Menu
Informasi tentang Kesehatan

Buah untuk Meningkatkan Berat Badan Balita

  • Bagikan

Berat badan merupakan salah satu tolok ukur perkembangan anak. Sebenarnya, setiap anak memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda, sebagian lebih kurus dan sebagian lebih gemuk. Namun, jika si Kecil sulit makan dan tidak menunjukkan kenaikan berat badan yang cukup, wajar jika Mums merasa khawatir.

 

Salah satu alasan kurangnya berat badan pada anak adalah karena tidak mau makan atau pilih-pilih makanan. Terlebih di usia 2 tahun, anak sudah mulai mengenal berbagai macam makanan dan cenderung hanya akan makan makanan yang mereka sukai.

 

Meski begitu, jangan sampai Mums menyerah dan membiarkan anak hanya makan makanan yang ia sukai tanpa memperhatikan gizinya. Sebab, 1.000 hari pertama kehidupan anak adalah periode emas bagi tumbuh kembangnya dan salah satu cara memaksimalkannya adalah dengan memberinya makanan yang bergizi.

 

Nah, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan berat badan balita adalah dengan memberinya buah-buahan. Buah-buahan kaya akan berbagai nutrisi penting yang diperlukan anak dan relatif tinggi akan kalori. Terlebih, rasanya yang manis pasti disukai oleh bailta. Dengan demikian, ini bukan hanya akan meningkatkan berat badan, melainkan juga menyediakan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang balita.

 

Baca juga: Cara Meningkatkan Berat Badan Anak Secara Sehat

 

Buah-buahan untuk Meningkatkan Berat Badan Balita secara Sehat

Yuk, kita bahas bersama-sama apa saja buah yang dapat meningkatkan berat badan balita secara sehat.

 

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan penambah berat badan terbaik untuk balita. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat pada alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan produksi HDL.

 

Selain dimakan langsung, alpukat juga bisa ditumbuk dan dicampurkan ke dalam makanan lain. Ini karena alpukat memiliki rasa yang relatif hambar, sehingga cocok ditambahkan ke dalam makanan lain tanpa merusak cita rasanya.

 

2. Pisang

Buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis dan kalori yang relatif tinggi, sehingga sangat baik untuk meningkatkan berat badan balita. Selain itu, pisang kaya akan serat yang membantu pencernaan, seperti masalah sembelit dan diare.

 

Pisang juga merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral penting, seperti kalium, vitamin B6, dan vitamin C. Diet tinggi kalium dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sementara vitamin C dalam pisang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh.

 

Baca juga: Pisang untuk Mengatasi Sembelit? Cari Tahu Kebenarannya!

 

3. Kurma

Kurma sarat akan kalori dan gula alami, yang membantu menambah berat badan. Kurma juga merupakan sumber tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6 yang baik. Selain dimakan sendiri, kurma juga bisa menjadi pengganti gula yang lebih sehat. Menariknya lagi, kurma memiliki umur simpan yang lama, sehingga Mums bisa menyetok kurma di rumah tanpa perlu khawatir akan membusuk.

 

4. Sawo

Sawo adalah buah yang sangat enak dan mengandung gula alami, yang akan membantu meningkatkan berat badan. Sawo juga tinggi akan kandungan serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan jantung.

 

Kandungan vitamin C dalam sawo penting untuk proses vital, seperti sintesis neurotransmitter, produksi kolagen, dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit.

 

Sawo juga kaya akan tembaga, mineral yang terlibat dalam pembentukan sel darah baru, perkembangan otak, fungsi kekebalan tubuh, dan produksi hemoglobin. Terakhir, sawo mengandung sejumlah kecil nutrisi penting lainnya, seperti kalium, magnesium, zat besi, folat, dan vitamin B5.

 

Baca juga: Pepaya, Malaikatnya Buah-buahan

 

5. Pir

Pir memiliki kandungan kalori dan gula alami yang cukup tinggi dibandingkan buah lainnya, sehingga cocok untuk menaikkan berat badan balita. Meskipun tinggi akan kandungan karbohidrat, pir memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, karbohidrat pir akan dicerna dengan lambat dan menjadi sumber energi yang lebih lama. Selain itu, pir mengandung serat, vitamin C, vitamin E, dan mineral lainnya. Semua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

 

6. Mangga

Mangga adalah buah yang lezat dan manis, sehingga pasti disukai oleh balita. Selain rasanya yang lezat, mangga juga memiliki profil nutrisi yang bagus. Mangga mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, dan antioksidan, yang memberikan manfaat kesehatan. Misalnya, vitamin K membantu pembekuan darah, mencegah anemia, dan memperkuat tulang. Mangga juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan pembentukan jaringan. 

 

Selain dimakan langsung, Mums juga bisa mengolah buah-buahan ini menjadi smoothie atau popsicle. Namun, ingatlah untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan memicu kenaikan berat badan yang berlebihan. (AS)

 

Baca juga: Resep MPASI Buah-buahan untuk Bayi Usia 8 Bulan

 

 

Referensi

Healthline.com. Food-for-baby-to-gain-weight, High-calorie-fruits

Momnewsdaily.com. 9-foods-for-weight-gain-in-babies-toddlers-1-to-3-years

Babydestination.com. Best-weight-gain-foods-for-babies

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.