Menu
Informasi tentang Kesehatan

Jangan Lakukan Hal-hal Ini Kalau Mau Cepat Hamil!

  • Bagikan

Apakah Mums dan Dads sedang berusaha untuk memiliki anak? Mungkin Mums dan Dads sudah banyak-banyak mencari informasi tentang kehamilan, bahkan sudah sampai cari nama-nama anak. 

Tapi Mums, ada juga yang perlu Mums ketahui tentang pantangan saat sedang berusaha untuk hamil. Jangan lakukan hal-hal ini kalau mau cepat hamil, ya! 

 

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Bayi Tumbuh Gigi, Bantu Redakan Ketidaknyamanan
 

Jangan Lakukan Hal-hal Ini Kalau Mau Cepat Hamil

Mums, kalau bisa hindari melakukan hal-hal ini kalau mau cepat hamil:

 

1. Menurunkan atau Meningkatkan Banyak Berat Badan

Mengalami kenaikan maupun penurunan berat badan drastis menurunkan kesempatan Mums untuk hamil. Kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Jika Mums tidak menstruasi setiap bulan, ovarium tidak akan memproduksi sel telur atau ovulasi. 

Jika ovulasi tidak terjadi, Mums sulit untuk hamil. Jadi, pastikan berat badan Mums berada dalam rentang yang ideal dan normal, ya.

 

2. Olahraga Terlalu Berat

Memiliki gaya hidup kurang aktif tidak sehat. Tapi, kalau Mums sedang berupaya untuk hamil, olahraga berlebihan juga tidak baik. Olahraga terlalu berat bisa menyebabkan perubahan hormon yang bisa menyulitkan ovarium memproduksi sel telur. 

Olahraga lari, aerobik, berenang, dan bersepeda, jika dilakukan terlalu intens, menyebabkan Mums sulit hamil. Namun, kalau Mums kelebihan berat badan, olahraga bisa membantu Mums menurunkan berat badan dan meningkatkan kesempatan hamil. 

 

3. Merokok

Merokok tidak baik untuk kesehatan, Mums. Mums dan Dads sebaiknya berhenti merokok meskipun sedang tidak berupaya untuk hamil. Kalau sedang berusaha untuk hamil, maka berhenti merokok merupakan hal yang wajib dilakukan. 

Mums perlu tahu:

  • Merokok lebih dari 10 kali per hari menurunkan kesempatan untuk hamil.
  • Merokok menyebabkan perubahan pada tuba falopi dan serviks yang bisa menyebabkan keguguran. Merokok juga bisa menyebabkan kehamilan di luar rahim.
  • Merokok bisa merusak ovarium, sehingga menyebabkan produksi sel telur berkurang. Semakin sedikit sel telur diproduksi, semakin berkurang kemungkinan untuk hamil.
  • Merokok menurunkan jumlah sperma. 

 

Baca juga: Mums, Ini yang Harus Dipersiapkan sebelum Menjalani Operasi Caesar
 

4. Mengonsumsi Suplemen dan Multivitamin Berlebihan

Kalau Mums sedang berupaya untuk hamil, mengonsumsi vitamin prenatal dengan 400 mikrogram asam folat setiap hari sangat direkomendasikan. Namun, jangan mengonsumsi suplemen dan multivitamin terlalu banyak, ya. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A misalnya berhubungan dengan masalah pada pertumbuhan janin. 

 

5. Mengonsumsi Minuman Energi dan Kafein Berlebihan

Istirahat dan rileks penting ketika Mums sedang berupaya untuk hamil. Dalam mengonsumsi kafein, yang terpenting adalah moderasi atau batasannya. Beberapa cangkir kopi per hari tidak akan menurunkan risiko Mums untuk hamil. Tapi, kalau Mums minum espresso double shot, 3 diet soda, dan makan satu cokelat bar dalam satu hari, maka harus dikurangi ya, Mums.

 

6. Mengonsumsi Sembarang Obat

Mengonsumsi sembarang obat yang tidak terdaftar resmi oleh BPOM dan tergolong ilegal bisa menurunkan kesempatan untuk hamil dan membahayakan janin jika Mums sudah hamil. Jadi, berhentilah mengonsumsi sembarang obat ya, Mums. Beritahu juga kepada Dads untuk mengonsumsi sembarang obat. 

Baca juga: Skrining Kekurangan Hormon Testosteron pada Penyakit Kencing Manis (Diabetes)

Sumber:

WebMD. Things Not to Do If You Want to Get Pregnant. Februari 2022.
Siobhan Dolan, MD, medical advisor, March of Dimes; professor of obstetrics and gynecology and women’s health, Albert Einstein College of Medicine; attending physician, division of reproductive genetics, Montefiore Medical Center.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.