Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Behel?

  • Bagikan

Kebutuhan memakai behel bisa dialami di berbagai usia dan kondisi. Lalu, bolehkah ibu hamil pakai behel? Kalau Mums mau tahu jawabannya, baca penjelasan berikut ini, ya!

Baca juga: Bayi Kembar Empat Lahir di Mataram, Ini yang Perlu Diperhatikan Jika Hamil Kembar!

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Behel?

Kebutuhan pengobatan gigi dan gusi dipengaruhi oleh kesehatan gigi dan gusi itu sendiri. Saat pakai behel, gigi harus dirontgen terlebih dahulu. Rontgen x-ray ini dibutuhkan untuk melakukan diagnosis. Biasanya, paparan radiasi dari X-ray gigi sangat rendah dan tidak membahayakan janin. Namun, tetap saja dokter gigi akan memberikan pelindung di bagian perut dan tiroid Mums.

Manfaat Pakai Behel saat Hamil

Memakai behel sebelum kehadiran si Kecil merupakan keputusan yang ideal, supaya Mums nantinya tidak perlu repot membawa-bawa si Kecil atau meninggalkan si Kecil saat pergi ke dokter.

Secara medis, waktu hamil bukan waktu yang buruk untuk memasang behel. Di waktu hamil, gigi juga cenderung lebih rentan bergerak akibat hormon kehamilan. Namun, sebaiknya Mums tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan pakai behel saat hamil.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Risiko Cacat Lahir pada Bayi, Calon Ortu Perlu Paham

Kekurangan Pakai Behel saat Hamil

Meskipun pengobatan ortodontik yang baik bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan gigi Mums, ada efek samping yang perlu diketahui, khususnya jika dilakukan saat hamil.

1. Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Gusi

Saat hamil, behel bisa mengganggu rutinitas perawatan kesehatan gigi Mums. Kehamilan meningkatkan risiko terkena penyakit gusi gingivitis. Sementara itu, memakai behel mempersulit Mums membersihkan gigi secara sempurna. Jadi, risikonya menjadi lebih tinggi.

Masalah-masalah gigi tersebut bahkan bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan melahirkan prematur. Jadi, sebisa mungkin hindari penyakit gusi gingivitis saat hamil ya, Mums.

2. Makan Terbatas

Banyak ibu hamil yang sulit makan karena mual selama kehamilannya. Memakai behel bisa semakin membatasi asupan makanan saat hamil karena pemasangan behel yang baru biasanya menimbulkan ketidaknyamanan saat makan.

3. Tidak Nyaman

Saat hamil, gigi dan gusi menjadi lebih sensitif. Memakai behel saat hamil bisa semakin menimbulkan ketidaknyamanan di mulut. Cara mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman akibat memakai behel juga sangat terbatas saat hamil. Mums tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Namun, Mums biasanya bisa meredakan rasa tidak nyaman memakai behel saat hamil dengan cara kumur-kumur menggunakan air garam hangat. Mengonsumsi ice cream, smoothies, dan milkshake juga bisa memberikan kenyamanan karena sensasi dingin.

4. Komitmen Waktu

Saat memakai behel, Mums harus mengunjungi dokter secara rutin pada waktu-waktu yang ditentukan. Ibu hamil banyak yang malas keluar rumah seiring dengan bertambah besarnya kehamilan. Jadi, jika memakai behel saat hamil, Mums harus berkomitmen berkunjung ke dokter meskipun kehamilan Mums sudah semakin membesar. (AS)

Baca juga: Mums, Yuk Bangun Bonding Sejak Bayi Masih Dalam Kandungan!

Referensi

Very Well Family. Can I Get Braces While Pregnant?. Februari 2022.
Corbella S, Taschieri S, Del Fabbro M, Francetti L, Weinstein R, Ferrazzi E. Adverse pregnancy outcomes and periodontitis: A systematic review and meta-analysis exploring potential association. Quintessence Int. 2016 Mar;47(3):193-204. doi:10.3290/j.qi.a34980.
American Dental Association. What (and how) to eat when you’re having dental issues.
Bauer, A.Z., Swan, S.H., Kriebel, D. et al. Paracetamol use during pregnancy — a call for precautionary action. Nat Rev Endocrinol 17, 757–766 (2021). doi:10.1038/s41574-021-00553-7
American Assocation of Orthodontists. Life During Treatment.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.