Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bisakah Hamil Tanpa Berhubungan Seks

  • Bagikan

 

Kehamilan terjadi saat sperma bertemu dengan sel telur yang sehat, biasanya dengan berenang melalui vagina. Namun, agar ini terjadi, pertemuan ini perlu terjadi pada waktu, tempat, dan keadaan yang tepat.

 

Setiap aktivitas seksual yang melibatkan penetrasi atau memasukkan penis ke vagina dapat menyebabkan sperma menuju sel telur dan terjadi pembuahan. Namun, mungkinkah kehamilan terjadi tanpa aktivitas seksual yang melibatkan penetrasi? Jawabannya, ya, bisa. Lantas, bagaimanakah ini terjadi? Mari, kita bahas bersama-sama.

 

Baca juga: 6 Cara Menghentikan Kebiasaan Masturbasi, Mulai dari Sekarang!

 

Mungkinkah Hamil Tanpa Berhubungan Seks?

Berikut adalah penjelasan bagaimana perempuan dapat hamil tanpa melakukan aktivitas seksual.

 

Fenomena kehamilan perawan

British Medical Journal pernah menerbitkan laporan tentang fenomena yang disebut kehamilan perawan atau virgin pregnancy. Penelitian ini melibatkan survei terhadap 7.870 wanita hamil, dan para peneliti menemukan bahwa 45 wanita yang terlibat dalam penelitian melaporkan bahwa mereka hamil tanpa melakukan hubungan seks vaginal.

 

Studi ini memiliki keterbatasan karena melibatkan pelaporan diri. Selain itu, kemungkinan wanita dalam penelitian mendefinisikan seks sebagai aktivitas yang melibatkan memasukkan penis ke dalam vagina. Jadi, meskipun disebut perawan, ada kemungkinan mereka melakukan aktivitas yang melibatkan masuknya sperma ke vagina dari tindakan lain.

 

Selain itu, beberapa dokter pernah terlibat dalam persalinan wanita yang selaput daranya yang utuh. Kasus ini semakin membuktikan bahwa kehamilan perawan benar-benar ada.

 

Mungkinkah pembuahan terjadi ketika sperma berada di luar vagina?

Agar pembuahan terjadi, sperma harus masuk ke dalam vagina. Jadi, umumnya ini terjadi dengan seks penetrasi. Namun, pembuahan masih mungkin terjadi bahkan jika suami tidak berejakulasi di dalam vagina. Misalnya, jika ada air mani di jari lalu menyentuh vagina atau jika suami ejakulasi di dekat bibir vagina, maka pembuahan masih mungkin terjadi.

 

Namun, sperma harus memenuhi parameter tertentu untuk memungkinkan terjadinya pembuahan. Ini berarti bahwa selain keberadaan air mani di dalam vagina, konsentrasi sperma, motilitas, dan beberapa karakteristik lain mungkin juga berperan.

 

Jadi, jika suami mengalami ejakulasi dan sebagian air mani menyentuh vagina, ada kemungkinan terjadi kehamilan. Jika penis yang ereksi menyentuh vagina atau vulva, precum yang mengandung sperma juga dapat membuahi sel telur dan mengakibatkan kehamilan.

 

Cara lain untuk hamil tanpa berhubungan seks?

Teknologi reproduksi buatan menjadi salah satu solusi untuk pasangan yang ingin mendapatkan keturunan tanpa melakukan hubungan seks penetrasi. Beberapa prosedur yang paling umum meliputi inseminasi intrauterin dan fertilisasi in vitro.

 

Ini adalah opsi yang sangat baik untuk pasangan yang membutuhkan sperma atau sel telur donor. Juga, merupakan opsi bagi mereka yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan hubungan seksual, tetapi masih ingin mendapatkan keturunan.

 

Baca juga: 

 

Yang bisa dilakukan jika tidak ingin hamil?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan suami istri untuk mencegah kehamilan, beberapa dilakukan dengan bantuan dokter dan beberapa lagi tanpa bantuan dokter:

  • Kondom: Ini adalah alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan dan bisa didapatkan secara bebas.
  • Pil KB: Ada beberapa jenis pil KB. Beberapa hanya mengandung progestin sementara yang lain mengandung campuran progestin dan estrogen.
  • Patch: Patch menggunakan hormon untuk mencegah kehamilan dan diyakini sama efektifnya dengan pil KB.
  • Cincin vagina: Metode kontraspsi ini melibatkan memasukkan cincin ke dalam vagina setiap bulan untuk memberikan hormon guna mencegah kehamilan.
  • IUD: Ini adalah perangkat kecil yang dimasukkan dokter ke dalam vagina untuk menghalangi sperma mencapai sel telur.

 

Akhir kata, hamil tanpa seks vaginal adalah hal yang mungkin terjadi, meskipun kemungkinannya kecil. Jadi, jika kamu tidak ingin hamil dalam waktu dekat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran seputar alat pengendalian kelahiran yang terbaik untukmu.

 

Baca juga: Hubungan Seks Saat Hamil, Apa Saja yang Perlu Mums Tahu?

 

 

Sumber:

Healthline.com. Can you pregnant without having sex?

Flo.health. Can you pregnant without having sex?

 

 

 

BMJ.com. Like a virgin (mother): analysis of data from a longitudinal, US population representative sample survey

Health.com. Can You Get Pregnant Without Having Sex? The Answer Might Surprise You

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.