Menu
Informasi tentang Kesehatan

Seks Nyaman untuk Orang dengan Diabetes

  • Bagikan

 

Memiliki diabetes dapat berdampak besar pada banyak hal di hidup, termasuk kehidupan seksual. Diabetes menyebabkan banyak kendala untuk mencapai kehidupan seks yang memuaskan.

 

Kabar baiknya, begitu kamu tahu bagaimana menangani gejala yang mungkin menghambat kehidupan seks, kamu dapat meningkatkan kepuasan seksual secara signifikan. Di sini, kamu akan dijak memahami tips seks untuk orang dengan diabetes. Berikut informasinya!

 

Seks Nyaman untuk Orang dengan Diabetes

Sesi bercinta bisa tetap nyaman pada penderita diabetes. Berikut kiat-kiatnya:

 

1. Periksa gula darah sebelum bercinta

Seks dapat bertindak seperti insulin yang menurunkan gula darah. Jadi, ada baiknya untuk memeriksa kadar gula darah sebelum melakukan hubungan intim. Jika gula darah berada pada tingkat normal atau rendah, kamu mungkin perlu makan sesuatu sebelum atau sesudah berhubungan seks untuk menghindari hipoglikemik. Jika kamu memakai pompa insulin, pertimbangkan untuk melepasnya saat berhubungan seks. 

 

Baca juga: Obat Kuat untuk Penderita Diabetes, Apakah Aman?

 

2. Perhatikan pH

Peningkatan kadar gula darah dapat mengganggu keseimbangan pH vagina, yang meningkatkan peluang terkena infeksi vagina kronis. Ketika pH naik, lactobacilli sehat di vagina tidak bisa lagi bertahan, yang menyebabkan kamu mengalami pertumbuhan bakteri jahat, seperti vaginosis bakteri dan infeksi jamur. 

 

Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan bakteri adalah dengan mengoleskan gel vagina OTC dua kali seminggu. Ini dapat membantu mengembalikan pH normal vagina dan bertindak sebagai pelembap untuk meningkatkan kenyamanan saat berhubungan.

 

3. Dapatkan bantuan untuk masalah emosional

Masalah emosional, seperti stres, kecemasan, dan kurangnya kepercayaan diri dapat memengaruhi kehidupan seks secara negatif. Lebih jauh, masalah seks dapat membuat hubungan dengan pasangan memburuk. Untuk itu, ada baiknya melakukan konseling sebagai individu atau bersama pasangan untuk membantu membicarakan masalah dan mencari solusi. 

 

Nantinya, dokter akan menyarankan perawatan untuk sebagian besar masalah seksual, dari seks yang menyakitkan hingga masalah dengan orgasme. Namun, sebelumnya, kamu akan dibimbing untuk mengatasi masalah emosional atau hubungan.

 

4. Gunakan pelumas

Jika kamu adalah seorang perempuan dengan masalah kekeringan vagina, pelumas vagina dapat membuat seks terasa lebih baik. Tanyakan kepada dokter apakah kamu perlu menggunakannya secara teratur, tidak hanya saat berhubungan seks.

 

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Pelumas Supaya Seks Lebih Memuaskan

 

5. Makan untuk meningkatkan mood

Makan makanan tertentu dapat memiliki efek positif pada gairah seks. Misalnya, mineral seng dapat bekerja sebagai penambah libido dengan membantu produksi testosteron, dan tiram merupakan salah satu sumber seng yang terbaik. Sumber seng yang baik lainnya termasuk daging merah, kepiting, dan kacang mete.

 

6. Cari alternatif selain hubungan seks

Jika kamu tidak memiliki gairah utuk berhubungan seks pada malam tertentu, kamu tidak perlu memaksakan diri. Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga ikatan dengan pasangan. 

 

Menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan tidak harus dengan selalu melakukan hubungan seks. Gestur sederhana, seperti menonton film sambil berpelukan, menikmati makanan bersama, atau saling memijat dapat memperkuat ikatan.

 

Baca juga: Suka Gaya Misionaris? Coba 5 Tips Ini agar Bercinta Makin Panas!

 

7. Cari suasana baru

Manjakan diri sendiri dan pasangan dengan menginap di hotel. Mendapatkan suasana baru adalah penambah libido yang hebat. Terlebih, jika kamu memiliki anak dan sulit mendapatkan waktu sendiri. Rencanakan hari dan aktivitas apa yang ingin kalian lakukan untuk membuat quality time semakin menyenangkan.

 

8. Tidur yang cukup

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan ini menjadi jauh lebih penting bagi orang dengan diabetes. Salah satu alasannya, tidur terbukti membantu mengendalikan gula darah.

 

Sebaliknya, tidur kurang dari 6 jam setiap malam membuat orang tiga kali lebih mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah. Jika kamu sulit tidur, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti melakukan yoga sebelum tidur, makan makanan tertentu sebelum tidur, atau membaca buku satu jam sebelum tidur.

 

Mengelola diabetes adalah strategi seks terbaik. Kontrol glukosa darah yang baik dapat mencegah atau meringankan masalah seksual sehingga kamu dapat memiliki kehidupan seks yang baik dan sehat.

 

Baca juga: Perlukah Alat Bantu Seks untuk Pasutri?

 

 

Sumber:

WebMD.com. Better sex diabetes. 

 Prevention.com. Type2 diabetes and sex.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.