Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips Hubungan Seks Nyaman untuk Wanita Endometriosis

  • Bagikan

Endometriosis terjadi saat sel-sel yang harusnya berada di lapisan rahim tumbuh di tempat lain, seperti ovarium, saluran tuba, atau usus. Endometriosis dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti menstruasi yang menyakitkan, perdarahan berat saat menstruasi, dan terkadang nyeri saat berhubungan seks.

 

Penetrasi dan gerakan lain saat berhubungan seksual dapat meregangkan dan menarik pertumbuhan endometrium, sehingga kerap menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, beberapa pengobatan endometriosis juga dapat menyebabkan vagina menjadi kering, yang memperparah rasa sakit ini. 

 

Kendati demikian, bukan berarti wanita dengan endometriosis tidak dapat merasakan hubungan seks yang nikmat. Dengan menerapkan strategi yang tepat, rasa sakit saat hubungan seks dapat dikurangi, kok!

 

Tips Hubungan Seks untuk Wanita dengan Endometriosis

Di sini, kita akan membahas beberapa tips seks untuk wanita dengan endometriosis.

 

1. Cari posisi terbaik

Beberapa posisi dapat mengurangi tekanan pada area panggul yang mengandung jaringan endometrium.  Jadi, kamu dan pasangan harus bereksperimen untuk menemukan posisi terbaik dan minim rasa sakit.

 

Pada umumnya, posisi wanita berada di atas adalah posisi terbaik bagi banyak pengidap endometriosis. Pasalnya, posisi ini memungkinkan wanita mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi, juga memungkinkan untuk menentukan kecepatan yang nyaman.

 

Posisi lain yang umumnya juga nyaman antara lain:

  • spooning.
  • doggy style yang dimodifikasi.
  • pinggul wanita diangkat lebih tinggi.

 

Sedangkan, posisi misionaris dianggap sebagai yang paling menyakitkan bagi wanita dengan endometriosis.

 

2. Komunikasikan perasaanmu dengan pasangan

Komunikasi menjadi kunci untuk kehidupan seks yang sehat. Memberitahu pasangan apa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dapat membuat seks terasa lebih nyaman dan adil bagi kamu dan pasangan, sekaligus meningkatkan keintiman.

 

Penting untuk memberitahukan perasaan, kebutuhan, dan ketakutan seputar seks. Jangan lupa diskusikan posisi yang disukai, yang harus dihindari, dan jenis stimulasi fisik favorit. Ingatlah bahwa komunikasi terbuka bertujuan untuk menumbuhkan kenyamanan fisik dan emosional bagi setiap pasangan.

 

3. Gunakan pelumas

Terapi hormonal untuk mengelola gejala endometriosis bisa menimbulkan efek samping berupa berkurangnya libido, mengurangi pelumasan alami vagina, bahkan membuat seks lebih menyakitkan. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan pelumas sebelum dan selama hubungan seksual. Gunakan pelumas secukupnya dan ulangi penggunaannya selama dibutuhkan.

 

4. Lakukan hal yang tidak melibatkan penetrasi

Bagi beberapa wanita dengan endometriosis, penetrasi dapat sangat menyakitkan. Namun, tidak perlu merasa sedih karena ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk menyenangkan kedua belah pihak tanpa melibatkan penetrasi.

 

Stimulasi manual dan seks oral adalah solusi yang tepat untuk pasangan dengan endometriosis. Lebih baik lagi jika kamu dan pasangan mengeksplorasi berbagai area tubuh untuk menemukan apa yang terbaik.

 

5. Jangan tinggalkan foreplay

Setiap wanita sangat menyukai foreplay, terlebih yang menderita endometriosis. Foreplay bisa sangat membantu karena meningkatkan pelumasan dan membuat otot dasar panggul wanita menjadi rileks.

 

Wanita dengan endometriosis cenderung memiliki otot dasar panggul yang lebih tegang daripada yang lain, sebagai akibat dari respons nyeri pada tubuh. Ini kemudian dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks.

 

Foreplay menyebabkan jaringan vagina menjadi membesar, sehingga menciptakan penyangga antara vagina dan endapan endometriosis. Untuk itu, melakukan foreplay bisa sangat membantu penderita endometriosis agar lebih siap berhubungan seks.

 

Meskipun endometriosis membuat seks terasa menantang, tetapi bukan berarti wanita dengan endometriosis tidak dapat menikmati seks sama sekali. Dengan strategi di atas, wanita dengan endometriosis dapat melakukan hubungan seks dengan lebih nikmat. Selamat mencoba! (AS)

 

Referensi

https://www.endofound.org/7-sex-tips-for-the-endo-girl

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321417#takeaway



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.