Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Mengatasi Morning Sickness Secara Alami

  • Bagikan

Morning sickness merupakan gejala kehamilan yang bisa cukup mengganggu ya, Mums. Sekitar 80% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah. Lalu, adakah cara mengatasi morning sickness secara alami?

 

Biasanya, dokter tidak memberikan obat khusus untuk morning sickness. Jadi, Mums bisa mencoba cara mengatasi morning sickness secara alami. Cek cara-caranya di bawah ini, ya!

 

Baca juga: 6 Mitos Seputar Hubungan Intim saat Hamil yang Tidak Boleh Dipercaya
 

Cara Mengatasi Morning Sickness Secara Alami

Untungnya, ada beberapa cara mengatasi morning sickness secara alami yang bisa Mums lakukan. Cara-caranya mudah dan simpel, kok. Tapi tentu saja, sebelum mencoba cara mengatasi morning sickness secara alami, Mums perlu konsultasi dengan dokter, ya.

 

Ubah Frekuensi dan Waktu Makan

Memiliki perut kosong meningkatkan risiko Mums mengalami mual dan muntah. Oleh sebab itu, kebanyakan ahli merekomendasikan makan lebih sering saat hamil. Jadi, Mums bisa makan dalam porsi kecil tapi sering. 

 

Ahli merekomendasikan makan lima hingga enam kali sehari sehingga perut tidak pernah kosong. Mums juga direkomendasikan menambahkan protein ke dalam setiap makanan, karena nutrisi ini meningkatkan rasa kenyang.

 

Hindari Aroma Kuat

Wanita hamil memiliki indera penciuman yang lebih sensitif, sehingga mudah mual ketika mencium bau atau aroma tertentu. Jadi, wanita hamil perlu menghindari makanan yang memiliki aroma kuat. Hindari juga makanan pedas, fokuslah pada makanan yang lebih hambar dan mudah dicerna.

 

Coba Aromaterapi

Meskipun wanita hamil lebih sensitif terhadap aroma menyengat, biasanya aroma yang menenangkan dan menyegarkan malah memberikan ketenangan dan disukai wanita hamil. Satu penelitian menemukan bahwa aromaterapi minyak esensial lemon dan peppermint memberikan efek positif pada morning sickness.

 

Baca juga: Mengalami Efek Samping Setelah Minum Suplemen Kehamilan? Bisa Diatasi kok Mums!
 

Ubah Vitamin Prenatal

Penting mengonsumsi vitamin prenatal selama kehamilan. Tapi, kadang-kadang vitamin menyebabkan wanita hamil mual. Vitamin zat besi khususnya sering menyebabkan mual. Mums bisa mengakalinya dengan mengonsumsi vitamin zat besi di waktu sedang tidak mual. Jika mau mengganti vitamin prenatal, konsultasi ke dokter dulu, ya.

 

Hirup Udara Segara

Membuka jendela di pagi hari atau berjalan kaki di halaman rumah untuk menghirup udara segar juga bisa membantu meredakan mual, Mums. Selain itu, wanita hamil mudah kepanasan, jadi pastikan rumah Mums dingin, ya.

 

Konsumsi Jahe

Jahe bisa membantu meredakan mual, termasuk saat hamil. Efek positif jahe pada morning sickness sudah diteliti sejak 30 tahun yang lalu. Sebagai rekomendasi, Mums bisa minum teh jahe. 

 

Melakukan Akupuntur

Satu penelitian menunjukkan bahwa akupuntur efektif meredakan mual pada wanita hamil. Jadi, coba konsultasikan dengan dokter, bisakah Mums melakukan akupuntur untuk membantu meredakan morning sickness yang mengganggu.

 

Suplemen Vitamin B6

Suplemen vitamin B6 direkomendasikan untuk meredakan mual saat hamil. Vitamin B6, dengan dosis 10-25 mg dikonsumsi tiga kali sehari, bisa coba Mums konsumsi. Tapi sebaiknya, Mums konsultasi dengan dokter dulu, ya sebelum mengonsumsinya. 

 

Baca juga: Terbentuknya Garis Tangan Janin dan Kelainan Apa yang Dapat Dideteksi

 

 

Sumber:

Very Well Family. Natural Remedies for Morning Sickness. April 2022.
Lete I, Allué J. The Effectiveness of Ginger in the Prevention of Nausea and Vomiting during Pregnancy and Chemotherapy. Integrative Medicine Insights. 2016;11:11-17. doi:10.4137/IMI.S36273
National Library of Medicine. Hyperemesis gravidarum.
Cleveland Clinic. Morning Sickness (Nausea and Vomiting of Pregnancy).
American College of Obstetricians and Gynecologists. Morning Sickness: Nausea and Vomiting of Pregnancy.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.