Menu
Informasi tentang Kesehatan

Mums, Begini Cara Tepat Menghangatkan MPASI agar Kualitasnya…

  • Bagikan

Tanpa terasa, saat ini si kecil telah memasuki usia 6 bulan. Artinya, ini sudah waktunya bagi Mums untuk memperkenalkan MPASI pada si kecil.

 

Supaya lebih praktis, Mums mungkin memilih untuk membuat MPASI dalam jumlah banyak yang kemudian disimpan dalam freezer. Lalu, saat akan disajikan pada si kecil, MPASI yang telah disimpan dalam freezer ini dipanaskan terlebih dahulu.

 

Daya tahan tubuh bayi tidak sekuat orang dewasa sehingga mereka sangat rentan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Karenanya, cara mempersiapkan dan menghangatkan MPASI untuk bayi sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, menyimpan dan menghangatkan MPASI dengan tepat juga penting untuk menjaga kualitasnya agar tetap terjaga.

 

Baca juga: Mums, Begini Cara Menyimpan MPASI saat Mudik

 

Cara Menghangatkan MPASI yang Tepat

Pada tulisan ini, Mums akan diajak belajar cara membekukan dan memanaskan kembali MPASI agar aman dan nutrisinya tetap terjaga.

 

Menyimpan makanan

Jika Mums memasak MPASI dalam jumlah besar untuk dimakan lagi di lain waktu, Mums perlu mendinginkan makanan yang telah dimasak terlebih dahulu, lalu bekukan atau dinginkan di dalam lemari es. Makanan yang disimpan di dalam lemari es bisa digunakan untuk 2 hari, sedangkan yang disimpan di dalam freezer umumnya memiliki umur simpan yang lebih lama.

 

Untuk menghemat waktu dan menjaga kehigienisan makanan, pertimbangkan untuk membagi makanan bayi ke dalam porsi individu dengan menggunakan nampan es batu dan kemudian memasukkan nampan ke dalam freezer.

 

Jika Mums menyimpan daging atau ikan mentah di dalam lemari es. Pastikan Mums menyimpannya di dalam wadah lalu menaruhnya di bagian bawah lemari es. Ini penting agar cairan dari ikan dan daging tidak menetes ke makanan lain.

 

Baca juga: Kenapa Ya Kok Si Kecil Tidak Nafsu Makan?

 

Mencairkan makanan dari freezer

MPASI yang dibekukan di dalam freezer perlu dicairkan terlebih dahulu sebelum dipanaskan kembali. Cara paling aman untuk melakukannya adalah dengan memindahkan MPASI dari freezer ke lemari es atau menggunakan microwave dengan pengaturan defrost. 

 

Ingatlah untuk tidak mencairkan makanan yang beku pada suhu kamar. Makanan beku yang telah dicairkan juga harus dimakan dalam waktu 24 jam dan tidak boleh dibekukan kembali.

 

Memanaskan makanan

Ada beberapa hal yang perlu Mums perhatikan saat memanaskan MPASI:

  • Saat akan memanaskan makanan bayi yang beku, pastikan makanan sudah benar-benar mencair terlebih dahulu.
  • Jika Mums memanaskan makanan di dalam microwave, pastikan Mums menggunakan wadah makanan yang aman digunakan di microwave. Memanaskan makanan bayi di wadah yang tidak tepat dapat menyebabkan bahan kimia berbahaya dari wadah masuk ke dalam makanan. 
  • Makanan bayi harus ditutup saat dipanaskan di microwave. Gunakan penutup atau bungkus plastik yang sesuai untuk digunakan dalam microwave. Menjaga makanan tetap tertutup sangat penting untuk menahan kelembapan yang dihasilkan dan memastikan suhu panas tersebar merata dan aman.
  • Jika Mums memanaskan dengan kompor, makanan harus dipanaskan sampai benar-benar panas, bukan sekadar hangat. Aduk makanan saat dipanaskan agar panasnya tersebar merata.
  • Sebelum diberikan pada bayi, pastikan suhu makanan sudah menurun. Jangan pernah memberikan makanan yang panas pada bayi karena ini dapat menyakitinya.

 

Baca juga: Sebaiknya Hindari Gula dan Garam Tambahan pada Awal Masa MPASI

 

Jangan membekukan ulang makanan sisa

Meskipun makanan bayi memiliki umur simpan yang cukup lama jika disimpan di dalam freezer, tetapi makanan tersebut hanya dapat dipanaskan sekali. Artinya, jika Mums telah memanaskan makanan beku dan kemudian terdapat sisa makanan, sisa makanan tersebut tidak boleh dibekukan kembali. Sebab, proses pembekuan, pencairan, pemanasan, dan kemudian pembekuan kembali makanan menciptakan lingkungan yang sesuai bagi bakteri berbahaya untuk tumbuh, yang dapat membuat si kecil sakit. 

 

Untuk menghindari sisa makanan, sajikan makanan dalam jumlah yang dapat dihabiskan oleh bayi. Jika bayi tidak menghabiskan makanannya, segera buang sisa makanan. 

 

Semoga informasi seputar cara menghangatkan MPASI ini berguna ya, Mums. Jika Mums masih bingung seputar bagaimana cara menghangatkan MPASI dengan benar, jangan ragu untuk bertanya pada dokter anak.

 

Baca juga: Coba yuk, Tips agar Anak Suka Makan Ikan

Sumber:

Homemade-baby-food-recipes.com. Heating-baby-food

Nhs.uk. Storing-and-reheating-food

Stasherbag.com. How-to-heat-baby-food

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.