Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Ternyata Banyak!

  • Bagikan

Asyik, sudah mulai musim mangga lagi! Mumpung buah ini mudah ditemukan dan murah, yuk nikmati berbagai manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Baca hingga selesai untuk mendapatkan informasinya, ya.

 

Nutrisi di Dalam Mangga, Enggak Main-main!

Tahukah Mums, bahwa mangga adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia? Wajar saja jika mangga digandrungi, karena rasanya memang enak, juga bergizi. 

 

Nah, bila menelaah kandungan nutrisinya, Mums bisa mendapatkan banyak vitamin dan mineral di dalamnya, lho. Dalam 100 gram (1 cangkir buah) mangga yang matang, kandungannya antara lain:

 

Nutrisi

Jumlah

Kalori

60 kkal

Karbohidrat

14.98 g

Protein

0.82 g

Serat

1.6 g

Lemak

0.38 g

Gula

13.66 g

VITAMIN

Vitamin C

36.4 mg

Vitamin A

54 IU

Asam folat

43  mcg

Vitamin B6 (Pyridoxine)

0.119 mg

Vitamin B3 (Niacin)

0.669 mg

Vitamin B2 (Riboflavin)

0.038 mg

Vitamin B1 (Tiamin)

0.028 mg

MINERAL

Kalium

168 mg

Kalsium

11 mg

Namun, seperti kebanyakan makanan, mengonsumsi dalam batas wajar adalah kuncinya. Karena, buah-buahan manis seperti mangga mengandung tinggi gula. Walaupun, gula buah berbeda dengan gula olahan karena diimbangi dengan serat dan sejumlah nutrisi bagi tubuh.

 

Buah-buahan manis seperti mangga juga merupakan alternatif yang bagus untuk junk food dan camilan tidak sehat lainnya. Artinya, jika Mums menginginkan sesuatu yang manis, pilihlah mangga sebagai gantinya. Keinginan makanan manis terpenuhi, Mums pun dapat manfaatnya untuk kesehatan.

 

Baca juga: Konsumsi 1 Gelas Susu Selama Hamil Dukung Pertumbuhan Tulang Janin

 

 

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

Melihat sederet nutrisi yang ada dalam mangga, tentu tak perlu dipertanyakan lagi ya, jika mangga memiliki manfaat jika dikonsumsi selama kehamilan. Beberapa di antaranya adalah:

 

  1. Mencegah anemia defisiensi besi (ADB)

Mangga kaya akan vitamin C dan membantu penyerapan zat besi, yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi ADB. Perlu Mums tahu, ADB sangat rentan terjadi selama masa kehamilan akibat peningkatan aliran darah untuk menunjang pertumbuhan janin. Risiko ADB pun tak bisa disepelekan, karena dapat menyebabkan persalinan prematur, perdarahan pasca persalinan, dan memengaruhi kecerdasan anak.

 

  1. Membantu perkembangan janin

Mangga adalah sumber asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Selain dilengkapi dengan minum vitamin hamil secara rutin,  mengonsumsi mangga mencegah cacat tabung saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam mangga membantu Mums merasa kenyang lebih lama. Selain itu, juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang sangat riskan dialami ibu hamil dan menjadi semakin parah seiring membesarnya janin.

 

  1. Sumber antioksidan 

Sudah tahu kan, kalau vitamin C dapat bekerja sebagai antioksidan di dalam tubuh? Nah, zat ini membantu mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas, yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Penelitian menunjukkan, kekurangan vitamin C dapat merusak fungsi dan elastisitas pembuluh darah, yang merupakan salah satu gejala penting dari komplikasi kehamilan pre-eklampsia, yang mana dapat mendekatkan pada risiko persalinan prematur. Inilah sebabnya mengapa mengonsumsi cukup vitamin C saat hamil sangat penting. 

 

Baca juga: Ada Protein dalam Urine Ibu Hamil, Bahayakah?

 

  1. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kebutuhan vitamin A sekitar 10-20%, dengan dosis yang dianjurkan adalah 800 gram/hari. Hal ini untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Vitamin A juga penting untuk perkembangan mata dan sistem kekebalan tubuh, serta membantu perkembangan jantung, paru-paru, dan ginjal.

 

  1. Menunjang perkembangan otak janin dan sistem saraf

Vitamin B6 yang terkandung di dalam mangga, sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Vitamin B6 juga membantu bayi memetabolisme protein dan karbohidrat. Selain itu, tubuh Mums pun memerlukannya untuk membentuk sel darah merah baru, antibodi, dan neurotransmiter yang memainkan peranan penting untuk mengatur kinerja sistem tubuh, seperti jantung, alat pernapasan, pencernaan, siklus tidur, nafsu makan, gerakan otot, bahkan suasana hati.

 

  1. Mengatasi mual di pagi hari

Rasa mangga yang segar membantu mencegah mual. Selain itu, vitamin B6 di dalamnya, juga berperan penting untuk meredakan mual yang biasanya intens dirasakan di awal kehamilan. Mungkin dari sini ya, mengapa bisa hadir kebiasaan turun-menurun tentang ingin makan mangga muda jika sedang hamil.

 

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh membutuhkan mineral tambahan. Mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Semua elektrolit ini memastikan bahwa saraf, jantung, otak, dan otot Mums bekerja sebagaimana mestinya.

 

Kembali diingatkan, mangga adalah salah satu buah yang paling manis dan seratnya lebih rendah daripada buah lainnya. Jadi, batasi memakannya sebanyak 1 hingga 2 cangkir buah per hari. Untuk sisa asupan buah harian, pertimbangkan serat yang lebih tinggi dengan pilihan gula yang lebih rendah, seperti jeruk dan apel. Konsultasikan pula kepada dokter kandungan untuk mengonsumsi buah ini jika Mums berisiko mengalami komplikasi diabetes gestasional. (IS)

 

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Jawabannya

 

Referensi:

Healthline. Mango Nutrition Facts

Mom Junction. Mango During Pregnancy



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.