Menu
Informasi tentang Kesehatan

Kok Bisa HPL Berubah-ubah? Ini Penyebabnya!

  • Bagikan

Mums sudah diberikan tanggal HPL oleh dokter di awal kehamilan. Tetapi, di kunjungan Mums ke dokter beberapa bulan setelahnya, dokter memberitahu Mums bahwa HPL berubah. Kenapa bisa ya HPL berubah?

HPL merupakan salah satu hal pertama yang akan Mums ketahui setelah dikonfirmasi hamil oleh dokter. HPL memberikan informasi tentang usia gestasional, perawatan kehamilan yang tepat, serta waktu kelahiran si Kecil. Tapi, bagaimana bisa HPL berubah?

Namun, menentukan HPL tidak selalu mudah. Mungkin Mums bingung Ketika dokter memberitahu bahwa HPL berubah dari sebelumnya yang disebutkan. Mums enggak sendirian, sekitar 26% ibu hamil mengalami perubahan HPL. Apa penyebab HPL berubah? Yuk, baca penjelasannya.

 

Baca juga: Rahim Lemah, Apa Itu dan Bagaimana Pengaruhnya pada Kehamilan?

 

Penyebab HPL Berubah

Dokter akan menganalisis beberapa faktor seiring dengan berkembangnya kehamilan untuk memastikan HPL Mums akurat. Beberapa faktor yang digunakan untuk menentukan keakuratan HPL diantaranya: 

  • Detak jantung janin: kapan dokter dapat mendengar detak jantung janin dan alat apa yang digunakan untuk mendengarkannya?
  • Tinggi fundus: fundus (bagian atas rahim) bisa mengukur secara berbeda dari ekspektasi berdasarkan HPL yang diprediksi.
  • Pergerakan: kapan Mums pertama kali merasakan pergerakan janin?

Faktor lain, seperti jika ternyata Mums hamil kembar atau mengalami ketidaknormalan pada rahim, ataupun berat badan Mums juga bisa memengaruhi perhitungan HPL.

 

Baca juga: Bagaimana ya, Cara Menghilangkan Stretch Marks Membandel yang Telanjur Putih?
 

Kapan Pemeriksaan HPL Paling Akurat?

Salah satu hal yang kerap terjadi adalah ketika ibu hamil diberitahui tanggal HPL, namun kemudian hasil USG di pertengahan kehamilan diberitahu bahwa HPL-nya berubah. Biasanya perbedaan tanggalnya tidak terlalu jauh, hanya berbeda beberapa hari.

Perubahan ini, jika kurang dari 14 hari, biasanya masih berada di dalam variasi normal. Spesifitas USG untuk menentukan usia kehamilan berbeda-beda pada setiap trimester. Biasanya yang paling akurat adalah di trimester pertama, dan yang paling tidak akurat di trimester ketiga.

 

Baca juga: Kabar Bahagia, Mums Masih Boleh Lakukan Perawatan Kecantikan Ini Saat Hamil
 

Dampaknya pada Kehamilan

Jika HPL berubah, biasanya dampaknya tidak akan langsung terjadi pada perawatan kehamilan. Dampaknya biasanya baru dirasakan di akhir kehamilan Ketika Mums mempersiapkan diri dengan kelahiran di tanggal HPL yang baru. Mums perlu mempersiapkan diri sesuai tanggal tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari HPL berubah adalah memastikan Mums memiliki data yang paling akurat. Ketika dokter menarik HPL berdasarkan informasi tanggal siklus menstruasi Mums terakhir, maka biasanya dihitung lebih atau kurangg 14 hari. Ini artinya dokter memperkirakan Mums akan melahirkan antara minggu 38 dan minggu 42 dari tanggal yang dihitung.

Inilah kenapa Mums harus memberitahu informasi yang akurat tentang tanggal siklus menstruasi Mums. Untuk perhitungan lebih jelasnya Mums bisa berkonsultasi langsung dengan dokter, ya. Kalaupun HPL berubah, dampak biasanya tidak berat, jadi Mums tidak perlu khawatir berlebihan, ya.

Tapi, Mums perlu tahu dan paham alasan dari perubahan HPL yang dialami. Jadi, penting bagi Mums untuk menanyakan dokter tentang penyebabnya. Mintalah kepada dokter agar menjelaskan alasannya dengan jelas, supaya Mums lebih paham.

 

Sumber:

Very Well Family. When Your Doctor Changes Your Pregnancy Due Date. Juni 2021.
Declercq ER, Sakala C, Corry MP, Applebaum S, Herrlich A. Major Survey Findings of Listening to Mothers(SM) III: Pregnancy and Birth. J Perinat Educ. 2014;23(1):9-16. doi:10.1891/1058-1243.23.1.9
Jukic AM, Baird DD, Weinberg CR, McConnaughey DR, Wilcox AJ. Length of human pregnancy and contributors to its natural variation. Hum Reprod. 2013.
 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.