Menu
Informasi tentang Kesehatan

Sering Sakit Tulang dan Kelelahan

  • Bagikan

Geng Sehat sering sakit tulang dan kelelahan? Ada kemungkinan Geng Sehat mengalami kekurangan vitamin D! Mungkin vitamin D sudah dikenal dengan khasiatnya meningkatkan sistem imun, tapi banyak yang belum tahu bahwa vitamin D juga berhubungan dengan sakit tulang dan mudah lelah. 

Berikut penjelasannya!

 

Kurang vitamin D menyebabkan Sakit Tulang dan Otot

Vitamin D ternyata penting untuk fungsi tulang dan kulit, serta memiliki efek anti inflamasi. Oleh sebab itu, vitamin D dipercaya dapat memiliki peran meredakan nyeri sendi, khususnya jika penyebabnya inflamasi.

Selain itu, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan nyeri otot. Jika tidak diobati atau jika kondisi  kekurangan vitamin D dibiarkan berlama-lama, Kamu bisa mengalami nyeri otot menahun. 

Nyeri tulang dan dan nyeri punggung bagian bawah juga kemungkinan merupakan gejala kurang vitamin D. Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium.

Satu penelitian pada 98 orang dewasa yang mengalami nyeri punggung bagian belakang menemukan bahwa yang kekurangan vitamin D mengalami rasa sakit yang lebih parah. Ada pula satu review terhadap 81 penelitian yang menemukan bahwa orang yang memiliki artritis dan nyeri otot cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah ketimbang orang yang tidak memiliki masalah-masalah tersebut.

 

 

Kurang Vitamin D Menyebabkan Mudah Lelah

Sering merasa lelah bisa disebabkan oleh beragam hal, salah satunya adalah kekurangan vitamin D. Karena bukan merupakan kondisi yang bisa dilihat, kekurangan vitamin D seringkali dilewatkan sebagai potensi penyebab kondisi mudah lelah, jika dibandingkan dengan penyebab lain, seperti stres, depresi, dan insomnia. 

Satu penelitian pada 480 orang dewasa menemukan adanya hubungan antara kekurangan vitamin D dengan gejala mudah lelah. Selain itu, satu penelitian pada 39 anak juga menemukan hubungan antara kurang kadar vitamin D dengan kualitas tidur yang rendah, durasi tidur yang lebih pendek, dan kondisi susah tidur. 

Satu penelitian yang bersifat observasi pada suster wanita juga menemukan adanya hubungan yang kuat antara kurang kadar vitamin D dengan kondisi mudah lelah. Ditemukan bahwa sekitar 89% suster wanita tersebut mengalami kekurangan vitamin D.

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D menurunkan tingkat keparahan kondisi mudah lelah pada orang yang kekurangan vitamin tersebut.

 

Pentingnya Mengonsumsi Suplemen Vitamin D

Jadi, kalau Kamu mulai sering mengalami gejala-gejala seperti sering nyeri tulang, nyeri sendi, dan mudah lelah, maka kemungkinan besar Kamu mengalami kekurangan vitamin D. Inilah pentingnya mendapatkan asupan vitamin D yang cukup sesuai kebutuhan tubuh.

Namun, tidak banyak makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Makanan-makanan yang kaya vitamin D diantaranya ikan salmon, ikan sarden, dan kuning telur. Dikhawatirkan jika hanya mengandalkan asupan vitamin D dari makanan sehari-hari, jumlahnya tidak akan cukup dengan yang dibutuhkan tubuh.

Oleh sebab itu, suplementasi vitamin D menjadi penting. Kita disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari, untuk memastikan asupan yang kita terima mencukupi kebutuhan tubuh.

Sebagai rekomendasi untuk memenuhi asupan tersebut, Kamu bisa mengonsumsi Oxyvit D3 1000 IU. Suplemen ini bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian, bahkan untuk orang-orang dengan kondisi khusus, seperti lanjut usia, ibu hamil dan menyusui, hingga penderita autoimun.

Hanya dengan mengonsumsi satu kapsul Oxyvit D3 1000 IU per hari, Kamu sudah dapat memastikan kebutuhan asupan vitamin D sudah terpenuhi! Dengan begitu, gejala sering nyeri tulang dan mudah lelah juga bisa teratasi! Yuk, langsung beli Oxyvit D3 1000 IU di apotik terdekat!

 

Sumber:

Everyday Health. 10 Illnesses Linked to Vitamin D Deficiency. Juni 2020.
Cleveland Clinic. Vitamin D Deficiency.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.