Menu
Informasi tentang Kesehatan

Make Up Anti Cakey dengan Tips Berikut!

  • Bagikan

Dress sudah kece, sepatu sudah keren, rambut juga sudah ‘badai’. Eh tapi kok make up malah terlihat cakey gini! Duh, pasti menyebalkan banget ya kalau Kamu mengalami hal ini! Sudah dandan capek-capek, baru keluar rumah 1 jam, eh wajah malah terlihat seperti pakai dempul.

Buat Geng Sehat yang belum tahu apa itu cakey, sebenarnya istilah ini merujuk pada kondisi saat produk make up yang Kamu gunakan terlihat sangat tebal sehingga menunjukkan tekstur kulit wajah sebenarnya.

Lho, lantas kenapa make up yang terlihat cakey ini bisa sangat mengganggu? Jawabannya adalah karena saat make up-mu cakey, jerawat dan garis-garis wajah yang semula ingin Kamu tutupi dengan riasan justru semakin terpampang nyata! Enggak hanya itu, make up yang cakey juga bisa membuat Kamu terlihat lebih tua dan tentunya kurang menarik lagi karena tampak seperti dempul.

Nah, Geng Sehat tentunya enggak mau dong kalau sudah dandan cantik-cantik eh make up-nya malah jadi cakey? Supaya Kamu terbebas dari mimpi buruk ini, berikut GueSehat punya beberapa tips make up anti cakey.

Baca juga: Kuis: Mengaku Pecinta Make Up? Coba Ikuti Kuis Ini!

1. Gunakan face primer

Sebelum menggunakan foundation, pastikan Kamu selalu menggunakan face primer. Kenapa face primer ini penting? Karena produk ini dapat menjaga foundation tetap menempel sempurna pada wajah dan menjaga riasan terlihat tetap segar. Primer juga akan membuat kulit terasa lebih halus karena dapat menutup pori-pori dan mengisi celah garis-garis wajah.

Selain itu, karena dapat membuat foundation benar-benar menempel pada kulit, Kamu jadi tidak perlu menggunakan foundation dalam jumlah yang terlalu banyak deh. Oh ya, sebelum menggunakan face primer, jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap agar kulit tetap mendapat nutrisi, ya.

2. Alih-alih langsung tebal, oleskan foundation tipis-tipis saja

Salah satu penyebab make up terlihat cakey adalah karena Kamu menggunakan foundation terlalu tebal. Nah, alih-alih langsung menggunakannya secara tebal, lebih baik gunakan secara tipis-tipis terlebih dulu. Menggunakan foundation cair seukuran kacang polong sebenarnya sudah bisa menutup area wajah tanpa berlebihan. Namun, jika memang masih ada area tertentu yang belum tersamarkan, barulah Kamu bisa menambahkan foundation di area tersebut.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Salah Memilih Foundation!

3. Gunakan jari

Alat apa yang biasanya Kamu gunakan untuk mengoleskan make up di wajah? Apakah brush? Hmm, sebenarnya tidak ada salahnya sih jika menggunakan alat tersebut, namun kalau Kamu ingin mendapat riasan anti cakey, maka cobalah beralih menggunakan jari-jarimu. Yup, panas tubuh pada jari-jarimu dapat membaurkan make up secara sempurna pada wajah dan menghindari goresan-goresan akibat brush.

4. Campurkan

Salah satu tips yang dapat menghidarkan Kamu dari riasan cakey adalah dengan menggunakan spons atau beauty blender untuk mencampurkan produk. Spons yang dibasahi akan menyerap kelebihan produk yang mana dapat membuat wajah terlihat cakey.

5. Bedak adalah kuncinya

Bedak dapat benar-benar menjaga produk riasan cair tetap oke sekaligus menahan minyak pada wajah. Gunakan produk bedak tabur yang transparan sehingga wajah akan terlihat tetap natural dan tidak berlebihan.

6. Gunakan setting spray

Jika semua tahapan make up telah Kamu selesaikan, maka akhiri dengan menyemprotkan setting spray. Setting spray dapat ‘mengunci’ seluruh riasan agar menempel pada bagian wajah yang seharusnya. Selain itu, setting spray juga dapat membuat wajah terasa lebih segar dan tentunya terlihat semakin stunning!

Wajah yang cakey tentu akan membuat tampilan Kamu jadi enggak maksimal ya, Gengs. Enggak mau dong kalau pakaian sudah oke, rambut sudah cetar, tapi make up kelihatan seperti dempulan. Maka itu, yuk lakukan tips make up anti cakey di atas supaya Kamu bisa terhindar dari mimpi buruk tampilan make up yang cakey! (BAG)

Baca juga: 5 Langkah Mudah Tampil Cantik dengan No Make Up Look!

Referensi

“How to Avoid Cakey Foundation” – Teen Vogue

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.