Menu
Informasi tentang Kesehatan

Pentingnya Perencanaan Keuangan | Guesehat

  • Bagikan

Belum banyak orang yang sadar akan pentingnya merencanakan keuangan. Bisa dibilang, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang paham tentang pentingnya mengelola dan merencanakan keuangan untuk berbagai keperluan di keluarga. Padahal, pemahaman itu sangat memengaruhi kualitas hidup setiap orang.

 

Apalagi sebagai orang tua, Mums pasti mau menyiapkan masa depan yang baik untuk si Kecil. Letak pentingnya perencanaan keuangan ini adalah untuk menjamin masa depan si Kecil.

 

Berapa banyak uang yang bisa ditabung, dan berapa banyak yang harus dikeluarkan? Dengan memahami hal ini, Mums bisa tahu tujuan keuangan untuk masa depan si Kecil.

 

Nah, untuk memahami hal itu, Mums harus punya skema perencanaan keuangan. Di sinilah letak pentingnya perencanaan keuangan. Supaya Mums lebih paham lagi, berikut 7 alasan pentingnya perencanaan keuangan dalam kehidupan!

 

Baca juga: Ajarkan Si Kecil Mengelola Uang dengan Cara Seru Ini Yuk, Mums!

 

Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Berikut 7 alasan pentingnya perencanaan keuangan untuk kehidupan Mums:

 

Efektif mengatur keuangan: dengan perencanaan keuangan, Mums bisa mengelola pendapatan dan dibelanjakan dengan efektif. Mums jadi paham berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pengeluaran dan tabungan. Dengan program perencanaan keuangan yang tepat, maka Mums bisa mempersiapkan dana cadangan yang dapat dipakai anak-anak jika Mums dan Dads sudah tidak ada di kemudian hari.

 

Lebih hematMums akan menjadi semakin hemat  dengan cara memerhatikan pola pengeluaran uang. Hal ini termasuk salah satu alasan pentingnya perencanaan keuangan, sehingga Mums bisa memiliki persediaan uang yang cukup sebagai persediaan untuk masa depan si Kecil.

 

Menjaga keselamatan keluargamengatur kondisi keuangan keluarga termasuk salah satu alasan pentingnya perencanaan keuangan. Asuransi termasuk salah satu hal penting dalam skema financial planning. Memilih asuransi yang tepat bisa memberikan Mums dan keluarga ketenangan finansial.

 

Sebagai investasi hidupperencanaan keuangan yang baik juga akan memberikan ruang untuk Mums berinvestasi. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, Mums bisa menjadikannya sebagai investasi terhadap hal-hal yang ingin Kamu lakukan di masa depan.

 
Baca juga: Stres Masalah Keuangan? Ini Cara Mengatasinya!

 

Meningkatkan kualitas kehidupansalah satu alasan pentingnya perencanaan keuangan adalah tersedianya simpanan tabungan atau uang yang bisa digunakan ketika Mums tertimpa musibah. Sebagai contoh, Mums bisa memiliki asuransi yang cukup untuk mengganti pendapatan yang hilang jika Mums tidak bisa bekerja akibat kondisi tertentu.

 

Meningkatkan pemahaman tentang keuangankeuangan adalah hal penting dalam hidup kita, khususnya jika sudah berkeluarga. Dengan memiliki perencanaan keuangan, Mums bisa lebih memahami ilmu keuntungan karena  memiliki persiapan finansial yang baik. Oleh sebab itu, alasan lain dari pentingnya perencanaan keuangan adalah meningkatkan pemahaman tentang kontrol keuangan dalam kehidupan.

 

Menerima informasi yang tepat dari ahlinyadalam perencanaan keuangan, penasihat keuangan atau financial advisor biasanya akan membantu Mums mengelola keuangan. Maka agar tidak salah langkah, dalam membuat perencanaan keuangan, disarankan agar Mums memilih penasihat keuangan yang terpercaya.

  

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemampuan untuk mengatur keuangan adalah hal yang sangat penting untuk masa depan Mums dan anak-anak. Inilah mengapa Mums harus sadar akan pentingnya memilikip erencanaan keuangan yang baik.

Tentukanlah tujuan atau rencana keuangan sejak dini untuk masa depan si Kecil. Pilihlah asuransi jiwa yang tepat supaya efektif digunakan untuk masa depan keluarga dan anak-anak. (UH)

 

Baca juga: Mums, Ajarkan Si Kecil Mengatur Uang Lebaran!
 

Sumber:

Wealth How. Importance of Financial Planning.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.