Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Insomnia Kehamilan

  • Bagikan

Insomnia kehamilan adalah kondisi sulit tidur pada kehamilan. Ada beberapa penyebab insomnia kehamilan, termasuk perubahan hormon, ketidaknyamanan fisik, dan gangguan mood. Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi obat tidur untuk mengatasinya. 

 

Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia kehamilan? Di bawah ini akan dijelaskan cara alami mengatasi insomnia kehamilan.

 

Baca juga: Apakah Mums sedang Mengandung ‘Bayi Pelangi’?
 

Apa itu Insomnia Kehamilan?

Insomnia kehamilan adalah kondisi umum yang dialami ibu hamil, dimana mereka kesulitan untuk tidur. Kebanyakan wanita hamil mengalami gangguan tidur di masa kehamilannya.

 

Satu penelitian menemukan bahwa intervensi dini insomnia kehamilan penting karena insomnia bisa meningkatkan risiko komplikasi saat hamil dan proses melahirkan. Diestimasikan wanita yang tidur kurang dari enam jam per hari saat hamil memiliki risiko lebih tinggi mengalami proses melahirkan yang panjang. 

 

Kurang tidur saat hamil meningkatkan risiko harus melahirkan dengan prosedur caesar Kurang tidur saat hamil juga meningkatkan risiko preeklampsia dan diabetes gestasional.

 

Baca juga: Infeksi Berbahaya bagi Ibu Hamil, Ini Langkah Pencegahannya!
 

Penyebab Insomnia Kehamilan

Gangguan tidur pada kehamilan mungkin berhubungan dengan perubahan hormonal, fisiologis, metabolik, dan psikologis. Perubahan-perubahan ini bisa meningkatkan risiko kondisi-kondisi yang menyebabkan insomnia. 

 

Kondisi-kondisi penyebab insomnia yang dimaksud bisa termasuk kecemasan, gangguan mood, gangguan pernapasan, dan sindrom kaki gelisah.

 

Perubahan-perubahan selama kehamilan bisa menyebabkan gangguan tidur juga. Kondisi-kondisi ini yang sering dialami ibu hamil, seperti rasa kantuk di siang hari, sering buang air kecil, mual, muntah, GERD, dan nyeri punggung, bisa menyebabkan gangguan tidur di malam hari.

 

Baca juga: Mums Mau Tahu Cara Mengukur Besar Janin? Begini Caranya!
 

4 Cara Alami Mengatasi Insomnia Kehamilan

Karena obat tidur biasanya tidak direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil, maka yang bisa dilakukan adalah melakukan cara alami mengatasi insomnia kehamilan. Tapi, penting bagi Mums untuk tahu bahwa tidak semua cara alami aman untuk ibu hamil. Jadi, tetap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

 

1. Akupuntur

Akupuntur digunakan untuk mengatasi beragam gejala kehamilan yang menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk nyeri punggung bagian bawah, nyeri panggul, sakit kepala, mual, muntah, insomnia, kecemasan, dan depresi. 

Satu penelitian menemukan bahwa akupuntur bisa meningkatkan kualitas tidur secara signifikan pada wanita hamil. Hal ini disebabkan oleh efek akupuntur pada melatonin dalam tubuh. Melatonin sendiri merupakan hormon yang membantu merileksasi dan memberikan kualitas tidur. Selain itu, peningkatan melatonin juga dipercaya bisa meningkatkan perkembangan otak janin.

 

2. Yoga

Kalau Mums sulit tidur selama hamil, coba pertimbangkan daftar kelas yoga hamil. Penelitian menemukan bahwa memulai yoga rutin sejak trimester kedua bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

 

3. Olahraga

Olahraga rutin atau aktivitas fisik meningkatkan kualita tidur. Olahraga rutin juga meredakan gejala kecemasan. Olahraga rutin ini khususnya baik dilakukan di trimester kedua dan ketiga kehamilan untuk mengobati insomnia kehamilan. 

 

4. Pijat atau Massage

Terapi massage atau pijat secara positif memengaruhi stres, mood, dan kualitas tidur wanita hamil. Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang menjalani program rileksasi dan massage memiliki tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

Sumber:

Very Well Health. 5 Natural Remedies for Pregnancy Insomnia. Mei 2022.
Hashmi AM, Bhatia SK, Bhatia SK, Khawaja IS. Insomnia during pregnancy: Diagnosis and Rational Interventions. Pak J Med Sci. 2016;32(4):1030-1037. doi:10.12669/pjms.324.10421
Reichner CA. Insomnia and sleep deficiency in pregnancy. Obstet Med. 2015 Dec;8(4):168-71. doi:10.1177/1753495X15600572
Johns Hopkins Medicine. Get a good night’s sleep during pregnancy.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.