Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Play Gym untuk Tumbuh Kembang Bayi

  • Bagikan

Pada beberapa bulan pertama kehidupan bayi, Mums akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk meggendong si kecil. Namun, akan ada saatnya bayi membutuhkan lebih dari sekadar digendong atau tidur, yaitu bermain.

 

Membahas seputar mainan bayi, banyak orangtua yang kebingungan dalam memilih mainan. Nah, salah satu rekomendasi mainan yang sangat cocok untuk bayi adalah play gym.

 

Play gym adalah mainan berupa tikar lembut dengan beberapa mainan yang menjuntai di atas kepala. Mainan yang ada di play gym bervariasi, mulai dari lampu, cermin, piano, kerincingan, dan sebagainya.

 

Play gym dapat diberikan pada bayi sejak usia satu hari, tetapi bayi berusia antara tiga hingga enam bulan paling menyukai play gym. Sebab, pada usia tersebut, bayi sudah mengembangkan koordinasi tangan-mata, jadi berusaha meraih dan menggenggam mainan yang menjuntai adalah latihan yang baik. Ini juga sangat bagus untuk bayi yang mulai belajar merangkak.

 

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Overstimulasi pada Bayi
 

Manfaat Play Gym untuk Bayi

Selain memberikan hiburan bagi bayi, play gym juga memberikan beberapa manfaat lainnya untuk perkembangan bayi. Berikut beberapa manfaatnya.

 

1. Meningkatkan keterampilan motorik

Bermain dengan play gym dapat membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik. Mainan yang menjuntai dari play gym mendorong bayi untuk meraih dan menggenggamnya.

 

Selain itu, saat tertarik secara visual pada mainan, cermin yang memantulkan wajah mereka, atau suara yang berasal dari mainan, bayi akan mulai menendang-nendang kakinya. Gerakan seperti meraih, menendang, dan menggenggam membantu perkembangan otot di sekitar kaki, lengan, leher, dan perut.

 

2. Meningkatkan koordinasi mata-tangan

Keterampilan menggenggam dan memegang bayi yang baru lahir didominasi oleh refleks. Ini menjadi alasan mengapa bayi cenderung secara refleks menggenggam jari orang dewasa yang berusaha untuk memegang tangan si bayi. 

 

Saat melihat mainan yang menjuntai dari play gym, bayi akan mulai fokus pada objek. Si kecil juga akan belajar mengontrol refleks dan belajar menjangkau objek. Ketika seorang anak meraih, menggenggam, dan mengayunkan mainan di atas kepala, itu membantu dalam meningkatkan keterampilan menggenggam dan koordinasi tangan-mata mereka.

 

Baca juga: Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mainan Bayi Usia 7–12 Bulan
 

3. Merangsang indera visual dan taktil

Bayi yang baru berusia beberapa hari hanya bisa melihat dari jarak dekat, jadi apa pun yang jaraknya terlalu jauh bisa tampak buram bagi mereka. Ketika berusia sekitar dua hingga tiga bulan, bayi mampu mengalihkan pandangan atau fokus dari satu objek ke objek lain yang berjarak sekitar 20 cm dari mereka. Mereka juga tertarik pada warna kontras yang cerah.

 

Mainan dan gambar berwarna cerah dan kontras di play gym akan membantu meningkatkan indera visual anak dan membantu mengembangkan keterampilan kesadaran visualnya. Terlepas dari warnanya yang cerah, tikar play gym memiliki tekstur dan kerutan yang mampu menstimulasi sensorik dan pengembangan taktil.

 

4. Meningkatkan perkembangan kognitif

Mainan yang digantung pada play gym sengaja dirancang untuk meningkatkan imajinasi bayi. Sementara, suara, bentuk, warna dan tekstur merangsang perkembangan mental dan kognitif pada bayi.

 

Paparan teratur play gym membantu bayi mengenali warna, pola, dan tekstur yang berbeda. Beberapa play gym bahkan dilengkapi cermin sehingga bayi dapat melihat wajahnya sendiri dan mengenali dirinya sendiri. Semua ini dapat membantu bayi mempercepat penemuan diri dan perkembangan mental.

 

5. Menyediakan area bermain yang menarik

Setiap anak suka bermain, dan play gym adalah mainan yang menyenangkan dan menarik untuk bayi. Tikar dengan gambar-gambar berwarna cerah ditambah dengan beberapa mainan yang disukai bayi, seperti teether, mainan kerincingan, dan cermin, membuat bayi merasa senang dan tidak jenuh. Beberapa play gym juga dapat mengeluarkan suara atau lampu yang membuat bayi ketagihan untuk waktu yang lama.

 

Semua daya tarik dari play gym dapat menenangkan bayi yang rewel. Mums juga bisa meninggalkan si kecil di play gym sesaat sambil melakukan pekerjaan rumah tangga tanpa perlu khawatir si kecil akan menjadi rewel.

 

Baca juga: 10 Cara Menyenangkan untuk Menstimulasi Motorik Kasar si Kecil
 

6. Mempromosikan penemuan diri

Beberapa play gym disertai cermin kecil yang dapat mempromosikan penemuan diri pada bayi berusia tiga hingga lima bulan. Di usia muda, mereka melihat diri mereka sendiri di cermin. Memasuki usia lima sampai delapan bulan, bayi dapat merespons bayangan cermin mereka dengan tersenyum dan tertawa. Dengan demikian, play gym sangat membantu dalam mengembangkan keterampilan kesadaran diri bayi.

 

7. Keamanan dan portabilitas

Mums tentunya ingin memberikan si kecil mainan yang aman dan bisa dibawa saat bepergian. Nah, play gym menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi bayi untuk bermain. Kasur yang empuk menyediakan tempat yang aman dan nyaman saat belajar berguling dan bermain. 

 

Play gym juga umumnya mudah dibersihkan dan membutuhkan sedikit ruang untuk penyimpanan. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, play gym dapat dibawa dengan mudah saat bepergian.

 

8. Cocok digunakan hingga balita

Play gym juga merupakan mainan yang serbaguna dan awet digunakan sampai balita. Untuk bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan, mainan yang menjuntai di play gym dapat meningkatkan keterampilan menggenggam. Saat bayi tumbuh menjadi balita, Mums dapat melepas lengkungannya lalu menggunakan matrasnya sebagai matras bermain normal untuk balita. Sementara, mainan pada lengkungan play gym juga masih menarik untuk balita sehingga masih bisa terus dimanfaatkan.

 

Ada banyak jenis play gym yang tersedia di pasaran. Sebaiknya pilih play gym yang bagus yang menawarkan banyak hal untuk bayi, seperti cermin, mainan bersuara, mainan yang dapat bergerak, teether, dan sebagainya.

 

Baca juga: Ingin Anak Hebat, Lakukan 4 Stimulasi Penting Ini!

 

 

Sumber:

Parenting.firstcry.com. Does your baby need a play gym

Aptparenting.com. Benefits of baby play gym

Kippins.co. 6 benefits of using a baby play gym

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.