Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur

  • Bagikan

Mums lagi hamil dan ngidam anggur banget, nih. Tapi tiba-tiba Mums ingat, kayaknya dulu pernah dengar ibu hamil gak boleh makan anggur. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan anggur? 

 

Anggur cukup aman kok dikonsumsi untuk ibu hamil. Memang benar, anggur mengandung antioksidan yang disebut resveratrol, yang dapat membahayakan perkembangan janin. Tapi kandungan resveratrol dalam anggur sangat kecil untuk bisa membahayakan janin. 

 

Bahkan, resveratrol memiliki banyak manfaat untuk janin jika dikonsumsi dengan cara makan anggur dalam jumlah yang terbatas. Biar Mums lebih paham tentang topik bolehkah ibu hamil makan anggur, baca penjelasan di bawah ini ya, Mums!

 

Baca juga: Kabar Bahagia, Mums Masih Boleh Lakukan Perawatan Kecantikan Ini Saat Hamil
 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Tentu saja iya, Mums! Anggur umumnya aman untuk dikonsumsi saat hamil. Anggur merupakan sumber serat dan cairan yang baik, serta tinggi vitamin dan antioksidan. Anggur aman juga untuk janin. 

 

Tapi, hindari mengonsumsi suplemen resveratrol ya, Mums. Resveratrol adalah antioksidan yang secara alami terkandung di dalam anggur, yang jika dikonsumsi dalam jumlah kecil baik untuk janin. 

 

Jika mengonsumsi resveratrol dalam kadar tinggi, seperti yang terkandung di dalam suplemen, bisa memengaruhi perkembangan liver bayi dalam kandungan secara negatif. 

 

Baca juga: Bumil dan Busui Juga Bisa Vaksin Booster COVID-19, Ini Syaratnya!
 

Manfaat Makan Anggur saat Hamil

Anggur memiliki banyak manfaat untuk Mums dan bayi dalam kandungan!

 

Antioksidan

Anggur mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan Mums maupun bayi dalam kandungan. Antioksidan berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan juga menurunkan risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia. 

 

Sumber Serat

Serat penting untuk kehamilan, Mums. Serat dapat menurunkan risiko Mums terkena kondisi kehamilan seperti diabetes gestasional dan preeklampsia. Serat membantu mencegah konstipasi saat hamil. 

 

Meningkatkan Hidrasi

Anggur terdiri dari 80-90% cairan, jadi baik untuk meningkatkan asupan cairan Mums, sehingga membantu memastikan cairan amnion atau air ketuban cukup untuk mendukung perkembangan janin. 

 

Kaya Vitamin dan Nutrisi

Anggur kaya nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kehamilan. Penting bagi Mums untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup saat hamil, untuk mendukung pertumbuhan janin. Anggur kaya vitamin C, jadi cocok untuk ibu hamil. 

 

Anggur juga mengandung vitamin A yang baik untuk pembentukan dan perkembangan mata bayi dalam kandungan. 

 

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Skincare dengan Kandungan Vitamin C saat Hamil?
 

Yang Harus Diwaspadai saat Makan Anggur

Anggur umumnya baik dan aman untuk kehamilan, tapi ada beberapa hal yang perlu Mums perhatikan.

 

Makan Anggur, Tapi Hindari Suplemennya 

Antioksidan yang secara alami terkandung di dalam anggur baik untuk kesehatan Mums dan janin. Tapi, yang perlu diketahui adalah beberapa senyawa akan menjadi beracun jika dikonsumsi dalam konsentrasi atau kadar tinggi. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah antioksidan resveratrol.

 

Resveratrol memiliki efek memulihkan yang sangat kuat. Namun, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi resveratrol dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pankreas pada janin hewan.

 

Meskipun penelitian pada hewan belum tentu akan sama dengan penelitian pada manusia, kita tetap perlu waspada dan mengambil langkah aman. Jadi, makanlah anggur, tapi hindari suplemen yang tinggi resveratrol.

 

 

 

Sumber:

VeryWellFamily. Can I Eat Grapes While Pregnant?. Januari 2022.
Zheng S, Feng Q, Cheng J, Zheng J. Maternal resveratrol consumption and its programming effects on metabolic health in offspring mechanisms and potential implications. Bioscience Reports. 2018.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.