Menu
Informasi tentang Kesehatan

Mainan Edukatif untuk Anak Usia 3 Tahun

  • Bagikan

Tanpa terasa, saat ini si kecil telah memasuki usia 3 tahun. Di usia ini, anak masih membutuhkan mainan, tetapi mungkin tidak lagi menyukai mainan lama yang mereka gunakan saat masih bayi.

 

Saat hendak membeli mainan, Mums perlu mempertimbangkan perkembangan anak dan minatnya. Di usia 3 tahun, anak sudah lebih banyak bicara dan banyak bertanya. Mereka suka bereksperimen dengan berbagai hal. Keterampilan fisik mereka juga terus mengalami perkembangan. Mereka mulai dapat bermain bersama teman-temannya dan tidak suka kalah.

 

Sementara, untuk jenis permainan, anak 3 tahun menyukai permainan, seperti:

  • Berlari, melompat, memanjat, dan menyeimbangkan.
  • Berpura-pura melakukan pekerjaan dewasa dengan kostum dan alat peraga.
  • Bermain dengan cara berbagi dan bergiliran.
  • Senang dengan permainan kompetitif.
  • Menikmati aktivitas yang melibatkan angka dan huruf sederhana.
  • Tertarik pada permainan pura-pura dan melibatkan kelompok.
  • Tertarik dengan alam dan sains.
  • Menghubungkan potongan-potongan dalam pola untuk membuat model sederhana.

 

Dengan mempertimbangkan perkembangan dan minat anak, harapannya mainan yang Mums berikan bukan hanya akan disukai anak, tapi juga mendukung tumbuh kembang mereka.

 

Baca juga: Si Kecil Suka Bermain Lumpur? Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatannya
 

Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 3 Tahun

Berikut adalah rekomendasi beberapa jenis permainan yang cocok untuk anak usia 3 tahun.

 

1. Pasir ajaib

Tidak seperti pasir kering yang berantakan, pasir ajaib memiliki komponen hidrofobik yang membuat butiran pasir menyatu satu sama lain dan mempertahankan bentuknya. Karenanya, pasir ini mudah dibentuk dan tidak mudah berantakan

 

Bermain dengan pasir ajaib memberikan pengalaman sensorik yang sangat baik. Membentuk pasir ajaib menjadi berbagai macam benda melibatkan imajinasi dan keterampilan berpikir kritis anak berusia 3 tahun.

 

2. Ring basket

Anak berusia 3 tahun senang mengasah keterampilan melempar dan menangkap mereka. Karenanya, memberikan ring basket di usia ini sangat cocok untuk mendukung keterampilan ini. 

 

Menariknya lagi, ring basket umumnya dapat diubah ketinggiannya sehingga dapat selalu disesuaikan untuk anak yang sedang tumbuh. Ring basket adalah mainan yang sempurna untuk permainan di dalam atau di luar ruangan, hadiah ini akan membantu menyalurkan energi anak usia 3 tahun yang sedang sangat aktif.

 

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Aman Bermain di Playground

 

3. Satu set cat air

Anak usia 3 tahun senang melibatkan imajinasi dan kreativitas saat beraktivitas. Dengan demikian, buku gambar beserta satu set cat air akan sangat disukai oleh anak-anak.

 

Mereka akan belajar membasahi kuas dan menggunakannya untuk mengoleskan warna pada palet ke atas kertas. Gerakan  menggunakan kuas juga membantu mereka mengasah keterampilan motorik halus. Mainan seperti ini juga membantu memperkuat ketangkasan jari, suatu pemanasan yang bagus untuk anak yang sebentar lagi akan belajar menulis.

 

4. Sepeda

Sepeda roda tiga akan membantu anak belajar menyeimbangkan dengan kaki mereka di tanah sebelum belajar mengayuh. Sepeda juga mendorong anak untuk tetap aktif sehingga tidak hanya menghabiskan waktu untuk menonton TV atau bermain video game di rumah.

 

Setelah anak mampu mengayuh, sepeda akan menjadi media untuk mengeluarkan energi. Kursi dan setang sepeda juga dapat disesuaikan untuk tumbuh bersama anak sehingga cocok digunakan hingga beberapa tahun ke depan.

 

5. Versi mini dari peralatan sehari-hari

Anak usia 3 tahun suka dengan permainan berpura-pura dan akan senang ketika mendapatkan versi mini dari peralatan tertentu. Misalnya, kitchen set, laundry set, atau peralatan dokter.

 

Baca juga: Mums, Ajarkan si Kecil Mengelola Emosi dengan Melukis

 

6. Puzzle

Bermain puzzle mambantu mengasah keterampilan pemecahan masalah. Si kecil akan belajar mengatasi masalah dan mencapai solusi saat mereka menyatukan potongan-potongan puzzle. Ketika mengerjakan puzzle dengan teman sebaya, mereka juga menggambarkan strategi mereka satu sama lain dan bekerja melalui kesulitan secara kolaboratif.

 

Anak-anak juga mengasah keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata saat mereka berusaha menyatukan puzzle. Sementara, menggenggam dan memindahkan potongan puzzle dengan presisi membantu mereka mengembangkan otot-otot kecil di tangan.

 

7. Playdough

Bermain playdough mendukung perkembangan dan pembelajaran di banyak bidang. Ketika anak-anak menggunakan playdough, mereka mengeksplorasi ide dan mencoba pendekatan yang berbeda agar berhasil membuat sesuatu.

 

Bermain playdough bersama teman-temannya juga membuat mereka belajar membandingkan dan membedakan objek, tindakan, dan pengalaman. Selama mengolah playdough, anak-anak memunculkan ide-ide mereka sendiri, memuaskan rasa ingin tahu, menganalisis, dan memecahkan masalah. Ini semua adalah keterampilan yang diperlukan anak-anak untuk belajar dan berhasil di sekolah.

 

Demikianlah beberapa rekomendasi mainan yang cocok untuk anak usia 3 tahun. Semoga, setelah ini Mums tidak bingung lagi dalam memilih mainan yang sesuai untuk anak usia 3 tahun.

 

Baca juga: Ide Permainan yang Bikin Balita Makin Pintar
 

 

 

Sumber:

Insider.com. Best-toys-for-3-year-olds

Naeyc.org. Play and toys

Seattlechildrens.org. Toys-and-play-3-to-5-year-olds 

Illinoisearlylearning.org. Puzzle-play

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.