Menu
Informasi tentang Kesehatan

7 Buah yang Tinggi Kandungan Asam Folat, Baik untuk Ibu Hamil

  • Bagikan

Folat merupakan jenis vitamin B9. Vitamin ini larut dalam air dan banyak terdapat dalam berbagai makanan. Sementara, asam folat adalah bentuk sintetis dari folat yang memainkan peran penting dalam sintesis dan pemeliharaan sel-sel baru.

Orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengonsumsi folat sebanyak 400 mcg per hari untuk tetap sehat dan menghindari kekurangan folat. Asam folat juga merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perempuan yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Ini karena asam folat membantu dalam produksi sel-sel sehat, pertumbuhan janin, dan mengurangi risiko cacat bawaan.

Baca juga: Konsumsi Asam Folat saat Hamil Harus Sesuai Rekomendasi Dokter!

Asam folat dapat ditemukan dalam sejumlah makanan, salah satunya buah-buahan. Yuk, kita pelajari buah apa saja yang mengandung asam folat!

Buah yang Tinggi Kandungan Asam Folat

Inilah buah-buahan apa saja yang mengandung asam folat dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau sedang dalam program hamil.

1. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Pepaya banyak disukai karena rasanya yang manis, lezat, dan menyegarkan. Namun, buah ini juga kaya akan manfaat, seperti sifat antioksidan, anti-kanker, dan anti-inflamasi. Selain itu, pepaya juga kaya akan folat yang baik untuk ibu hamil.

Total kandungan folat dalam pepaya sekitar 37 mcg/ 100 g. Ditambah, pepaya juga tinggi vitamin C, kalium, dan antioksidan seperti karotenoid. Hanya saja, ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi pepaya mentah karena dapat menyebabkan kontraksi dini pada kehamilan.

2. Pisang

Pisang termasuk buah ekonomis yang melimpah di Indonesia. Buah ini kaya akan folat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan folat sehari-hari. Pisang berukuran sedang dikemas dengan 23,6 mcg folat. Pisang juga kaya akan kalium, vitamin B6, dan mangan.

Konsumsi pisang secara rutin mampu memoderasi kadar gula darah, memperbaiki pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan juga mengandung antioksidan, semua manfaat ini sangat penting untuk ibu hamil. Yang tak kalah menarik, pisang adalah camilan yang mudah dibawa ke mana pun serta mudah diolah, seperti menjadi smoothie, salad, ditambahkan ke dalam yoghurt, dan sebagainya.

Baca juga: Mitos, Makan Pisang untuk Ibu Hamil Bikin Melahirkan Caesar

3. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah jeruk juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti asam folat, kalium, kalsium, vitamin B, magnesium, riboflavin, dan berbagai fitokimia.

Segelas 225 ml jus jeruk menawarkan asam folat sebanyak 75 mcg. Mencukupi asupan folat secara teratur dapat membantu mencegah masalah yang terkait dengan fungsi kognitif pada orang tua, meningkatkan kadar folat plasma, dan menurunkan kadar homosistein. Sementara, pada ibu hamil, konsumsi jeruk dapat mencukupi kebutuhan folat dan mengurangi risiko cacat lahir pada bayi baru lahir.

4. Alpukat

Alpukat sering disebut sebagai superfood karena kaya akan nutrisi penting, salah satunya folat. Setengah dari alpukat besar mengandung 59 mcg asam folat. Alpukat juga kaya akan kalium, vitamin K, C, dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Buah bertekstur lembut ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Misalnya, ditambahkan ke dalam sandwich, guacamole, smoothie, dipanggang bersama roti, dan sebagainya.

Baca juga: Bumil Sembelit? Ini Dia 5 Buah untuk Melancarkan BAB

5. Mangga

Ada banyak sekali jenis mangga yang tersedia di Indonesia dan dunia, yang rasanya berkisar dari masam hingga sangat manis. Buah tropis ini juga merupakan salah satu sumber asam folat yang baik. Seratus gram mangga mengandung asam folat sebanyak 43 mcg. Folat dalam mangga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

6. Persik

Persik adalah buah bercita rasa segar dan manis yang datang dalam berbagai varietas. Buah ini cocok dimakan langsung maupun dijadikan berbagai macam olahan. Persik juga merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat. Di dalam 100 gram buah persik mentah memiliki kandungan asam folat sebanyak 4 mcg. Kandungan folat yang baik dalam buah persik dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

7. Jeruk bali

Jeruk bali adalah buah yang memiliki perbedaan mencolok dengan buah jeruk pada umumnya. Jeruk bali memiliki kulit yang tebal dengan daging buah yang juga tebal dan umumnya berwarna merah.

Jeruk bali juga memiliki profil nutrisi yang menarik, salah satunya mengandung asam folat. Di dalam 100 g jeruk bali memiliki kandungan asam folat 10 mcg yang dapat menjaga sel darah merah tetap sehat.

Akhir kata, semua buah ini bukan hanya kaya akan asam folat yang baik untuk ibu hamil, tapi juga nutrisi penting lainnya yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Perlu diingat, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum membuah perubahan apa pun dalam diet guna memastikan perubahan tersebut aman untuk ibu dan janin.

Baca juga: Mums Lemes? Ini Makanan untuk Meningkatkan Energi saat Hamil!

Sumber:

Wellcurve.in. Folic-acid-rich-foods-fruits-vegetables

Healthline.com. Foods-high-in-folate-folic-acid#14.-Avocado

Redboogmag.com. Folic-acid-foods

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.