Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bagaimana Cara Hilangkan Stretch Marks yang Telanjur Putih?

  • Bagikan

Ibu hamil kerap tak percaya diri akibat hadirnya guratan di area perut dan tubuh lainnya. Apalagi stretch mark akan susah untuk dipudarkan jika sudah berwarna putih. Tapi tenang, ada  langkah mudah yang bisa Mums praktikkan agar tampilan stretch mark memudar, lho. Yuk, ikuti caranya!

 

Kenapa Bisa Muncul Stretch Mark?

Tahukah Mums, bahwa 90% ibu hamil mengalami stretch mark? Saking umumnya, stretch mark kerap mendapat panggilan sebagai “oleh-oleh kehamilan”. Menariknya, penyebab stretch mark pada kehamilan (striae gravidarum) disebabkan oleh dua faktor. 

 

Pertama, stretch mark terjadi karena adanya  peregangan fisik pada kulit yang terjadi selama kehamilan.Stretch mark berkembang di lapisan tengah kulit bernama dermis yang terdiri dari dua jenis serat, yaitu kolagen dan elastin. Ketika kulit diregangkan dengan cepat, serat kolagen dan elastin dapat pecah, lalu menyebabkan kulit kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Peradangan pada dermis dan akhirnya penipisan lapisan atas kulit (epidermis), memicu perubahan warna yang muncul sebagai stretch mark.

 

 

 

Faktor kedua dan masih menjadi bahan perdebatan di antara para ahli melibatkan peningkatan kadar hormon pada kehamilan. Diprediksikan bahwa hormon-hormon kehamilan menarik lebih banyak air ke dalam kulit, yang melemaskan ikatan antara serat kolagen. Sehingga, membuat kulit lebih mudah robek saat diregangkan dan terbentuklah stretch mark.

 

Sebagai informasi, kenaikan berat badan selama hamil idealnya berkisar 10 hingga 12,5 kg. Namun, tentu kenaikan berat badan ini sangat bervariasi antara sesama ibu hamil, karena akan sangat tergantung pada Indeks Massa Tubuh (IMT) Mums sebelum hamil. Karena hal ini pula, stretch mark umumnya mulai muncul pada trimester kedua saat janin tumbuh paling cepat dan terlihat makin kentara di trimester ketiga hingga akhir kehamilan.

 

Stretch Mark Tidak Timbul Tiba-tiba

Sebagian besar wanita mengalami stretch mark di area perut selama kehamilan. Namun stretch mark juga bisa muncul di payudara, paha, pinggul, punggung bawah, dan bokong. Guratan ini dapat muncul di area mana pun di tempat sejumlah besar lemak disimpan.

 

Seringkali, para calon ibu dibuat terkejut dengan kehadiran stretch mark yang tiba-tiba. Padahal sebenarnya, stretch mark terbentuk perlahan lho, meski tidak Mums sadari.

 

“Saat stretch mark baru muncul, ia akan berwarna kemerahan. Jenis ini jika segera ditangani, akan memberikan hasil yang lebih baik. Seiring waktu, stretch mark merah akan berubah menjadi putih dan lebih sulit dihilangkan,” jelas dr. Dia Febrina Sp.KK yang melayani telekonsultasi pada program Ruang Tanya Mama dari Mama’s Choice.

 

Secara detail, seperti inilah terbentuknya stretch mark:

  • Tahap 1: Stretch mark awal akan tampak berwarna merah muda, dan terasa gatal. Kulit di sekitar stretch mark juga terlihat rata dan tipis.
  • Tahap 2: Secara bertahap, stretch mark akan membesar atau memanjang, lalu tampak berwarna kemerahan atau keunguan.
  • Tahap 3: Setelah stretch mark “matang”:, rona kemerahan atau merah muda akan hilang. Pada bulan-bulan setelah kehamilan, guratan ini mulai memudar dan menjadi putih pucat atau perak. Guratannya pun akan bertekstur tidak rata jika diraba, serta bentuk atau panjangnya tidak beraturan.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

 

 

 

Langkah Pencegahan & Menghilangkan

Meskipun penting untuk mengetahui mengapa, bagaimana, dan di mana stretch mark terbentuk pada kehamilan, yang lebih penting adalah mengetahui bagaimana  cara mencegahnya sejak awal.

 

“Idealnya sejak awal kehamilan, calon ibu menggunakan krim atau serum supaya stretch mark tidak muncul atau menjadi putih. Tapi tidak ada kata terlambat untuk menghilangkan stretch mark. Meskipun sudah berwarna putih, perawatan akan membantu stretch mark menjadi semakin samar,” ujar dr. Dia.

Nah, ini dia beberapa tips mudah yang bisa Mums lakukan untuk mencegah atau mengurangi tampilan stretch mark:

  • Jangan hanya berfokus di area perut, oleskan pula pelembap di area dada, paha, lengan atas dekat ketiak, atau bagian tubuh lainnya yang Mums rasa cenderung membesar saat berat badan bertambah. 
  • Aplikasikan pelembap dalam gerakan melingkar selama 30 detik.
  • Ulangi ritual ini dua atau tiga kali sehari selama kehamilan dan tiga bulan setelah Mums melahirkan. 
  • Jika stretch mark sudah mulai muncul dan gatal, jangan digaruk dan oleskan pelembap untuk mencegahnya bertambah banyak dan menjadi gelap.

 

Ingat, memilih produk dengan benar juga dapat membuat perbedaan besar, lho. Apalagi saat Mums dalam kondisi hamil, kulit jadi sensitif dan perkembangan janin perlu diperhatikan sehingga sebaiknya Mums memilih produk perawatan kulit yang terbukti aman. 

 

Tapi jangan khawatir Mums, Mama’s Choice baru meluncurkan produk terbarunya yaitu Stretch Mark Serum. Produk ini hadir dengan formula inovatif dari 92% natural active ingredients yang langsung menyerap ke dalam kulit untuk mencerahkan dan meregenerasi sel-sel, serta efektif memudarkan 72% stretch mark membandel hanya dalam 30 hari. 

 

Di dalamnya terkandung bahan organik alpha bisabolol tersertifikasi oleh Ecocert yang bisa meregenerasi sel kulit, mugwort sebagai antiiinflamasi, dan niacinamide yang mampu mencerahkan kulit.

 

Untuk hasil 2x lebih optimal, Mums perlu menggunakannya bersama dengan Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Krim berfungsi unutk mengunci kelembapan kulit sehingga rasa gatal berkurang dan kulit terjaga elastisitasnya. Gunakanlah keduanya dua kali sehari setelah mandi atau setiap dibutuhkan. 

 

Semua produk dari Mama’s Choice bebas dari toksin serta telah teruji di laboratorium secara dermatologis dan hipoalergenik, sehingga aman digunakan sejak hamil hingga menyusui dan setelahnya.

 

Selain menghilangkan stretch mark, langkah merawat kulit dan tubuh merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri dan menikmati perjalanan Mums menjadi ibu lho. 

 

Ingin mencoba produknya? Dapatkan produk Mama’s Choice Stretch Mark Serum dan Cream dengan harga spesial di sini! (IS/AS)

 

Referensi:

Verywell Family. Stretch Marks

American Pregnancy. Stretch Marks

Web MD. Pregnancy Stretch Marks: Types of Treatment, Prevention, and More

Insider. Stretch Marks



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.