Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tanda-tanda Diabetes pada Pria | Guesehat

  • Bagikan

Setiap orang, baik pria maupun wanita, bisa saja terkena diabetes. Namun, kasus diabetes lebih banyak ditemukan pada pria. Oleh sebab itu, Geng Sehat harus tahu tentang tanda-tanda diabetes pada pria. 

 

Diabetes merupakan penyakit kronis yang sebaiknya diobati dan dikontrol sejak dini. Oleh sebab itu, penting mengetahui gejala-gejala awal penyakit ini. Berikut tanda-tanda diabetes pada pria!

 

Baca juga: Mencegah Ulkus Diabetikum, Luka Kaki pada Orang dengan Diabetes
 

Tanda-tanda Diabetes pada Pria

Berikut sejumlah tanda diabetes pada pria yang perlu diketahui:

 

1. Rasa Haus dan Lapas yang Berlebihan

Karena diabetes menyebabkan kadar gula darah, kondisi ini menarik cairan dari sel-sel tubuh sehingga menyebabkan penderitanya merasa haus. Penderita diabetes juga sering merasa lapar karena ketidakmampuan tubuh untuk mencerna kadar gula darah dan mengubahnya menjadi energi. Jadi, waspada ya kalau tiba-tiba Kamu sering merasa haus berlebihan.

 

2. Sering Buang Air Kecil

Orang yang memiliki diabetes sering buang air kecil berlebihan. Rasa haus berlebihan yang dialami menyebabkan penderita diabetes sering buang air kecil. Kebanyakan pria yang terkena diabetes tidak bisa tidur malam dengan nyenyak karena rasa ingin buang kecil menyebabkan mereka sering terbangun. 

 

3. Kelelahan

Kalau Kamu tiba-tiba sering merasa sangat lelah tanpa penyebab yang jelas, terutama jika disertai tanda-tanda lainnya, maka kemungkinan penyebabnya diabetes. Kelelahan tanapa sebab ini disebabkan oleh penggunaan energi yang tidak maksimal pada tubuh, yang disebabkan oleh diabetes.

 

4. Penurunan Berat Badan Tanpa Penyebab

Pria yang memiliki diabetes kemungkinan juga akan mengalami penurunan berat badan yang penyebab yang jelas. Diabetes menyebabkan tubuh sulit menggunakan gula darah dan mencernanya menjadi energi. Kondisi ini menyebabkan penurunan berat badan.

 

5. Infeksi Kulit

Karena kadar gula darah tinggi dalam darah, pria penderita diabetes mudah mengalami infeksi kulit. Infeksi kulit ini bisa berupa rasa gatal atau sariawan. Kadar gula darah tinggi menyebabkan jamur mudah tumbuh di kulit dan menyebabkan infeksi. 

 

6. Penurunan Penglihatan

Pria yang mengalami diabetes juga bisa mengalami penglihatan kabur. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah tinggi di dalam tubuh yang berbahaya untuk organ-organ tubuh, termasuk mata. Bahkan, mata biasanya menjadi organ pertama yang terkena dampak negatif diabetes. 

 

7. Luka Lama Sembuh

Salah satu tanda diabetes pada pria adalah luka yang lama sembuh, meskipun lukanya sebatas goresan. Kadar gula darah tinggi menurunkan imunitas dan memengaruhi kemampuan tubuh menyembuhkan diri. 

 

Baca juga: Skrining Kekurangan Hormon Testosteron pada Penyakit Kencing Manis (Diabetes)
 

Faktor Risiko Diabetes pada Pria

Banyak faktor yang berkontribusi atau meningkatkan kemungkinan pria terkena diabetes, diantaranya:

  • Peningkatan berat badan
  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi
  • Kurang aktivitas fisik
  • Usia di atas 45 tahun

Hindari faktor-faktor risiko tersebut dan gaya hidup tidak sehat lainnya supaya terhindari dari diabetes. Kalau sudah terlanjur memiliki faktor-faktor risiko tersebut, sebaiknya hentikan dan jalani gaya hidup sehat, serta waspadai tanda-tanda diabetes dini. 

 

Baca juga: Meski Serba Dibatasi, Makanan ini Aman untuk Penderita Diabetes dengan Gangguan Ginjal
 
 

Sumber:

PharmEasy. 8 Sign & Symptoms Of Diabetes In Men. 2022.
WebMD. Men and Type 2 Diabetes. Agustus 2021.
National Diabetes Information Clearinghouse: “Type 2 Diabetes: What You Need to Know.”
Intellihealth: “What Is Type 2 Diabetes?”
UpToDate: “Patient information: Diabetes mellitus type 2: Overview (Beyond the Basics).”
American Heart Association.
Diabetes Care: “Moderate Alcohol Consumption Lowers the Risk of Type 2 Diabetes: A meta-analysis of prospective observational studies.”
David Ludwig, MD, PhD, associate professor of pediatrics, Children’s Hospital, Boston.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.