Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Mengatasi Kelelahan saat Hamil

  • Bagikan

Kelelahan saat hamil itu sangat normal, Mums, khususnya di trimester awal dan akhir. Beberapa wanita merasa kelelahan tersebut cukup mengganggu. Sebagian lainnya merasa kelelahan tersebut cukup ringan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kelelahan saat hamil?

 

Baca juga: Cari Tahu Yuk, Apakah Mums Hamil dengan Kondisi Khusus?

 

Apa Penyebab Kelelahan saat Hamil?

Beragam perubahan fisik, emosional, dan hormonal saat hamil bisa menurunkan energi dan menyebabkan kelelahan. Faktor lain yang menjadi penyebab kelelahan saat hamil di antaranya:

  • Nyeri punggung, pinggang, dan panggul
  • Masalah pencernaan
  • Peningkatan kadar estrogen dan progesteron
  • Insomnia
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah
  • Mual dan muntah (morning sickness)
  • Stres dan kecemasan

 

Trimester Pertama

Di trimester pertama, tubuh Mums bekerja keras membuat plasenta dan menyediakan nutrisi serta dukungan yang dibutuhkan janin. Metabolisme Mums meningkat, beserat aliran darah, dan kebutuhan nutrisi dan istirahat.

Mood swing juga muncul di trimester pertama. Hal ini bisa semakin menambah rasa lelah Mums. 

 

Trimester Kedua

Di trimester kedua, tubuh Mums mulai bisa beradaptasi dengan kehamilan. Jadi, Mums muali lebih energetik. Mual dan muntah juga pada umumnya sudah mereda di trimester kedua. Biasanya trimester kedua adalah periode kehamilan yang paling nyaman.

 

Trimester Ketiga

Memasuki trimester ketiga, Mums mulai merasa lelah lagi. Kali ini penyebabnya karena perut yang semakin membesar dan janin yang semakin berkembang. Di trimester ketiga banyak ibu hamil yang sulit tidur akibat pergerakan bayi dalam kandungan serta posisi tidur yang tidak nyaman.

Di trimester ketiga Mums juga bisa mengalami masalah pencernaan, kaki bengkak, dan kecemasan tentang proses melahirkan.

 

Baca juga: Kylie Jenner Hamil Anak Kedua, Cari Tahu Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua

 

Cara Mengatasi Kelelahan saat Hamil

Ada banyak cara mengatasi kelelahan saat hamil yang bisa Mums lakukan. Selain meminta bantuan orang terdekat, berikut sejumlah hal yang bisa lakukan:

 

Tidur Siang

Kalau Mums sulit tidur di malam hari, cari waktu untuk tidur siang. Tapi, jangan tidur siang terlalu lama ya, dan jangan tidur terlalu dekat dengan waktu tidur malam.

 

Jalani Rutinitas Tidur

Artinya, Mums tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Hal ini dapat membantu tubuh mengontrol sistem sirkadian.

 

Olahraga Rutin

Ada banyak manfaat olahraga saat hamil, termasuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan sirkulasi. Hindari olahraga yang terlalu berat dan lama. Hindari juga olahraga di malam hari, karena olahraga mendorong tubuh memproduksi adrenalin, sehingga bisa membuat Mums terjaga di malam hari.

 

Batasi Asupan Kafein

Kafein bisa membuat Mums semakin sulit tidur. Jadi sebaiknya batasi konsumsinya, ya. Jangan konsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari.

 

Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil

Cobalah makan dalam porsi kecil di sepanjang hari. Hal ini bisa membantu menstabilkan gula darah dan membuat Mums lebih energetik di siang hari.

 

Minum yang Cukup

Menjaga asupan cairan tercukupi penting untuk kesehatan. Hal ini juga termasuk salah satu cara mengatasi kelelahan saat hamil. Tapi, jangan minum terlalu banyak sebelum waktu tidur malam ya, supaya tidur terganggu dan Mums tidak terbangun karena ingin buang air kecil.

 

Baca juga: Mums, Lakukan Ini Yuk agar Bisa Hamil setelah Keguguran seperti Aurel Hermansyah

 

Sumber:

Very Well Family. Understanding and Managing Fatigue During Pregnancy. Oktober 2021.
Centers for Disease Control and Prevention. Healthy pregnant or postpartum women. April 10, 2020.
American College of Obstetricians and Gynecologists. Moderate caffeine consumption during pregnancy. ACOG Committee Opinion No. 462. Obstetrics and Gynecology. 2010.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.