Menu
Informasi tentang Kesehatan

Vaksin Covid-19 untuk Anak | Guesehat

  • Bagikan

Pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 masih gencar dilakukan. Pemerintah sudah menyiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun. Bagi orang tua yang masih bingung harus membawa anak vaksin di mana selain di Puskesmas, bisa ke mal lho Mums.

 

Danone Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak dan vaksin booster di Mal Neo Soho, Jakarta Barat.

 

Sentra Vaksin Generasi Maju ini merupakan bagian dari rangkaian kampanyeIndonesia Bangkitakan berlangsung pada 20 – 24 Januari 2022 dengan menargetkan 5.000 peserta vaksin (2.500 peserta anak dan 2.500 peserta vaksinasi booster).

 

Baca juga: Vaksin Booster CoronaVac Aman untuk Usia Lebih dari 3 Tahun

 

Vaksin Covid-19 untuk Anak 

Tidak semua anak Indonesia beruntung dengan akses kesehatan. data Unicef menunjukkan, 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses pendidikan, nutrisi, dan kesehatan, terlebih lagi kondisi pandemi yang membuat keadaan semakin serba terbatas.

 

 

Pemerintah tidak bisa berjalan sendirian. Peran pengusaha swasta sangat diharapkan dalam memperluas akses kesehatan dan nutrisi untuk anak-anak Indonesia. Selain nutrisi, saat ini pemerintah fokus pada cakupan vaksin Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun. 

 

 

Pemerintah telah mempersiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi COVID-19 untuk anak ini juga telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang lain di sekitarnya walau tanpa gejala.

 

Sentra Vaksin Generasi Maju merupakan inisiatif Danone Indonesia guna mempercepat upaya pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi COVID-19 terutama bagi anak dan vaksin booster. Danone Indonesia berinisiatif berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Indomaret dalam memfasilitasi sarana dan prasarana kegiatan vaksin di Sentra Vaksin Generasi Maju yang ada di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

 

Ketiga kota besar tersebut masih menjadi fokus pemerintah dalam pengendalian kasus COVID-19. Seperti yang dikutip dari laman covid-19.go.id, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya masuk dalam 10 daerah dengan kasus COVID-19 tertinggi, di mana DKI Jakarta sebesar 20,4% (870.362 kasus), Jawa Timur sebesar 16,6% (400.335 kasus) dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 3,7% (157.067 kasus).

 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, anak-anak Indonesia merupakan masa depan bangsa yang perlu kita dukung dan lindungi bersama agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju.

 

Di masa pandemi ini, vaksinasi pada anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran, dan merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan dirinya dan lingkungan sekitar dari terpapar virus corona, di manapun mereka berada,” jelas Siti Nadia Tarmizi dalam pembukaan Sentra Vaksinasi generasi Maju, Kamis (20/1).

 

Baca juga: Asyik, Sebentar Lagi si Kecil Bisa Vaksin Covid-19!

 

Bekal Penting Sekolah Tatap Muka

Hadir dalam acara Direktur Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd yang mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi anak di masa pandemi ini tidak hanya menjamin kesehatan anak dengan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuhnya, namun juga dapat mendukung keamanan dan keselamatan anak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan baik di sekolah.

 

Semua pihak yang hadir mendukung adanya kerjasama pemerintah dan swasta dalam mempercepat program vaksin Covid-19 untuk anak. Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat mengatakan, Danone Indonesia terus konsisten berkomitmen melakukan berbagai inisiatif yang berkelanjutan untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia.

 

Inisiatif untuk menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju sebagai salah satu rangkaian kampanye Indonesia Bangkit serta mendukung Pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan kebangkitan Indonesia. Melalui inisiatif dan kolaborasi ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh sehat serta memiliki akses terhadap pendidikan yang dapat mendukung proses pemulihan pandemi serta kemajuan bangsa Indonesia.”

 

Bagi Mums yang tinggal di Jakarta Barat dan sekitarnya, langsung saja ya bawa si kecil yang beusia 6-11 tahun mengikuti program vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksin Generasi Maju yang berlokasi di Novo Atrium, Lantai LG, Mal Neo Soho, Jakarta Bara. Mums cukup mendaftarkan diri secara mudah melalui tautan bit.ly/vaksingenerasimaju.

 

 

Baca juga: Bumil dan Busui Juga Bisa Vaksin Booster COVID-19, Ini Syaratnya!

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.