Menu
Informasi tentang Kesehatan

Kado Anak Usia 1 Tahun

  • Bagikan

 

Ulang tahun pertama anak menjadi salah satu momen yang sangat penting bagi orang tua. Bagaimana tidak? Masih tergambar jelas momen menegangkan saat Mums melahirkan si kecil dan tanpa terasa sekarang bayi kecil ini sudah resmi menjadi balita. Karenanya, Mums pasti ingin memberikan kado yang istimewa di ulang tahun pertama anak.

 

Banyak orangtua sulit menentukan kado yang tepat untuk anak usia 1 tahun. Di usia 1 tahun, anak mungkin tidak terlalu cocok dengan mainan bayi. Anak di usia ini berada pada periode perkembangan ketika mereka menjadi semakin kuat dan kompeten, dibuktikan dengan fakta bahwa mereka mulai berjalan dan berbicara. Mereka juga mulai tertarik mengetahui cara kerja sesuatu, apa fungsinya, dan apa yang terjadi jika dirinya melakukan ini dan itu.

 

Baca juga: 1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi Lengkap Selama Pandemi, Segera Bawa si Kecil ke BIAN

 

Kado untuk Anak Berusia 1 Tahun

Untuk membantu Mums menentukan kado apa yang ingin Mums berikan di ulang tahun pertama si kecil, berikut ada beberapa pilihan kado terbaik.

1. Sepatu

Kebanyakan anak mulai berjalan sekitar usia satu tahun. Meskipun saat ini anak belum dapat berjalan, tidak ada salahnya memberikan sepatu untuk bersiap-siap karena sebentar lagi anak siap untuk berjalan.

 

Sebagai kado ulang tahun pertama, berikan sepasang sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan. Sebaiknya, beli dengan ukuran satu nomor lebih besar karena balita tumbuh sangat cepat. 

 

2. Baby walker

Dari semua pencapaian yang dicapai seorang anak selama tahun pertama kehidupannya, berjalan membutuhkan usaha paling keras. Baby walker akan membantu membangun kekuatan dan koordinasi yang dibutuhkan anak. Banyak yang memiliki fitur ekstra, seperi labirin manik, musik, atau benda bergerak yang membuat anak lebih tertarik.

 

Jika bayi baru belajar berdiri dengan berpegangan pada sesuatu, pastikan baby walker anak memiliki pegangan lebar dan pusat gravitasi rendah untuk stabilitas maksimum. Baby walker di pasaran datang dalam berbagai model, jadi tentukan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

 

3. Permainan kreativitas

Mums bisa membantu mengasah kreativitas anak di usia 1 tahun dengan memberinya permainan yang berhubungan dengan kesenian. Ada banyak permainan yang bisa membantu meningkatkan kreativitas anak, seperti alat menggambar dan mewarnai serta play dough. Mainan seperti ini bermanfaat untuk melatih keterampilan motroik kasar dan halus, melatih imajinasi, serta strategi koping stres yang baik.

 

Jika di rumah anak memilii saudara atau teman, pertimbangkan untuk memberikan mainan berukuran besar. Dengan begitu, anak bisa bermain bersama dengan saudara dan teman yang baik untuk melatih keterampilan sosial dan rasa percaya diri.

 

Baca juga: Permainan Selama Di Rumah untuk Mengasah Perkembangan Anak
 

4. Mainan musik

Balita memiliki daya tarik yang besar terhadap suara. Mengekspos anak-anak pada musik merangsang area otak yang berhubungan dengan bahasa, keterampilan sosial, dan perkembangan motorik kasar.

 

Untuk anak usia 1 tahun, sebaiknya berikan mainan yang menciptakan musik daripada mainan yang membuat suara sendiri. Mainan musik juga membantu balita mempelajari aksi dan respons serta pengulangan.

 

5. Pakaian

Pakaian adalah kado yang bagus untuk berbagai momen, termasuk untuk ulang tahun anak. Pada usia satu tahun, bayi tumbuh hingga 1 cm sebulan dan dapat bertambah berat hingga 0,2 kg. Jadi, berikan pakaian yang ukurannya satu atau dua nomor lebih besar daripada ukurannya saat ini agar pakaian bisa digunakan lebih lama.

 

6. Blok bangunan

Menumpuk menara dan merobohkannya adalah aktivitas yang mengasyikkan bagi banyak balita. Jika si kecil telah mengembangkan koordinasi yang cukup untuk menangani mainan susun seperti cincin atau lengkungan, saatnya untuk memberinya blok bangunan dengan tingkat yang lebih sulit.

 

Baca juga: Perlukah Memisahkan Mainan untuk Bayi Laki-laki dan Bayi Perempuan?

 

7. Sepeda roda tiga

Anak usia 1 tahun kemungkinan besar belum bisa naik sepeda roda tiga, tetapi banyak yang bisa melakukannya sebelum ulang tahun kedua. Jadi, tidak mengapa jika Mums memberikan sepeda roda tiga sebagai hadiah ulang tahun pertama anak karena tak lama lagi ia akan berlatih naik sepeda.

 

Beberapa model dilengkapi dengan pegangan dorong bagi orangtua. Dengan demikian, jika Mums ingin mengajak si kecil berjalan-jalan, Mums tidak perlu capek-capek menggendongnya. Cukup taruh di sepeda dan dorong.

 

Meskipun Mums sangat antusias menyambut ulang tahun pertama buah hati, tapi Mums tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memberikan barang mewah sebagai kado. Memberikan kado sederhana yang sesuai dengan kebutuhan dan tumbuh kembang sudah mampu membuat anak menjadi senang di hari spesialnya.

 

Baca juga: Ingin Merayakan Ulang Tahun Pertama Si Kecil? Ini yang Perlu Dipersiapkan!

 

 

 

Sumber:

Dietitianmeetsmom.com.Practical 1 year old gifts 

Parents.com. 29 Fun First Birthday Gift Ideas

Babylist.com. Best Toys for One-Year-Olds

Moms.com. 10 Basic Things Moms Need When They Have A 1-Year-Old

healthline.com. 25 Fun and Engaging Activities for 1-Year-Olds

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.