Menu
Informasi tentang Kesehatan

Agar Menyusui Mums Nyaman, Siapkan 9 Hal Ini, yuk!

  • Bagikan

Masa kehamilan usai, selanjutnya Mums akan memasuki masa menyusui. Komitmen dan kepercayaan diri, tentu sudah ada, dong. Langkah berikutnya, Mums juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan ini agar menyusui semakin nyaman. Simak yuk 9 rekomendasi perlengkapan menyusui berikut ini.

Lansinoh

1. Bra menyusui
Perubahan hormon selama hamil dan menyusui, ikut memengaruhi ukuran payudara Mums. Perubahan ini bertujuan agar payudara dapat optimal memproduksi makanan terbaik untuk si Kecil, yaitu ASI. Biasanya, sedari hamil Mums sudah mulai akan merasakan bahwa bra yang lama terasa sempit dan memerlukan bra yang baru. Nah, inilah saatnya Mums memilih bra menyusui.

Pemilihan bra menyusui tak bisa sembarangan, lho. Baik dari segi ukuran, kualitas bahan, serta fitur tambahannya, akan sangat membantu Mums dalam proses menyusui nanti. Beberapa hal yang penting Mums pertimbangkan antara lain dapat menyangga payudara dengan pas namun tidak terlalu ketat, berbahan katun dan menyerap keringat dengan baik, serta kaitan bra yang bisa mudah dilepas dan dipasang dengan satu tangan.

2. Apron menyusui

Ada kalanya si Kecil ingin menyusu secara langsung saat berada di tempat umum, seperti saat Mums kontrol ke dokter atau imunisasi di rumah sakit. Dengan menggunakan apron menyusui, dapat memberikan kenyamanan bagi Mums saat menyusui si Kecil di tempat umum. Pastikan apron berbahan lembut, tidak terlalu tebal sehingga bayi nyaman, serta mudah untuk digunakan walau dengan satu tangan. Pertimbangan lain, Mums bisa memilih model dan warna yang sesuai selera Mums agar lebih percaya diri untuk dipakai.

3. Bantal menyusui

Posisi menyusui yang nyaman bagi ibu dan bayi turut mendukung sukses menyusui. Idealnya, Mums mengarahkan bayi ke payudara, namun tidak dengan membungkuk. Pasalnya, postur tubuh yang membungkuk saat menyusui dapat menyebabkan sakit pada leher dan punggung. Nah, untuk mencapai posisi yang ideal ini, Mums membutuhkan bantal menyusui.

Bingung memilih bantal menyusui yang mana? Salah satu rekomendasinya adalah Lansinoh Breastfeeding Pillow. Terbuat dari 100% katun, permukaan bantal menyusui ini lembut dan tidak membuat iritasi kulit bayi. Bantalnya pun ringan, sehingga mudah dibawa-bawa.

4. Nipple shield

Proses menyusui terkadang mengalami kendala pelekatan, yang bisa berakibat pada menurunnya produksi ASI. Namun, Mums bisa menyiasatinya dengan penggunaan nipple shield atau pelindung puting untuk membantu mengatasi kesulitan pelekatan serta melindungi puting dari rasa nyeri untuk sementara waktu.

Mums bisa mencoba Lansinoh Contact Nipple Shield yang didesain khusus untuk memaksimalkan kontak skin-to-skin antara Mums dan bayi. Terbuat dari bahan silikon 100%, Lansinoh Contact Nipple Shield sangat tipis, lembut, fleksibel, dan tentu saja sudah bebas BPA serta BPS. Mums bisa memilih di antara dua ukuran, yaitu ukuran 20 mm dan 24 mm. Pada setiap kemasan, terdapat 2 nipple shield dan wadah penyimpanan yang higienis.

5. Nipple cream

Di hari-hari pertama menyusui, sangat wajar jika Mums dan si Kecil masih saling belajar. Di saat inilah biasanya muncul masalah puting lecet. Bukan hal sepele, sekecil apa pun lecetnya harus segera diobati agar tidak bertambah parah dan mengganggu proses menyusui, ya.

Percayakan saja pada Lansinoh HPA Lanolin yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan melindungi puting yang lecet atau luka. Tak perlu khawatir, Lansinoh HPA Lanolin 100% terbuat dari bahan alami lanolin yang sudah dimurnikan dengan tahapan khusus dan tanpa tambahan pengawet atau bahan tambahan lainnya, sehingga baik untuk Mums dan bayi. Kualitasnya pun sudah diakui karena mendapatkan penghargaan Seal of Approval dari British Allergy Foundation dan Sertifikat halal dari ISA (Islamic Services of America). Produk ini juga multifungsi lho, karena bisa digunakan di area tubuh lain yang kering, seperti bibir, lipatan kulit, ataupun ruam popok.

