Menu
Informasi tentang Kesehatan

Mums, Ini yang Harus Dipersiapkan sebelum Menjalani Operasi…

  • Bagikan

Persalinan caesar atau operasi caesar adalah metode persalinan di mana bayi dilahirkan melalui sayatan yang dibuat di perut dan rahim. Operasi caesar mungkin diperlukan ketika seorang wanita memiliki komplikasi kehamilan tertentu. Namun, terkadang, dokter melakukan operasi caesar secara mendadak, yaitu sesaat sebelum persalinan dimulai.

 

Dokter mungkin merekomendasikan operasi caesar jika Mums mengalami satu atau beberapa hal ini:

  • Persalinan tidak berkembang secara normal.
  • Terdapat masalah pada bayi. Saat dokter mengamati adanya perubahan detak jantung bayi dan khawatir akan hal ini, dokter mungkin merekomendasikan persalinan caesar.
  • Bayi berada dalam posisi yang tidak biasa. Operasi caesar adalah cara paling aman untuk melahirkan bayi yang berada dalam posisi sungsang atau melintang.
  • Mengandung lebih dari satu bayi. Melahirkan bayi kembar dua atau tiga mungkin lebih aman jika dilakukan secara caesar.
  • Ada masalah dengan plasenta. Jika plasenta menutupi bukaan serviks atau yang dikenal sebagai plasenta previa, operasi caesar mungkin dibutuhkan.
  • Tali pusat prolaps atau melewati leher rahim di depan bayi.
  • Mums mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti kondisi jantung atau otak.
  • Terdapat penyumbatan. Fibroid besar yang menghalangi jalan lahir, patah tulang panggul, atau bayi memiliki kondisi hidrosefalus mungkin menjadi alasan untuk operasi caesar.

Agar Mums lebih siap menghadapi persalinan caesar, ada beberapa hal yang perlu Mums persiapkan.

 

Baca juga: Ini Dia yang Bisa Gagalkan Rencana Persalinan Normal Pasca Caesar

 

Yang Perlu Dipersiapkan sebelum Menjalani Operasi Caesar

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Mums persiapkan sebelum menjalani prosedur operasi caesar.

 

Beberapa minggu sebelumnya

Pastikan Mums sudah menentukan rumah sakit untuk bersalin. Lengkapi semua persyaratan yang diperlukan, seperti mengisi formulir, menandatangani persetujuan untuk operasi, beserta dokumen lain yang dibutuhkan.

 

Jika Mums sedang minum obat, mintalah dokter untuk meninjau semua obat yang Mums konsumsi. Mums mungkin perlu berhenti meminumnya selama beberapa hari sebelum operasi caesar.

 

Dapakan bantuan dari orang terdekat

Operasi caesar adalah operasi besar dan Mums akan perlu waktu cukup lama untuk pulih. Ini bisa memakan waktu sekitar 6 minggu atau bahkan lebih lama. Selama dalam masa pemulihan, Mums harus fokus pada penyembuhan dan merawat si kecil yang membutuhkan banyak perhatian. Dengan demikian, Mums tidak akan bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah.

 

Untuk itu, sejak jauh-jauh hari, carilah bantuan keluarga, teman, atau orang yang Mums percayai untuk membantu mengurus rumah. Idealnya, Mums harus memiliki seseorang untuk membantu Mums di rumah siang dan malam setidaknya selama 2 minggu pertama.

 

Jika Mums memiliki anak balita, pastikan ada yang mengurusnya selama Mums berada di rumah sakit hingga beberapa hari setelah Mums pulang ke rumah. Ini bisa dengan menitipkannya ke rumah keluarga atau meminta orang lain datang ke rumah dan mengurus semua keperluan anak.

 

Baca juga: Persiapan Penting agar Bisa Melahirkan Normal Setelah Caesar

 

Makan 8 jam sebelum operasi caesar

Mums boleh makan dan minum seperti biasa sampai 8 jam sebelum operasi caesar. Namun, ada baiknya Mums tetap memilih makan dan minuman yang sehat dan bergizi.

 

Selanjutnya, Mums tidak akan diizinkan untuk makan, minum, atau merokok sekitar 8 jam sebelum prosedur operasi dimulai. Ini termasuk permen, permen karet, dan minuman manis. Namun, Mums masih boleh minum air mineral sampai 2 jam sebelum operasi caesar.

 

Mandi dan jangan mencukur rambut kemaluan

Penyedia layanan kesehatan mungkin meminta Mums untuk mandi di rumah dengan sabun antiseptik pada malam sebelum dan pagi hari operasi caesar. Selama mandi, bersihkan tubuh dengan baik, lap dengan handuk hingga kering, lalu kenakan pakaian yang bersih dan nyaman.

 

Ingatlah untuk tidak mencukur rambut kemaluan selama satu atau beberapa hari menjelang dan setelah operasi caesar. Sebab, ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pasca operasi. Jika rambut kemaluan perlu dipangkas, itu akan dilakukan oleh staf bedah sebelum operasi. Namun, aturan ini bisa berbeda-beda antara satu rumah sakit dan rumah sakit lainnya, jadi bicarakan dengan dokter atau perawat tentang bagaimana mempersiapkan kulit sebelum operasi.

 

Pendamping

Mums tentunya harus diantar dan ditemani oleh orang terpercaya untuk menjalani operasi caesar, ini bisa suami, ibu, mertua, atau siapa pun yang dekat dengan Mums. Jadi, tentukan siapa yang akan mendampingi Mums dan pastikan Mums dan pendamping datang di waktu yang telah ditentukan oleh rumah sakit.

 

Selama di rumah sakit, pendamping mungkin akan diminta untuk menemani Mums selama operasi, menunggu di ruang persalinan, menggendong bayi, mengurus semua keperluan ibu dan bayi, mengurus administrasi, atau apa pun sesuai yang diperlukan. Yang jelas, pastikan pendamping dapat mengikui semua arahan yang diberikan oleh tim rumah sakit.

 

Baca juga: Tip Mempersiapkan Biaya Persalinan

 

Setelah prosedur

Setelah menjalani operasi caesar, Mums mungkin harus menjalani perawatan di rumah sakit selama 2 hingga 3 hari. Setelah anestesi mulai hilang, Mums akan diminta untuk minum cairan dan dibantu berjalan. Ini membantu mencegah sembelit dan trombosis vena dalam. Tim medis juga akan memantau sayatan untuk melihat tanda-tanda infeksi. Jika Mums dipasang kateter, ini akan dilepas sesegera mungkin.

 

Mums dapat mulai menyusui segera setelah siap atau setelah diminta oleh petugas medis. Mintalah perawat untuk mengajari Mums cara memposisikan diri dan bayi sehingga Mums merasa nyaman. Sebelum Mums diizinkan pulang, perawat mungkin akan memberikan obat-obatan dan panduan dalam mengonsumsi obat tersebut.

 

Memang banyak yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani operasi caesar. Namun, Mums tidak perlu khawatir. Dokter dan tim akan memberi tahu dengan jelas apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum prosedur dan Mums perlu mengikuti semuanya dengan baik.

 

Baca juga: Mums, Begini Cara yang Tepat Merawat Luka Caesar

 

 

 

Sumber:

Mayoclinic.org. About caesarean.

Atlatntichealth.org. Preparing for caesarean surgery.

 Uwmedicine.org. Preparing your C-Section.

 Tommys.org. How prepare your c-section.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.