Menu
Informasi tentang Kesehatan

Posisi Janin Menjelang Persalinan | GueSehat

  • Bagikan

Mendekati waktu persalinan, penting untuk mengetahui posisi janin agar dokter dapat menentukan prosedur yang tepat. Oleh karena itu, yuk Mums cari tahu posisi-posisi janin dalam rahim melalui ulasan berikut ini!

 

Posisi Janin dalam Rahim

Seiring pertambahan usia kandungan, ukuran tubuh bayi akan semakin besar dan juga akan semakin banyak bergerak. Beberapa posisi janin akan memudahkan proses persalinan, tetapi beberapa yang lainnya justru dapat menyulitkan. Nah, berikut ini beberapa posisi janin dalam rahim yang perlu Mums ketahui.

 

1. Oksiput anterior (OA)

Posisi ini sebenarnya merupakan posisi terbaik bayi untuk dilahirkan, di mana kaki berada di bagian atas, kepala menghadap bawah ke arah jalan lahir, dan bagian punggungnya menghadap ke perut Mums. Posisi oksiput anterior dikenal juga dengan nama vertex, cephalic, dan anterior. Posisi OA dianggap ideal karena memungkinkan bayi bergerak lebih mudah ketika proses persalinan.

Dalam beberapa kasus, bayi bisa juga berada agak sedikit ke kiri. Kondisi ini biasanya disebut oleh dokter atau bidan dengan posisi oksiput kiri anterior (left occiput anterior). Sementara, bila bayi berada pada posisi cenderung ke kanan, disebut dengan oksiput kanan anterior (right occiput anterior).

 

Baca juga: Posisi Ideal Bayi dalam Kandungan
 

2. Oksiput posterior (OP)

Jika oksiput anterior adalah posisi ideal bayi sebelum dilahirkan, oksiput posterior adalah posisi sebaliknya yang terbilang tidak ideal. Posisi ini terjadi ketika tubuh bayi menghadap ke atas. Oksiput posterior biasa disebut juga dengan istilah posisi back-to-back atau sunny side up.

Dalam posisi OP, bayi tidak dapat menurunkan kepalanya ke arah jalan lahir. Apabila bayi tidak mengubah posisi dan terus berlanjut, maka dokter biasanya akan merekomendasikan Mums untuk menjalani operasi caesar.

 

3. Sungsang

Sekitar 3 hingga 4% bayi cukup bulan berada pada posisi kepala di bagian atas dan bokongnya menghadap jalan lahir. Posisi inilah yang dikenal dengan posisi sungsang. Sama halnya dengan posisi oksiput posterior, posisi sungsang sebenarnya bukanlah posisi ideal bayi untuk dilahirkan.

Ada berbagai jenis posisi sungsang dan semuanya meningkatkan kemungkinan Mums membutuhkan persalinan caesar. Beberapa jenis posisi sungsang yang dimaksud antara lain:

– Sungsang lengkap: bagian bawah tubuh bayi di dekat jalan lahir, lutut bayi tertekuk, dan kaki di dekat bagian bawah tubuh.

– Frank sungsang: posisi bayi berbentuk huruf V, dengan bagian bawah tubuh dekat jalan lahir, tetapi bagian paha dan kakinya di dekat kepala.

– Footling sungsang: Bagian salah satu kaki atau keduanya berada di dekat atau di jalan lahir.

 

Baca juga: Waspadai Posisi Sungsang dan Risiko Komplikasinya
 

 

4. Posisi miring

Meski jarang, posisi ini bisa saja terjadi, di mana bayi berada dalam posisi diagonal (miring) melintasi rahim. Posisi ini lebih berisiko pada proses persalinan karena kepala bayi tidak sejajar dengan jalan lahir. Akibatnya, jika dipaksakan melalui proses persalinan pervaginam, dapat terjadi kompresi tali pusat.

Apabila tali pusat memasuki jalan lahir terlebih dulu, kepala bayi dapat menekan tali pusat selama proses persalinan, menghalangi aliran darah dan menyebabkan kondisi darurat.

 

5. Posisi melintang

Dalam posisi melintang, bayi mungkin akan meringkuk secara menyamping di dalam rahim. Pada posisi ini, bagian punggung, bahu, atau tangan dan kakinya berada dekat dengan jalan lahir.

Risiko utama dari posisi ini adalah plasenta dapat rusak saat melahirkan atau saat tubuh bayi coba dibalikkan. Jika memang tidak memungkinkan, dokter biasanya akan memutuskan untuk melakukan operasi caesar agar bayi bisa tetap lahir dengan selamat.

 

Nah, Mums itulah beberapa posisi bayi menjelang persalinan. Memastikan posisi bayi sangat penting bagi dokter untuk menentukan metode persalinan yang akan Mums tempuh. Maka dari itu, pastikan untuk selalu melakukan kontrol rutin, terlebih ketika mendekati waktu persalinan ya, Mums. (AS)

 

Baca juga: Posisi Janin Melintang, Bisakah Melahirkan Normal?
 

Referensi

Healthline. “Understanding Fetal Position”.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.