Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bibir Kering saat Hamil | GueSehat

  • Bagikan

Saat hamil, tubuh Mums mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang bisa terjadi adalah bibir jadi kering. Bibir kering saat hamil pasti rasanya tidak nyaman banget ya, Mums. Saat minum dan makan terasa perih, serta tentunya mengganggu penampilan. Apa sih penyebabnya? Supaya Mums tahu apa penyebab bibir kering saat hamil, baca penjelasannya di bawah ini, ya!

 

Baca juga: Mums, Lakukan Ini Yuk agar Bisa Hamil setelah Keguguran seperti Aurel Hermansyah
 

Penyebab Bibir Kering saat Hamil

Wanita menjadi lebih rawan memiliki bibir kering saat hamil. Salah satu penyebabnya karena kebutuhan cairan wanita meningkat saat hamil. Namun, ternyata ada beberapa penyebab lain bibir kering saat hamil.

 

Morning sickness juga bisa menjadi penyebab bibir kering saat hamil. Morning sickness atau mual muntah merupakan gejala kehamilan yang paling umum dialami wanita, khususnya di awal kehamilan. 

 

Kondisi ini bisa menyebabkan Mums mengalami dehidrasi, sehingga menyebabkan bibir kering saat hamil. Jadi, Mums harus minum lebih banyak air, khususnya jika sering mengalami mual dan muntah. 

 

Selain itu, meskipun jarang terjadi, bibir kering juga bisa menjadi indikasi dari kondisi yang lebih serius, yaitu preeklamsia. Ibu hamil yang memiliki preeklamsia memiliki risiko lebih tinggi mengalami bibir kering. 

 

Baca juga: Kylie Jenner Hamil Anak Kedua, Cari Tahu Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua
 

Tips Mengatasi Bibir Kering saat Hamil

Mums bisa mencoba melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi bibir kering saat hamil.

 

Memakai Lip Balm

Salah satu hal yang bisa Mums lakukan untuk mengatasi bibir kering saat hamil adalah memakai lip balm. Pilihlah lip balm yang memiliki kandungan aman untuk ibu hamil. Tanyakan kepada dokter tentang lip balm yang aman untuk ibu hamil.

 

Jangan Menjilat Bibir

Mungkin hal yang paling cepat dan mudah untuk membasahi bibir yang kering adalah dengan menjilatinya. Namun, hal ini tidak tepat untuk dilakukan. Ketika saliva sudah kering, bibir malah akan menjadi semakin kering. 

 

Jangan Terlalu Khawatir

Mums jangan langsung khawatir kalau mengalami bibir kering saat hamil. Kalau Mums memiliki kondisi serius, pasti dokter akan memberi tahu Mums. Jadi, selama dokter menyatakan tidak ada kondisi tertentu, Mums tidak perlu khawatir berlebihan. Bibir kering saat hamil juga umumnya merupakan suatu kondisi ringan yang tidak berbahaya.

 

Bernapas Lewat Hidung

Tips lain untuk mengatasi bibir kering saat hamil adalah bernapas lewat hidung, bukan mulut. Pasalnya, bernapas lewat mulut bisa memperparah kondisi bibir kering. Jadi, coba biasakan bernapas lewat hidung ya, Mums.

 

Baca juga: Temukan Beragam Layanan Kesehatan dan Kelas Menarik dalam Fitur Terbaru Teman Bumil!
 

Bibir kering saat hamil merupakan kondisi yang cukup umum terjadi dan biasanya penyebabnya ringan. Jadi, Mums tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, khawatir berlebihan juga bisa berdampak buruk pada kehamilan. Mums bisa mengatasinya dengan banyak minum air, memakai lip balm, dan menghindari menjilati bibir. Namun, apabila bibir kering yang Mums alami sudah sangat mengganggu atau terdapat gejala penyerta lain, sebaiknya periksakan ke dokter ya, Mums. Semoga tips dari Teman Bumil bisa membantu! (AS)

 

Referensi

Baby Gaga. Dry Lips During Pregnancy? These Remedies Can Help. Agustus 2020.
Healthline. Are Lip Changes During Pregnancy Real or a Celebrity-Driven Myth?. November 2019.
Baby Med. Chapped Lips During Pregnancy. Juni 2021.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.