Menu
Informasi tentang Kesehatan

6 Buah yang Bisa Menyehatkan Vagina dan Meningkatkan Kehidupan Seks!

  • Bagikan

Para wanta wajib tahu, pH vagina yang normal seharusnya berada di kisaran 3,8 hingga 4,5. Saat keseimbangan pH bergeser terlalu lama, seperti menjadi asam atau terlalu basa, ini meningkatkan kesempatan bakteri untuk berkembang dan menyebabkan berbagai masalah pada organ kewanitaan. Ini seperti bau yang berubah, keputihan, ketidaknyamanan, hingga infeksi saluran kemih (ISK).

Kabar baiknya, vagina cukup mampu melindungi dan membersihkan dirinya sendiri. Perawatan vagina yang tepat, seperti praktik kebersihan yang baik, seks yang aman, dan kunjungan ginekologi secara teratur, semuanya berperan dalam menjaga pH tetap terkendali.

Selain itu, cara termudah untuk mempromosikan kesehatan organ kewanitaan adalah dengan makan buah-buahan tertentu. Ya, beberapa buah memiliki efek yang positif untuk kesehatan vagina jika dimakan secara rutin. Apa saja?

Baca juga: Terungkap! Wanita Merasa Paling Bergairah di 3 Waktu Ini

Buah untuk Meningkatkan Kehidupan Seks

Berikut ini beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi dan bisa membantu meningkatkan kesehatan vagina atau memperbaiki kehidupan seksual. Konsumsi secara rutin danrasakan bedanya ya!

1. Cranberry membantu mengatasi ISK

Cranberry segar atau jus cranberry 100 persen tanpa tambahan air dan pemanis adalah makanan yang kaya akan antioksidan dan senyawa asam. Ini merupakan penangkal infeksi kuat yang dapat melawan bakteri yang menempel pada dinding kandung kemih.

Karena alasan ini, konsumsi cranberry secara rutin dapat sangat bermanfaat untuk mencegah ISK pada perempuan dengan masalah ISK berulang atau baru. Kendati demikian, pastikan untuk menjauhi varietas jus cranberry yang mengandung gula, karena gula dapat memperburuk keadaan organ kewanitaan.

2. Apel untuk membantu orgasme

Makan sebutir apel setiap hari dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk dalam urusan ranjang. Perempuan yang makan apel satu butir per hari diyakini memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

Alasannya, kandungan fitoestrogen phloridzin dan antioksidannya dapat membantu merangsang aliran darah vagina. Secara keseluruhan, apel dapat mempromosikan fungsi seksual, pelumasan, gairah, dan kemampuan untuk orgasme yang lebih baik.

Baca juga: Wanita Sulit Orgasme, Apa yang Salah, Ya?

3. Alpukat untuk meningkatkan libido

Alpukat merupakan buah yang bagus untuk kehidupan seks karena mampu meningkatkan libido. Ya, tingginya kandungan lemak sehat, vitamin B-6, dan kalium pada alpukat memiliki efek mampu meningkatkan kadar libido.

Alpukat juga mampu meningkatkan pelumasan dan kadar estrogen, memperkuat dinding vagina, dan bahkan dapat meningkatkan keberhasilan IVF karena lemak tak jenuhnya. Yang tak kalah menarik, alpukat adalah buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari guacamole, smoothie, topping roti, salad, dan sebagainya.

4. Pisang untuk membantu orgasme

Pisang adalah salah satu sumber kalium yang kaya sehingga mampu membantu melawan efek buruk dari makanan tinggi natrium. Selain dapat memicu kembung, makanan kaya natrium juga dapat mengurangi aliran darah ke alat kelamin, yang kemudian mempersulit untuk mencapai orgasme. Untuk itu, makan pisang bisa menetralkan efek buruk dari makan makanan tinggi natrium.

5. Sitrus untuk menurunkan risiko kanker ovarium

Buah-buahan sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon adalah sumber vitamin C yang kaya. Vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ kewanitaan karena mampu menangkal infeksi.

Selain itu, kandungan flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk juga diyakini mampu menurunkan risiko kanker ovarium. Untuk itu, yuk, ganti camilan tidak sehatmu dengan buah-buahan sitrus demi kesehatan organ intim yang lebih baik.

Baca juga: Penyebab Hilangnya Gairah Seksual

6. Stroberi untuk mencegah kekeringan vagina

Tingginya kandungan vitamin C dalam stroberi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan dan melawan infeksi di organ intim. Salah satunya mengurangi risiko terjadinya vaginosis bakterial.

Biji stroberi juga mengandung seng tingkat tinggi, yang membantu meningkatkan kehidupan seksual dengan menurunkan risiko kekeringan pada vagina. Juga, stroberi kaya akan kandungan antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke organ kewanitaan.

Selain dengan meningkatkan konsumsi buah-buahan di atas, kamu juga perlu menghindari makanan yang buruk untuk kesehatan vagina, seperti makanan tinggi gula tambahan, lemak trans, serta makanan olahan apa pun.

Baca juga: Normalkah Mengalami Kram Perut atau Kontraksi Setelah Berhubungan Seks saat Hamil?

Sumber:

Eatthis.com. Foods for vagina health.

Healthline.com. Food for vagina.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.