Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bebas Stretch Marks saat Hamil

  • Bagikan

Kehamilan memang perjalanan yang unik. Mums akan mengalami dan menemukan banyak hal baru yang tak pernah ditemui sebelumnya, termasuk mengalami stretch marks yang membuat area perut terlihat bergaris. Tapi tak perlu meratapi hal ini ya, karena ada langkah tertentu agar Mums bebas stretch marks. Yuk, ulik di sini!

 

Kenapa Muncul Stretch Marks?

Membicarakan kehamilan tidak bisa lepas dari stretch marks. Saking umumnya, stretch marks kerap mendapat panggilan sebagai “oleh-oleh kehamilan”. Kenapa ya, stretch marks ini hampir ada di 90% kehamilan?

 

Stretch marks berkembang di lapisan tengah kulit, yang dikenal sebagai dermis. Dermis terbuat dari dua jenis serat, yaitu kolagen dan elastin. Ketika kulit diregangkan dengan cepat, serat kolagen dan elastin dapat pecah, lalu menyebabkan kulit kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Hal ini kemudian menyebabkan peradangan pada dermis dan akhirnya penipisan lapisan atas kulit (epidermis), sehingga memicu perubahan warna yang muncul sebagai stretch mark. Dalam kalimat lain, stretch marks timbul karena kulit meregang lebih cepat dari kemampuan elastisnya. 

 

Pertambahan berat badan yang drastis memang menjadi penyebab utama timbul stretch marks. Mums akan lebih mungkin mendapatkan stretch marks jika kenaikan berat badan selama kehamilan lebih dari rata-rata. Sebagai informasi, kenaikan berat badan selama hamil idealnya berkisar 10 hingga 12,5 kg. Namun, tentu kenaikan berat badan ini sangat bervariasi antara sesama ibu hamil, karena akan sangat tergantung pada Indeks Massa Tubuh (IMT) Mums sebelum hamil. Karena hal ini pula, stretch marks umumnya mulai muncul pada trimester kedua saat janin tumbuh paling cepat dan terlihat makin kentara di trimester ketiga hingga akhir kehamilan.

 

Selain itu, ada beberapa faktor yang ikut memengaruhi timbulnya stretch marks saat hamil, yaitu:

  • Memiliki riwayat keluarga dengan stretch marks.
  • IMT sebelum hamil termasuk overweight.
  • Hamil bayi kembar.

 

Baca juga: Pria juga Bisa Punya Stretch Mark, Ini Penyebab Stretch Mark pada Pria!

 

Langkah agar Bebas Stretch Marks saat Hamil

Mencegah sudah tentu lebih baik daripada mengobati. Melakukan berbagai langkah perawatan akan jauh lebih mudah dan efektif daripada mengobati saat stretch marks sudah terbentuk.

 

 “Saat stretch marks baru muncul, ia akan berwarna kemerahan. Jenis ini jika segera ditangani, akan memberikan hasil yang lebih baik. Seiring waktu, stretch marks merah akan berubah menjadi putih dan lebih sulit dihilangkan,” jelas dr. Dia Febrina Sp.KK pada peluncuran virtual Mama’s Choice Stretch Mark Serum, Rabu (18/2/2022) lalu.

 

Nah, ini dia beberapa tips mudah yang bisa Mums lakukan untuk mencegah atau mengurangi tampilan stretch marks:

  • Mulailah mengaplikasikan pelembap segera setelah Mums mengetahui bahwa sudah hamil.
  • Jika stretch marks sudah mulai muncul, rutinkan untuk mengoleskan pelembap untuk mencegahnya bertambah banyak dan menjadi gelap.
  • Jangan hanya berfokus di area perut, oleskan pula pelembap di area dada, paha, lengan atas dekat ketiak, atau bagian tubuh lainnya yang Mums rasa cenderung membesar saat berat badan bertambah. 
  • Aplikasikan pelembap dalam gerakan melingkar selama 30 detik.
  • Ulangi ritual ini dua atau tiga kali sehari selama kehamilan dan selama tiga bulan setelah Mums melahirkan. 

 

Baca juga: Tak Hanya Perut, Stretch Marks Muncul di 6 Bagian Tubuh saat Hamil

 

 

Ingat, memilih produk dengan benar juga dapat membuat perbedaan besar, lho. Apalagi saat ini Mums dalam kondisi hamil sehingga membutuhkan produk perawatan kulit yang benar-benar amankarena berisiko memeengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. 

 

Berangkat dari kondisi ini, merek lokal khusus perawatan ibu hamil dan menyusui Mama’s Choice, meluncurkan produk terbarunya yaitu Stretch Mark Serum. Produk ini hadir dengan formula inovatif dari 92% natural active ingredients yang langsung menyerap ke dalam kulit untuk mencerahkan dan meregenerasi sel-sel. Di dalamnya terkandung bahan organik alpha bisabolol tersertifikasi oleh Ecocert yang bisa meregenerasi sel kulit, mugwort sebagai antiiinflamasi, dan niacinamide yang mencerahkan. 

 

Tak berbeda jauh dengan serum yang ada pada rangkaian skincare kulit wajah, penggunaan Mama’s Choice Stretch Mark Serum bersifat melengkapi produk Mama’s Choice Stretch Mark Cream yang sudah diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Urutan penggunaannya adalah dengan mengusapkan serum terlebih dulu di area yang rawan stretch marks, lalu diikuti dengan mengoleskan Mama’s Choice Stretch Mark Cream untuk mengunci kelembapan kulit sehingga rasa gatal berkurang dan kulit terjaga elastisitasnya. Tak perlu khawatir, semua produk dari Mama’s Choice bebas dari toksin serta telah teruji di laboratorium Singapura secara dermatologis dan hipoalergenik, sehingga aman digunakan sejak hamil hingga menyusui dan setelahnya.

 

Lebih dari sekadar menghilangkan stretch mark, langkah merawat kulit dan tubuh merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri dan menikmati perjalanan Mums menjadi ibu. Dengan begitu, akan selalu merasa percaya diri untuk menjalani peran Mums yang baru kelak. (IS)

 

Baca juga: 5 Spesialisasi yang Bisa Mums Datangi untuk Konsultasi Gangguan Kesuburan

 

Referensi

Verywell Family. Stretch Marks

American Pregnancy. Stretch Marks

Mama’s Choice Stretch Mark Serum Launch

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.