Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Menghitung Usia Kehamilan | GueSehat

  • Bagikan

Selamat ya Mums untuk kehamilannya. Saat membaca artikel ini, Mums mungkin baru saja mengetahui bahwa telah positif hamil, tetapi belum terlalu memahami benar bagaimana cara menghitung usia kehamilan Mums. Jika begitu, yuk temukan informasinya di sini.

 

Pentingnya Mengetahui Usia Kehamilan

Kehamilan adalah istilah yang menggambarkan waktu antara pembuahan dan kelahiran. Selama masa kehamilan, bayi tumbuh dan berkembang di dalam rahim Mums. Nah, usia kehamilan umumnya dihitung dalam kombinasi minggu dan hari.

 

Usia kehamilan penting untuk diketahui sedini mungkin agar dapat membantu memperkirakan kemungkinan hari perkiraan lahir (HPL), menjadi panduan untuk mengkaji pertumbuhan janin, serta menjadwalkan kapan perlu dilakukan skrining dan pemeriksaan laboratorium.

 

Semua ini berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan apakah bayi tumbuh seperti yang diharapkan dan kapan harus melakukan evaluasi tertentu. Bayi yang lahir lebih kecil atau lebih besar berdasarkan usia kehamilan, umumnya akan memerlukan pemantauan yang lebih mendetail.

 

Seperti yang Mums ketahui, ada tiga trimester dalam kehamilan:

  1. Trimester pertama: Minggu 1-13.
  2. Trimester kedua: Minggu 14- 27.
  3. Trimester ketiga: Minggu 28-40 minggu. 

 

Kehamilan Mums akan dihitung berjalan selama 40 minggu, walaupun sebenarnya hanya sekitar 30% kehamilan yang akan mencapai tepat minggu ke-40. Kehamilan dianggap cukup bulan antara 39 dan 40  minggu. Bayi yang lahir antara 37 minggu sampai 38 minggu dianggap prematur dan bayi yang lahir setelah 42 minggu dianggap postmatur.

 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Micin?

 

 

 

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Lalu, bagaimana ya menghitung usia kehamilan? Nah, ada beberapa cara yang umum digunakan, yaitu:

 

Meskipun terdengar aneh, minggu pertama kehamilan Mums didasarkan pada tanggal menstruasi terakhir Mums. Periode menstruasi terakhir dianggap sebagai minggu pertama kehamilan, bahkan jika Mums belum benar-benar hamil.

 

Pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk berovulasi, pembuahan, hingga penanaman sel telur yang sudah dibuahi ke dalam lapisan rahim (implantasi) memakan waktu kurang lebih 20 hari. Inilah yang sempat ramai dibicarakan di saat muncul pertanyaan baru menikah 1 minggu kok usia kehamilan sudah mencapai 1 bulan.

Sebagian besar kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu atau 38 minggu sejak pembuahan. Jadi, biasanya cara terbaik untuk memperkirakan HPL adalah dengan menghitung 40 minggu atau 280 hari dari HPHT.

 

Mums juga bisa mengurangi 3 bulan dari hari pertama haid terakhir dan menambahkan 7 hari. Namun perlu diketahui, perhitungan usia kehamilan berdasarkan hari pertama menstruasi terakhir hanya akurat jika Mums memiliki siklus haid 28 hari yang teratur. 

 

Baca juga: Adakah Risiko pada Janin Jika Ibu Hamil Sering Menangis?

 

Karena sering kali ibu hamil tidak mencatat kapan HPHT atau tidak memiliki siklus haid teratur, pemeriksaan USG membantu memberikan lebih banyak informasi untuk menginformasikan usia kehamilan. Faktanya, USG yang dilakukan di usia dini kehamilan hingga 6-7 minggu adalah cara paling akurat untuk menentukan usia kehamilan.

 

Pada trimester pertama, USG mengukur panjang dari ujung kepala hingga ujung kaki janin, yang biasa disebut sebagai Crown Rump Length (CRL), dan akan tertulis di foto USG. Pada tahap akhir kehamilan, USG mengukur bagian tertentu dari tubuh bayi, termasuk perut, kepala, dan tulang paha (tulang paha), untuk memastikan usia kehamilan dan pertumbuhan janin. 

 

Milestone kehamilan, seperti pertama kali detak jantung bayi terdengar (sekitar minggu 9 atau 10) dan ketika Mums pertama kali merasakan gerakan janin (rata-rata antara 18 dan 22 minggu), dapat memberikan petunjuk apakah HPL Mums akurat.

 

Tinggi fundus (jarak dari tulang kemaluan ke bagian atas rahim) juga akan diperiksa oleh dokter atau bidan pada setiap kontrol kehamilan, untuk membantu memastikan tanggal HPL. Selain itu, ukuran rahim Mums yang dicatat saat pemeriksaan awal kehamilan juga bisa menjadi faktor dalam menentukan HPL. (AS)

 

Baca juga: Mums, Inilah Berbagai Manfaat Rambutan bagi Ibu Hamil

 

Referensi

What to Expect. Pregnancy Week

Verywell Family. Gestational Age



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.