Menu
Informasi tentang Kesehatan

Vitamin A Mengobati Retinopati Diabetik

  • Bagikan

salah satu komplikasi diabetes adalah retinopati diabetik, yakni kerusakan di retina yang menyebabkan penglihatan terganggu bahkan berakhir dengan kebutaan. Jika sudah terjadi kebutaan, maka tidak ada yang bisa dilakukan. Namun, penelitian di dunia kedokteran, kita tahu, selalu berkembang. Belum lama ini, ilmuwan mulai meneliti terapi apa yang bisa memperbaiki retinopati diabetik. Mereka menemukan bahwa turunan vitamin A kemungkinan bisa memperbaiki retinopati diabetes. 

 

Mengenal Retinopati Diabetik

Retinopati diabetes adalah kondisi yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di retina. Retina adalah titik di belakang bola mata yang sangat peka terhadap cahaya. Ketika prmbuluh darah di retina mengalami kerusakan, salah satunya akibat diabetes, maka fungsi retina pun terganggu bahkan rusak sama sekali.

 

Sebelum retinopati diabetik terdeteksi, penderita diabetes mungkin mengalami gejala di mata yang tidak disadari adalah awal dari penyakit yang serius. Misalnya, tidak bisa langsung beradaptasi dari gelap ke terang, sensitif dengan cahaya yang kontras, dan gangguan persepsi warna.

 

Retinopati diabetik termasuk 3 besar komplikasi terbanyak dan penyebab kebutaan ke-5 terbesar di seluruh dunia. Berdasarkan data tahun 2017, dari 425 juta orang dengan diabetes di dunia, sebanyak 127 juta (30%) memiliki komplikasi retinopati diabetik dan 12 juta sudah masuk kelompok yang kondisinya mengancam penglihatan (10%).

 

Baca juga: Penyebab Retinopati Diabetik dan Cara Mencegahnya

 

Vitamin A dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mata

Vitamin A kerap disebut-sebut vitamin yang bagus untuk penglihatan. Vitamin A merupakan komponen protein rhodopsin, yang memungkinkan mata untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah. Menurut American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam hari atau buta senja.

 

Selain itu, vitamin A juga mendukung fungsi kornea yang merupakan lapisan luar mata dan berfungsi sebagai pelindung mata. Apabila Kamu kekurangan vitamin A, mata akan menghasilkan kelembapan terlalu sedikit untuk tetap dilumasi.

 

Beta karoten adalah sumber utama vitamin A dalam makanan manusia. Beta karoten adalah jenis pigmen tumbuhan yang disebut karotenoid yang terdapat pada buah dan sayuran berwarna. Ketika seseorang mengonsumsi karoten, tubuh mereka mengubah pigmen menjadi vitamin A.

 

Beberapa penelitian melakukan investigasi manfaat vitamin A dan turunannya, apakah bisa memperbaiki retinopati diabetik.  Salah satunya studi yang dipublikasikan di American Journal of Pathology . Studi ini masih dilakukan pada hewan coba yakni tikus yang dibuat menjadi diabetes. Tentunya untuk sampai pada ujicoba pada manusia atau penderita diabetes yang sebenarnya, masih terlalu dini.

 

 

Baca juga: Cek Mata Secara Berkala Cegah Retinopati Diabetik Penyebab Kebutaan

 

Dalam laporan penelitian, fungsi penglihatan tikus yang memiliki diabetes, meningkat secara signifikan setelah perawatan dengan dosis tunggal turunan vitamin A yang disebut kromofor visual 9-cis-retinal, analog vitamin A. Zat ini dapat membentuk pigmen dalam sel retina sehingga menghasilkan elemen sensitif cahaya retina.

 

“Pada penelitian sebelumnya, kami menemukan bahwa diabetes menyebabkan defisiensi vitamin A di retina, mengakibatkan penurunan penglihatan. Bahkan, sebelum gejala muncul. Itulah kenapa, kami menyimpulkan bahwa gejala gangguan penglihatan penderita diabetes di tahap awal disebabkan oleh kekurangan vitamin A di retina,” kata Gennadiy Moiseyev, PhD, peneliti di University of Oklahoma Health Sciences Center, Oklahoma City, USA.

 

Para peneliti juga melaporkan bahwa pengobatan tersebut dapat mengurangi stres oksidatif di retina, mengurangi kematian sel retina dan degenerasi retina, serta meningkatkan fungsi visual. “Gangguan metabolisme vitamin A yang diinduksi oleh penyakit diabetes dalam mata bertanggung jawab atas berkurangnya fungsi visual pada tahap awal retinopati diabetik,” ujar Gennadiy.

 

Ia mengatakan jika saat ini tidak ada terapi yang tersedia untuk mencegah perkembangan komplikasi retina pada pasien yang menderita diabetes. “Penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi dengan turunan vitamin A ke mata penderita diabetes dapat menjadi strategi pengobatan yang potensial untuk retinopati diabetik tahap awal  sehingga dapat dicegah perburukan yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada pasien dengan diabetes,” beber Gennadiy.

 

Baca juga: Ada Hubungan Apa Antara Vitamin A dengan Diabetes?

 

 

 

 

Referensi:

ScienceDaily. A vitamin A analog may help treat diabetic retinopathy

MedicalNewsToday. What are the best vitamins for eye health?

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.