Menu
Informasi tentang Kesehatan

Kesalahan Saat Program Hamil | Guesehat

  • Bagikan

Bagi beberapa orang, tidak butuh waktu lama dan banyak usaha untuk bisa hamil dan mendapatkan keturunan. Sementara, bagi sebagian lainnya, untuk bisa hamil membutuhkan banyak perencanaan dan usaha.

 

Jika Mums dan pasangan merasa tidak kunjung hamil bahkan setelah melakukan berbagai usaha, Mums mungkin mulai bertanya-tanya, adakah yang salah dengan diri Mums atau saumi? Jangan buru-buru merasa cemas, tidak kunjung hamil tidak selalu menandakan bahwa Mums dan Dads mandul atau bermasalah. Hanya saja, mungkin ada beberapa kesalahan yang sering kalian lakukan yang menghalangi istri untuk bisa hamil. 

 

Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat promil sehingga menyebabkan kegagalan terjadinya kehamilan? 

 

Baca juga: Promil Anak Kembar? Sangat Bisa Mums!

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Promil

Berikut ini beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pasutri saat mencoba program hamil (promil). 

 

1. Menerapkan gaya hidup yang tidak sehat

Menerapkan gaya hidup sehat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tetapi ini menjadi lebih penting lagi ketika Mums dan Dads sedang merencanakan kehamilan. Makanan cepat saji, alkohol, rokok, terlalu banyak kafein, terlalu sedikit tidur, kurang olahraga, semuanya dapat mempengaruhi kesuburan secara negatif. Omong-omong, menerapkan gaya hidup sehat sama pentingnya untuk diterapkan oleh istri maupun suami.

 

Menghentikan semua kebiasaan buruk dan beralih dengan kebiasaan yang lebih sehat tidak hanya membantu pasutri untuk hamil lebih cepat, tetapi juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga di masa depan. Jadi, yuk terapkan gaya hidup sehat mulai saat ini.

 

2. Tidak mengunjungi dokter secara teratur 

Kunjungan ke dokter tidak secara otomatis membuat pasutri menjadi lebih subur. Namun, ini akan mempermudah ginekolog untuk mendeteksi kondisi atau masalah yang mungkin membuat istri sulit hamil. 

 

Misalnya, fibroid, gangguan hormonal, dan sebagainya. Saat menemukan kondisi ini, dokter dapat merujuk kamu ke spesialis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Jadi, buat janji dengan dokter sesegera mungkin begitu kamu dan pasangan merencanakan kehamilan.

 

Baca juga: Ingin Sukses Promil? Ketahui Pentingnya Tes Sperma

 

3. Berhubungan seks terlalu sering

Beberapa orang beranggapan bahwa semakin sering hubungan intim dilakukan, maka peluang untuk mencapai kehamilan semakin tinggi. Sayangnya, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar.

 

Secara umum, hubungan seksual yang teratur meningkatkan kualitas sperma. Namun, hubungan seks yang terlalu sering dapat menurunkan jumlah sperma. Oleh karena itu, tidak apa-apa untuk beristirahat sesekali untuk mendapatkan kualitas terbaik dan menggunakannya di hari paling subur. Jadi, selalu lacak siklus menstruasi dan jangan sia-siakan masa subur untuk berhubungan intim.

 

4. Tidak mengatasi masalah haid tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur bisa jadi merupakan indikasi adanya kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS). Kondisi ini mempengaruhi kadar hormon, yang membuat perempuan rentan terhadap masalah kesuburan.

 

Jika seorang perempuan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan menstruasi, dia memiliki lebih sedikit peluang untuk hamil karena tubuh perempuan hanya berovulasi sekali per siklus. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menemui dokter untuk mendapatkan perawatan yang mampu meningkatkan peluang hamil.

 

Baca juga: Tips Promil untuk Pernikahan Jarak Jauh

 

5. Selalu berpikir bahwa sumber masalahnya ada pada istri

Di banyak tempat, jika pasutri tidak kunjung mendapatkan keturunan, istri selalu menjadi pihak yang disalahkan. Mereka dituduh memiliki masalah kesuburan. Padahal, masalah kesuburan bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. 

 

Jadi, baik suami maupun istri harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah kesuburan. Tidak ada yang perlu merasa malu untuk hal ini karena ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk mendapatkan keturunan.

 

Bisa diketahui, sebagian besar kesalahan dalam promil relatif mudah untuk dihindari dan diselesaikan. Jadi, periksa kembali kesalahan mana yang masih sering Mums dan Dads lakukan, lalu segera perbaiki. Semoga, ini bisa mempermudah kalian mendapatkan kehamilan sesegera mungkin. 

 

Baca juga: Konsumsi Asam Folat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho!

 

 

Sumber:

Parenting.firstcry.com.  Common-baby-making-mistakes-you-are-making-and-how-to-correct-them-3/

Femsense.com. Get preganant asap. 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.