Menu
Informasi tentang Kesehatan

Perawatan Kecantikan Saat Hamil | GueSehat

  • Bagikan

 

Perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan seringkali membuat Mums merasa kurang percaya diri. Tak heran jika beberapa ibu hamil mungkin berniat untuk melakukan sejumlah perawatan kecantikan untuk memperbaiki tampilannya. Namun, dengan kondisi yang sedang hamil, Mums tentu tidak boleh sembarangan melakukan perawatan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis perawatan kecantikan yang aman dan masih boleh Mums lakukan selama hamil.

 

Baca juga: Perawatan Kulit saat Hamil yang Aman Dilakukan
 

Perawatan Kecantikan yang Diperbolehkan Selama Hamil

Kulit wajah yang tampak kusam, badan yang terasa lebih lelah, tentu menjadi masalah-masalah yang cukup umum dialami oleh Mums selama hamil. Dengan kondisi seperti itu, Mums mungkin berpikir untuk melakukan sejumlah perawatan, seperti facial atau mungkin sekadar menicure dan pedicure. Nah, tapi sebelum Mums memutuskan untuk melakukan perawatan, yuk cek dulu berikut ini, apa saja perawatan kecantikan yang masih tergolong aman dan diperbolehkan selama hamil.

 

1. Manicure dan pedicure

Melakukan perawatan menicure dan pedicure masih tergolong aman untuk dilakukan selama hamil. Namun, Mums perlu memberi tahu terapis mengenai kondisi Mums yang sedang hamil. Pasalnya, pada kaki terdapat beberapa titik tertentu yang jika ditekan terlalu keras dapat memicu kontraksi bahkan persalinan prematur.

 

Selain itu, jika Mums ingin mewarnai kuku, pastikan juga cat kuku yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya sehingga aman untuk Mums dan juga janin.

 

2. Waxing

Perubahan hormon selama hamil membuat rambut di tubuh Mums cenderung lebih cepat bertumbuh. Tidak masalah jika Mums ingin melakukan waxing. Namun, jangan kaget jika waxing yang dilakukan selama hamil mungkin akan terasa lebih menyakitkan dari biasanya karena kulit menjadi lebih sensitif. Pastikan juga kebersihan dari salon kecantikan tempat Mums melakukan waxing dan juga alat-alat yang digunakan, ya.

 

Baca juga: Bolehkah Waxing saat Hamil?
 

3. Facial

Kulit wajah yang kusam atau munculnya jerawat menjadi masalah umum yang dialami ibu hamil akibat perubahan hormon. Kondisi ini mungkin membuat Mums ingin melakukan facial untuk menyegarkan kembali tampilan wajah. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, termasuk jika Mums ingin melakukan eksfoliasi. Namun, pastikan Mums tidak melakukan prosedur aromaterapi, eksfoliasi dengan zat kimia, batu panas, atau stimulasi listrik.

 

4. Mewarnai rambut

Jika Mums ingin mewarnai rambut, ada baiknya Mums menunggu dulu hingga memasuki trimester kedua. Pasalnya, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam produk pewarna rambut terbukti berbahaya bagi janin, dan kandungan ini dapat diserap oleh kulit kepala. Untuk memastikan lebih aman, Mums dapat menggunakan produk alami atau organik yang tidak berisiko untuk tubuh.

 

5. Pijat

Pijat selama hamil dikenal mampu mengurangi ketidaknyamanan yang Mums rasakan. Bahkan, pijat juga dipercaya mampu mengurangi kecemasan dan depresi selama kehamilan. Oleh karenanya, pijat selama hamil bukanlah kegiatan yang perlu Mums hindari.

 

Meski begitu, ketika memijat, pastikan Mums atau terapis tidak menekan titik-titik kritis serta menghindari tekanan di area perut. Jadi, informasikan dulu kepada terapis mengenai kondisi Mums yang sedang mengandung. Jika memang ingin lebih memastikan keamanannya, saat ini juga sudah banyak tersedia layanan pijat khusus ibu hamil yang pastinya sudah lebih terjamin keamanan dan kualitasnya.

 

6. Make up

Make up menjadi rutinitas penting yang tidak bisa dihindari, sekali pun Mums sedang hamil. Nah, tapi dengan kondisi hamil, Mums tentu harus lebih berhati-hati ketika memilih produk make up, nih. Hindari produk yang mengandung paraben atau wewangian yang terlalu menyengat. Kandungan-kandungan ini berisiko menyebabkan keguguran dan bayi terlahir cacat.

 

Nah, Mums itulah beberapa perawatan kecantikan yang masih boleh dilakukan ketika hamil. Jadi, Mums berniat melakukan perawatan apa nih? (BAG)

 

Baca juga: 4 Alasan Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur
 

 

Referensi

Swirlster. “8 Beauty Treatments That Are Safe To Try During Pregnancy”.

NCT. “Which beauty treatments are safe during pregnancy?”

Proeves. “6 Safe Beauty Treatments During Pregnancy (and 2 to avoid)”.

 

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.