Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Konsumsi Alpukat untuk Kehamilan

  • Bagikan

Alpukat adalah buah bertekstur mentega yang populer karena rasa dan nilai gizinya. Selain itu, buah ini juga dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, mulai dari buah segar, smoothie, ditambahkan ke atas roti panggang, dan sebagainya. Namun, mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah aman mengonsumsi alpukat saat hamil? 

 

Alpukat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, alpukat mengandung banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Alpukat kaya akan lemak baik, vitamin,  dan mineral, yang semuanya memiliki dampak positif pada kehamilan. Mari, kita lihat apa saja manfaat konsumsi alpukat bagi ibu hamil.

 

Baca juga: 5 Nutrisi Penting yang Tidak Bisa Didapatkan dari Buah dan Sayuran

 

Manfaat Konsumsi Alpukat untuk Kehamilan

Berikut ini 7 manfaat mengonsumsi alpukat selama hamil:

 

1. Sumber folat yang sangat baik

Folat atau asam folat merupakan nutrisi yang wajib dicukupi oleh ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan organ yang tepat. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

 

Alpukat merupakan sumber folat yang baik, yaitu menyediakan sekitar 5mcg asam folat per setengah cangkir buah. Mengonsumsi alpukat setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan folat.

 

2. Sumber antioksidan yang kuat

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel serta meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara. Salah satu jenis antioksidan dalam alpukat adalah lutein yang penting untuk perkembangan mata dan otak bayi. Karena lutein bersifat larut dalam lemak, lutein dalam alpukat diserap lebih efisien daripada lutein dari buah atau sayuran lain yang kandungan lemaknya rendah. 

 

Selain lutein, antioksidan lain yang terkandung dalam alpukat, di antaranya:

  • zeaxathantin
  • beta karoten
  • vitamin C

Antioksidan karotenoid, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxathantin, ditemukan dalam ASI. Jadi, makan alpukat selama menyusui dapat membantu meningkatkan kandungan karotenoid dalam ASI, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

 

Baca juga: Manfaat Mentimun untuk Ibu Hamil
 

3. Membantu menjaga kadar lipid dan gula darah 

Menjaga gula darah dan lemak darah pada tingkat yang tepat penting untuk memastikan ibu memiliki kehamilan yang sehat dan aman. Konsumsi alpukat dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan mengatur kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

 

Ini karena alpukat rendah karbohidrat dan kaya serat dan lemak sehat, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk ibu hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes. Ditambah, alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan rendah kolesterol LDL (jahat). Dengan demikian, konsumsi alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama kehamilan.

 

4. Meredakan kram kaki

Kram kaki merupakan masalah yang umum terjadi selama kehamilan. Dan, konsumsi alpukat selama kehamilan dapat meredakan kram kaki.  Alasannya, alpukat mengandung lebih banyak kalium daripada pisang. Kalium dan kalsium adalah mineral yang bermanfaat untuk meringankan kram.

 

Baca juga: Seperti Apa Kram Perut saat Hamil yang Berbahaya?
 

5. Kaya akan kandungan serat

Serat sangat penting untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan. Salah satunya, serat penting untuk mempromosikan gerakan usus yang sehat. Selain itu, mencukupi kebutuhan serat selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia. Serat juga membantu menurunkan risiko ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan.

 

Menambahkan alpukat ke dalam diet dapat membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan serat. Dalam 100 gram alpukat, terdapat 7 gram serat atau sekitar 25 persen dari rekomendasi asupan serat harian.

 

6. Mengenyangkan lebih lama

Sebagian perempuan menjadi lebih mudah lapar saat hamil. Perlu diingat, mengisi bahan bakar tubuh dengan benar sangat penting untuk kehamilan yang terbaik. Saat merasa lapar, makan camilan yang mengandung alpukat adalah cara terbaik untuk menjaga diri tetap kenyang sambil mencegah makan berlebihan.

 

Ini karena alpukat mengandung serat dan lemak sehat, yang telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang. Memilih makanan yang padat nutrisi dan mengenyangkan selama kehamilan mampu membuat ibu hamil tetap berenergi sepanjang hari sambil mempertahankan berat badan yang sehat.

 

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan

Kebutuhan akan nutrisi tertentu meningkat selama kehamilan. Misalnya, kebutuhan ibu hamil akan folat, magnesium, dan vitamin C lebih banyak daripada orang yang tidak hamil.

 

Alpukat merupakan sumber berbagai nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan, termasuk vitamin C, folat, dan magnesium. Meningkatnya kebutuhan folat selama kehamilan karena nutrisi ini berperan penting dalam perkembangan janin.

 

Sudah jelas, alpukat merupakan pilihan yang sangat baik untuk orang hamil. Selain sangat bergizi, alpukat juga lezat, mengenyangkan, dan serbaguna. Jadi, yuk konsumsi lebih banyak alpukat untuk kehamilan yang sehat.

 

Baca juga: Lemak di Alpukat Mencegah Diabetes

 

 

Sumber:

Momjunction.com. Reason eat avocadoes pregnancy. 

 Healthline.com. Avocado pregnancy. 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.