Menu
Informasi tentang Kesehatan

Prediabetes Bisa Sembuh | Guesehat

  • Bagikan

Menerima diagnosis prediabetes mungkin terdengar menakutkan. Apakah prediabetes bisa sembuh? Geng Sehat gak perlu takut atau khawatir berlebihan dulu. Prediabetes bisa sembuh, kok!

 

Bagaimana caranya? Prediabetes bisa sembuh jika Geng Sehat melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan begitu, perkembangan diabetes pada orang yang memiliki prediabetes bisa terhambat.

 

Baca juga: Cuaca Panas Meningkatkan Gula Darah, Tips Mengelola Diabetes di Cuaca Panas yang Ekstrem
 

Prediabetes Bisa Sembuh, Begini Caranya!

Lakukan perubahan-perubahan gaya hidup di bawah ini supaya kondisi prediabetes bisa sembuh:

 

1. Isi Sebagian Porsi Piring dengan Buah dan Sayuran

Mengonsumsi banyak buah dan sayur bisa membantu prediabetes bisa sembuh, karena tinggi nutrisi dan serat, namun rendah kalori. Selain itu, antioksidan dan fitokimia dalam buah dan sayuran juga memiliki peran meningkatkan resistensi insulin, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. 

 

Selain itu, sayuran non-tepung rendah kalori, rendah karbohidrat, dan sangat mengenyangkan. Sayuran dan buah juga kaya fitonutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan karena berfungsi sebagai antioksidan memiliki efek anti inflamasi.

 

2. Kontrol Stres

Stres kronik berdampak negatif pada kesehatan, karena bisa menurunkan imun, sehingga membuat kita jadi mudah sakit. Selain itu, hormon stres seperti kortisol dapat semakin meningkatkan kenaikan berat badan dan kadar gula darah.

 

Untuk meredakan stres, Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti stretching, melakukan meditasi, dan melakukan aktivitas yang merileksasi dan Kamu sukai, misalnya seperti menjahit, melukis, mendengar musik, dan lainnya.

 

3. Tidur yang Cukup

Tahukah Kamu bahwa kurang tidur bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh? Kurang tidur dapat mengganggu respon tubuh terhadap insulin. Kurang tidur meningkatkan hormon kortisol sehingga membuat Kamu jadi lebih resisten terhadap insulin. Sebagai rekomendasi, pastikan Kamu tidur malam tujuh jam per hari.

 

Baca juga: Cepat Naikkan Gula Darah, Ini 8 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
 

4. Hindari Minum Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan inflamasi pankreas dan mengganggu sekresi insulin. Kalaupun Kamu mau minum alkohol, rekomendasinya tidak boleh lebih dari satu kali minum per hari untuk wanita dan dua kali minum per hari untuk pria. 

 

5. Aktif Bergerak

Duduk terlalu lama, termasuk menghabiskan banyak waktu duduk depan TV atau komputer, bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Jadi, supaya prediabetes bisa sembuh, aktiflah bergerak.

 

Aktivitas fisik meningkatkan sensitivitas insulin, penggunaan gula darah oleh otot, dan meredakan resistensi insulin. Sebagai rekomendasi, lakukan 30 menit aktivitas fisik selama lima hari per minggu. Lakukan aktivitas fisik yang Kamu sukai, misalnya yoga, berenang, bersepeda, lari, dan lainnya.  

 

6. Ikuti Pola Diet Nabati

Mengonsumsi makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, whole grain, dan lainnya juga dapat meningkatkan kemungkinan prediabetes bisa sembuh. Makanan nabati mengandung nutrisi yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan mood. 

 

Perencanaan diet berbasis makanan nabati efektif untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, karena tinggi serat, rendah lemak jenuh, dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Baca juga: Mengenal Black Madras, Beras Rendah Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

 

Sumber:

Eating Well. 6 Things You Should Do Every Day If You Have Prediabetes, According to Dietitians. Februari 2022.
Centers for Disease Control and Prevention. How Much Sleep Do I Need?. Maret 2017.
National Library of Medicine. Association Between Plant-Based Dietary Patterns and Risk of Type 2 Diabetes: A Systematic Review and Meta-analysis. Oktober 2019.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.