Menu
Informasi tentang Kesehatan

Hubungan Seks untuk Penderita Nyeri Punggung

  • Bagikan

Nyeri punggung memang sangat menyiksa ya Gengs! Aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman, termasuk aktivitas seksual. Bagi orang yang memiliki nyeri punggung kronis, menjaga kehidupan seks tetap sehat dengan berhubungan intim secara rutin mungkin sulit. Namun, memiliki nyeri punggung bukan berarti tidak melakukan seks sama sekali. Kamu masih bisa melakukan hubungan seks dengan cara atau posisi-posisi tertentu.

 

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah memastikan ke dokter yang kompeten, tentang penyebab nyeri punggung dan melakukan terapi. Konsultasikan dengan dokter bahwa kondisi nyeri punggung Kamu mempengaruhi hubungan dan kehidupan seks Kamu dengan pasangan. Setelah itu, Kamu bisa mengikuti anjuran dari dokter. Akan lebih baik lagi kalau pasangan Kamu juga hadir dalam konsultasi tersebut.

 

Baca juga: 5 Posisi Tidur Paling Nyaman Bagi Penderita Nyeri Punggung

 

Nyeri Punggung Memengaruhi Kehidupan Seksual 

Meski terkesan tidak terlalu serius, nyeri punggung dapat berdampak negatif pada emosi dan psikologis si penderita. Dalam aspek hubungan seks, terbatasnya aktivitas seksual akibat nyeri punggung bisa menimbulkan stres yang dapat merusak hubungan dengan pasangan.

 

Apalagi jika pasangan sulit memahami apa yang dirasakan oleh pasangannya yang menderita nyeri punggung. Maka itu, komunikasi yang baik antara Kamu dan pasangan sangat penting. Kalau tidak, pasangan Kamu bisa salah menginterpretasikan keseganan Kamu untuk melakukan hubungan seks. Pasangan Kamu bisa menganggap penolakan tersebut sebagai sesuatu yang negatif. 

 

Untuk mengurangi ketegangan yang ada, buatlah susasana di mana Kamu dan pasangan tidak merasa terburu-buru. Cobalah saling bersabar. Banyak terapis yang menyarankan untuk terlebih dahulu membentuk suasana nyaman lewat pijat yang lembut, mandi dengan air hangat, atau mengoleskan krim pereda rasa sakit untuk membuat otot Kamu rileks dan mengurangi rasa nyeri di punggung.

 

Meskipun nyeri punggung bisa hilang, rasa sakitnya dapat kembali muncul saat melakukan hubungan seks. Sebelum hal tersebut terjadi, Kamu dan pasangan harus mendiskusikan terlebih dahulu tentang langkah apa yang harus kalian ambil dalam situasi seperti itu untuk mencegah timbulnya rasa marah atau frustrasi.

 

Baca juga: Postur Tubuh yang Buruk Bisa Jadi Dalang Nyeri Punggung!
 

Posisi Seks Nyaman Untuk Penderita Nyeri Punggung

Berikut ini beberapa posisi seks yang bisa dicoba untuk pederita nyeri punggung:

 

1. Berdiri Tegap

Penderita nyeri punggung akibat masalah pada tulang belakang, bisa melakukan hubungan seks dengan posisi berdiri atau membungkuk sedikit ke belakang, Posisi ini cenderung lebih nyaman. Membungkuk ke depan akan membuat rasa nyerinya semakin parah. Penderita gangguan pada ruas-ruas sendi tulang belakang paling nyaman ketika tulang belakangnya dalam posisi lurus saat berhubungan seks. Posisi ini biasanya disebut ‘extension’.

 

Jika seorang pria penderita nyeri punggung lebih nyaman dengan posisi ‘extension’ atau berdiri tegap, maka ia bisa menggunakan posisi misionaris. Dalam posisi ini, si pria harus menopang tubuh dengan tangannya, sehingga punggungnya lurus atau membungkuk sedikit ke belakang. Sementara itu, posisi si wanita berada di bawah pasangannya, ia dapat melipat lutut ke atas ke arah dadanya.

 

Sebagai alternatif lain, si wanita bisa meregangkan kakinya di atas pasangannya yang berada di bawahnya dalam posisi terlentang dengan sebuah bantal di bawah punggung bagian belakangnya.

 

Sementara itu, untuk wanita yang mengidap nyeri punggung di bagian bawah dapat memilih posisi tengkurap dengan sebuah bantal di bawah dadanya. Pasangannya dapat melakukan penetrasi dari belakang.

 

Atau melakukan posisi misionaris, yaitu dengan posisi terlentang dengan menopang punggung bagian bawahnya menggunakan bantal yang rata dan berhati-hati agar tidak melipat kaki atau lututnya terlalu jauh.

 

Baca juga: Terapi Alami untuk Nyeri Punggung Bawah

 

2. Membungkuk Ke Depan

Untuk penderita spinal stenosis, posisi yang paling nyaman pada umumnya adalah ketika mereka membungkuk ke depan. Sementara itu, rasa nyerinya akan bertambah parah jika mereka berdiri tegap. Penderita spinal stenosis juga dapat menggerakkan bahu mereka ke depan untuk merasa lebih nyaman. Posisi ini biasanya disebut ‘flexion’.

 

Seorang pria yang mengidap nyeri punggung dan lebih nyaman dengan posisi ‘flexion’ atau membungkuk ke depan biasanya lebih memilih melakukan hubungan seks lewat belakang ketika ia dan pasangannya berada dalam posisi berlutut di tempat tidur. Atau, pasangannya dapat berlutut di ujung tempat tidur dan pria bisa berdiri tegap atau sedikit membungkuk di belakangnya, di samping tempat tidur, sebelum melakukan penetrasi dari belakang.

 

Sebagai alternatif, keduanya dapat berbaring dengan posisi miring sementara priamelakukan penetrasi dari belakang. Posisi in sering kali disebut posisi fetal atau spooning.

 

Sementara itu, untuk wanita yang mengidap penyakin nyeri punggung dengan jenis yang sama bisa melakukan hubungan seks dengan posisi misionaris. Wanita melipat lututnya ke arah dada atau ketiak. Semakin jauh ia menarik lututnya ke atas, maka semakin membungkuk ke depan tulang belakangnya.

 

Posisi-posisi tersebut akan sangat membantu para pengidap nyeri punggung. Namun, untuk sejumlah orang yang mengidap nyeri punggung akut, melakukan hubungan seksual dengan berhubungan intim dapat terasa sangat menyakitkan. Dalam kasus ini, lebih baik si penderita dan pasangannya melakukan hubungan seksual yang lebih ringan atau melakukan seks tanpa penetrasi.

 

Sebagai tips, orang-orang yang mengidap nyeri punggung lebih baik mengambil peran pasif saat berhubungan seksual dan membiarkan pasangannya mengambil peran yang aktif. Ingatlah untuk melakukan hubungan seks dengan tidak terburu-buru dan lembut. Pastikan Kamu tahu posisi apa yang membuat Kamu nyaman dan hindari posisi yang memperparah nyeri punggung.

 

Baca juga: Mums, Begini Cara Mudah Atasi Nyeri Punggung Selama Hamil!

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.