Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

  • Bagikan

Siapa sih yang gak kenal dengan buah nangka? Buah tropis ini sangat bernutrisi, dan mengandung kalori dalam jumlah sedang. Nangka juga merupakan sumber folat, tiamin, niacin, dan riboflavin yang baik. Buah ini juga kaya vitamin dan mineral lainnya. Lalu, bolehkah ibu hamil makan nangka? Yuk Mums, baca penjelasannya!

 

Baca juga: 7 Manfaat Konsumsi Alpukat untuk Kehamilan
 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Mungkin Mums pernah dengar bahwa beberapa ahli dan dokter merekomendasikan agar ibu hamil tidak makan nangka karena belum ada bukti yang cukup untuk membuktikannya manfaatnya. 

Ada juga mitos yang beredar bahwa makan nangka saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Padahal, hal tersebut tidak benar. Nangka, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sehat, tidak akan membahayakan Mums maupun si Kecil dalam kandungan.

 

Baca juga: Rahim Lemah, Apa Itu dan Bagaimana Pengaruhnya pada Kehamilan?
 

Manfaat Makan Nangka untuk Ibu Hamil

Kalau Mums ragu-ragu makan nangka karena khawatir, maka perlu mengetahui manfaatnya. Makan nangka saat hamil, khususnya di trimester ketiga, bisa memberikan banyak nutrisi dan manfaat untuk tubuh. 

 

1. Meredakan Sakit Perut

Makan nangka dalam jumlah yang tepat dapat membantu meredakan beragam masalah perut, seperti tukak lambung saat hamil.

 

2. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Nangka bisa memberikan Mums asupan nutrisi kalsium, zinc, zat besi, beta karoten, dan banyak lagi. Mineral-mineral tersebut membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan. Nangka juga kaya kandungan beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, folat, dan zat besi. Semua vitamin ini dibutuhkan untuk pembentukan organ-organ bayi. 

 

3. Membantu Meregulasi Kadar Tekanan Darah

Peningkatan kadar tekanan darah pada ibu hamil bisa membahayakan janin dan meningkatkan risiko komplikasi. Namun, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti nangka bisa membantu menjaga agar kadar tekanan darah tetap stabil. 

 

4. Membantu Melawan Kelelahan

Kehamilan itu sangat melelahkan. Kalau Mums sedang hamil, Mums bisa merasa malas bergerak karena kelelahan. Namun, dengan mengonsumsi buah dan sayuran sehat seperti nangka bisa memberikan energi dan mencegah kelelahan. 

 

5. Menstimulasi Pencernaan

Konstipasi dan masalah yang berhubungan dengan pencernaan cukup umum dialami ibu hamil. Jika Mums mengalami masalah ini, cobalah mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat seperti nangka. Mengonsumsi makanan tinggi serat bisa meredakan kondisinya.

 

6. Meredakan Stres

Stres tidak baik untuk kesehatan Mums maupun si Kecil dalam kandungan. Mums juga bisa mengonsumsi makanan tertentun yang bisa meredakan stres, termasuk nangka. Biji nangka khususnya sangat baik dalam membantu mengontrol stres karena mengandung protein dan beragam mikronutrisi. 

 

7. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun, khususnya saat hamil. Mums bisa mengonsumsi nangka karena buah ini kaya vitamin. 

 

Baca juga: Mums Lemes? Ini Makanan untuk Meningkatkan Energi saat Hamil!
 

Efek Samping Makan Nangka saat Hamil

Meskipun nangka tinggi nutrisi dan bisa bermanfaat untuk ibu hamil, bukan berarti buah ini sepenuhnya aman dan nyaman untuk dikonsumsi, Mums. Berikut sejumlah efek sampingnya:

  • Makan nangka terkadang bisa menyebabkan kadar gula darah tidak stabil, sehingga perlu dihindari jika Mums memiliki diabetes atau diabetes gestasional.
  • Nangka dikenal dengan efek pembekuan darahnya. Meskipun hal ini umumnya bermanfaat, kalau Mums memiliki kondisi tertentu yang berhubungan darah, maka sebaiknya hindari makan nangka. 
  • Makan nangka berlebihan bisa menyebabkan diare.
  • Beberapa wanita juga memiliki kemungkinan memiliki alergi nangka.

 

Sumber:

Parenting Firstcry. Eating Jackfruit During Pregnancy – Is it Safe?. Agustus 2019.
Pregnancy Food Checker. Can Pregnant Women Eat Jackfruit? Is It Safe?. November 2021.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.