Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips melamar pasangan | Guesehat

  • Bagikan

Meng-khitbah  atau bila di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia melamar, merupakan  satu momen penting dalam perjalanan kehidupan manusia,  baik bagi pria maupun wanita yang terlibat di dalamnya.

 

Saat inilah seorang pria perlu mengumpulkan keberanian untuk melamar kekasihnya, sementara wanita akan menjadi sangat emosional. Namun bagi wanita momen ini tidak hanya sekedar emosional, tetapi juga peristiwa yang sangat penting.  

 

Pasangan yang sudah dekat lama pun, bisa membutuhkan waktu selama berhari-hari atau berminggu-minggu, untuk membicarakan masalah lamaran ini. Ya, melamar atau meminta kekasih kita menjadi pendamping hidup bukan sekadar memilih cincin dan memberikannya, namun berkaitan dengan komitmen panjang seumur hidup. Lebih penting lagi melibatkan kedua orang tua dan keluarga besar kedua belah pihak.

 

Nah, bagi pria yang masih maju mundur ingin melamar pasangan, bisa ikuti tips berikut!

 

Baca juga: 5 Cara Romantis Melamar Pasangan
 

Tips Melamar Pasangan

Berikut ini beberapa tips untuk melamar pasangan yang bisa kamu ikuti:

 

1. Susun rencana dulu

Ini adalah syarat penting. Jangan melamar jika kamu belum yakin dengan rencana ke depan. Setidaknya, mulai dengan rencana tedekat, mulai dari lokasi pernikahan, penentuan hari dan tanggal, serta mempersiapkan kata kata meyakinkan sebelum acara lamaran.

 

2. Libatkan orangtua

Meskipun ini adalah hal yang sangat tradisional untuk dilakukan, tetapi tetap harus kamu lakukan. Selain orang tua sendiri, Kamu seharusnya sudah bertemu dahulu dengan calon mertua, jadi tidak tiba-tiba datang melamar. Pasangan kamu juga  akan sangat menghargai ketika kamu menghargai kedua orang tuanya. 

 

3. Siapkan dana

Melamar tentu tidak bisa dengan tangan hampa. Beberapa calon pengantin dan mertua sangat sensitif dalam hal persiapan dana pernikahan, uang mahar, cincin dan sebagainya. Ketika kamu berniat melamar, usahakan kamu sebagai pria punya dana cukup untuk membiayai semua, meskipun nanti kesepakatan bisa dibuat antara kedua belah pihak.  Selain itu, bahagikan pasanganmu dengan mengajaknya memilih cincin pernikahan sendiri, dan pernak pernik lamaran lainnya. 

 

Baca juga: Pentingnya Melakukan Prosedur Premarital Check-up Sebelum Menikah

 

4. Buat momen lamaran berkesan

Jika kamu menginginkan kejutan, sebaiknya buat acara lamaran kamu ke pacar menjadi istimewa dan tidak terlupakan. Misalnya, ajak pacar kamu ke  tempat di mana kalian berdua pertama kali bertemu atau di mana kalian berdua pernah berkencan tak terlupakan, sebagai tempat kamu melamar. Ide ini menyiratkan kamu orang yang romantis dan mengingat semua kenangan indah bersama kekasih hati. 

 

Kamu tidak perlu mengungkapkan lamaran kamu panjang lebar atau terlalu bertele-tele. Selipkan beberapa kalimat  lucu dan menggemaskan. Biarkan dia tahu dan mengerti mengapa kamu ingin menikahinya, apa yang kamu sukai darinya sehingga kamu sangat mencintainya.

 

Ingat, tak perlu melontarkan kata-kata gombalan berlebihan untuk mengharapkan reaksi yang luar biasa darinya. Dia hanya butuh kamu apa adanya.

 

5. Buat si dia menikmati momen istimewa 

Sebenarnya, melamar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja kamu siap: di depan keluarganya, teman atau orang asing, bahkan di tengah jalan atau di tempat olahraga mungkin terdengar mengejutkan. Tetapi momen ini adalah sekali seumur hidup, sehingga akan lebih baik dilakukan dengan persiapan matang, hati tenang dan penuh dengan kemesraan.

 

Biarkan si dia menikmati momennya. Biarkan dia menangis terharu dan memberikan jawaban yang tidak terlupakan buatmu. Jika kamu melamarnya di depan keluarga atau beberapa orang secara acak, reaksinya mungkin agak canggung.  Padahal bisa jadi ia sudah lama menantikan saat-saat ini.  

 

Jadi Gengs, meskipun terlihat kuno, namun proses lamaran menuju jenjang pernikahan adalah sesuatu momen yang sakral di mana ada gairah, romantisme, rasa cinta dan keinginan hidup bersama yang kuat. Semoga dengan mengikuti tips ini acara lamaran dan pernikahan kamu menjadi momen terbaik dan tidak terlupakan ya!

 

Baca juga: 7 Kesalahan Terbesar Saat Memilih Pasangan Hidup

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.