik bukanlah kondisi yang dapat diobati. Namun, konsumsi obat-obatan dapat mengurangi gejala fibrosis kistik, termasuk feses mengambang.

 

Jika kamu memiliki tinja mengambang tetapi tidak disertai gejala lain, kamu tidak perlu panik karena ini kemungkinan hanya disebabkan oleh diet. Cobalah mencatat makanan yang kamu makan, perubahan pada perut, dan perhatikan kapan kamu memiliki feses yang mengambang. Ini dapat membantu kamu mengidentifikasi makanan apa saja yang menyebabkan feses mengambang.

 

Baca juga: Warna Feses Tidak Biasa, Pengaruh Makanan Atau Penyakit?
 

 

Sumber:

Healthline.com.  Stools floating

Medicalnewstoday.com. Why does poop float? Is it normal?

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.