Menu
Informasi tentang Kesehatan

Perubahan pada Kuku Bisa Menjadi Tanda Diabetes

  • Bagikan

Tak jarang cukup sulit mendiagnosis penyakit diabetes meskipun mungkin sudah ada tanda-tandanya. Khusus diabetes, gejala utama penyakit ini antara lain sering kencing, mudah haus, mudah lapar, dan turun berat badan. Tetapi tahukah Diabestfriends, tanda diabetes bisa dilihat dari perubahan di kuku lho!

 

Kuku, bisa mencerminkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga penyakit kronis. Dr. Elizabeth Salada, ahli diabetes dikutip dari diabetes.co.uk selalu melakukan pemeriksaan kuku pasiennya sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin.

 

Baca juga: Dampak Stres pada Kesehatan Kulit, Termasuk Rambut dan Kuku
 

Kuku Bisa Menjadi Tanda Kamu Memiliki Diabetes

Kuku normal yang sehat biasanya berwarna merah muda dan permukaannya rata. Setiap perubahan pada kuku, entah itu perubahan pada bentuk, ketebalan, konsistensi, atau permukaan warna kuku, tidak bisa diremehkan.

 

Contohnya, jika kuku berwarna setengah putih dan setengah merah muda, ini bisa mengindikasikan masalah ginjal. Atau jika melihat lubang di kuku yang bisa menandakan pasien mengidap psoriasis, salah satu kelainan kulitnya.

 

Berikut ini tanda diabetes yang bisa dikenali dari perubahan kuku:

 

1. Sedikit rona merah di bagian bawah kuku

Dr. Elizabeth Salada mengatakan bahwa sedikit rona merah di bagian bawah kuku terkadang merupakan gejala diabetes. Ini disebabkan karena perubahan pembuluh darah di area kuku akibat kadar gula darah yang tinggi. 

 

2. Kuku berwarna kuning atau lebih rapuh

Kuku tangan atau kaki yang berubah warna menjadi kuning atau rapuh juga bisa menjadi tanda diabetes. Penyebabnya, diabetes membuat penderitanya rentan terhadap infeksi jamur yang disebut onikomikosis.

 

Infeksi jamur ini menjadikan kuku berwarna kekuningan karena efek pemecahan gula pada kolagen di kuku. Meskipun perubahan warna itu sendiri dilaporkan tidak berbahaya dan tidak perlu diobati, namun bisa menjadi alarm pertama adanya diabetes. Segera cek ke dokter, terutama jika kamu juga mengalami gejala diabetes lainnya.

Baca juga: Mendeteksi Kesehatan dari Kuku, Amati Perubahan Warna dan Bentuknya!

 

3. Memiliki “garis khas” di seluruh kuku

Seiring bertambahnya usia, kuku juga mengalami perubahan. Misalnya munculnya garis tonjolan vertikal pada kuku jari tangan atau kaki. Namun, jika muncul garis horizontal, lain ceritanya. Garis horizontal ini bisa menjadi tanda diabetes tipe 2.

 

Menurut Mayo Clinic, tonjolan khas ini dikenal sebagai garis Beau, dan dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol. Konon, gejala yang sama ini juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi mendasar lainnya, termasuk masalah tiroid.  Jika Kamu melihat garis-garis ini pada kuku, beri tahu dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.

4. Kuku tampak “memendek” atau pertumbuhannya lambat

Meski kuku pendek mungkin akibat tergigit atau patah, para ahli mengatakan itu juga bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih dalam. Menurut jurnal Practical Diabetes dalam kasus yang jarang terjadi, kerusakan saraf akibat diabetes dapat menyebabkan pertumbuhan kuku terhambat, Hal ini dapat membuat kuku pada jari-jari tertentu tampak “pendek” dan “rapuh”.

 

Itu tadi beberapa tanda di kuku yang bisa jadi merupakan gejala diabetes. Untuk memastikan apakah Kamu memiliki diabetes, lakukan tes gula darah secara teratur , terutama jika mengalami gejala diabetes lainnya. 

 

Baca juga: Tanda-tanda Awal Diabetes Sudah Terlihat Sejak Usia 8 Tahun

 

 

Sumber:

Bestlifeonline.com. Diabetes nails. 

Diabetes.co.uk. Finger nails can be diabetes tell tale sign. 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.