6. Nursing pad

Biasanya di minggu-minggu pertama menyusui, produksi ASI masih berlebihan. ASI yang berlebih ini, dapat menetes dan merembes ke pakaian. Agar hal ini tidak terjadi, yuk siapkan nursing pads yang berfungsi untuk menyerap ASI.

Sudah tahu belum kalau Lansinoh Disposable Nursing Pads adalah salah satu pilihannya? Teknologi BLuelock™ pada Lansinoh Disposable Nursing Pads, menyerap ASI dengan cepat untuk menjaga Mums tetap kering. Soal kenyamanan, enggak perlu diragukan lagi dong, karena sangat tipis, bertekstur lembut dan menjaga kulit tetap bernapas, sehingga nyaman digunakan. Dan Mums tak perlu khawatir, karena terdapat 2 perekat non-slip untuk menjaga produk tidak bergeser saat dipakai.

7. Pompa ASI

Tidak semua ibu dapat selalu bersama dengan bayinya untuk memberi ASI secara langsung. Nah, pompa ASI menjadi solusi bagi para ibu menyusui agar terus dapat memberikan ASI untuk bayinya saat tidak sedang bersama.

Pastinya dibutuhkan pompa ASI berkualitas baik yang dapat diandalkan, agar proses memerah ASI optimal dan nyaman. Tenang, ada Lansinoh 2in1 Electric Breast Pump yang memiliki teknologi 2 fase, fase let-down dan fase ekspresi. Mums bisa memilih dari 3 pilihan mode pemompaan yang dapat disesuaikan untuk memaksimalkan produksi ASI dan kenyamanan, serta 8 pilihan tingkat pengisapan pada masing-masing mode pemompaan untuk penyesuaian akhir.

Corong pompa ASI ComfortFit™ memiliki pinggiran yang lembut untuk kenyamanan saat digunakan. Penggunaannya pun fleksibel, karena Mums bisa menggunakannya sebagai pompa ASI tunggal maupun ganda, serta dapat dioperasikan dengan listrik atau baterai.

8. Kantong penyimpanan ASI Perah

Wadah atau kantong penyimpanan ASI perah harus diperhatikan agar kualitas ASI tetap terjaga. Enggak perlu bingung, ada Lansinoh Breastmilk Storage Bags, Kantong khusus ASI ini, terbuat dari bahan polyethylene yang baik untuk makanan, sudah melewati proses prasterilisasi, serta bebas BPA dan BPS.

Terdapat segel ganda pada bagian sisi untuk memperkuat, dan klip ganda sebagai pengaman untuk memastikan penyimpanan ASI yang aman di lemari es (kulkas) atau lemari pendingin (freezer). Mums pun mudah untuk menuliskan keterangan waktu ASIP yang akan disimpan pada label yang sudah tersedia tanpa risiko tertusuk dan membuat kantong bocor.

9. Hot or Cold Breast Therapy

Masalah payudara bengkak wajar terjadi selama masa menyusui. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti saluran ASI tersumbat, pelekatan yang kurang tepat, atau produksi ASI yang berlebih. Namun, jangan langsung menyerah untuk menyusui ya, Mums.

Tersedia Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy yang dapat membantu meredakan bengkak, mastitis dan mendorong refleks let-down. Produk ini unik banget deh, karena bisa Mums gunakan sebagai kompres panas dengan cara dipanaskan menggunakan microwave atau merendamnya pada panci berisi air panas. Bisa pula didinginkan di lemari es (kulkas) atau lemari pendingin (freezer) sesuai kebutuhan Mums. Desainnya pun fleksibel sehingga dapat menyesuaikan bentuk payudara. Pada setiap kemasan terdapat 2 produk yang dapat digunakan berulang dan 2 kantong berwarna ungu.


Nah, sudah tahu kan, apa saja yang diperlukan agar menyusui nyaman? Mums bisa mendapatkan semua produk Lansinoh dengan mudah via Instagram @lansinohid dan di Official Store Lansinoh Indonesia di Shopee, lho. Selamat berbelanja, Mums! (IS?AS)



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.