Menu
Informasi tentang Kesehatan

Permainan untuk Melatih Kemampuan Bicara Bayi

  • Bagikan

Ingin si kecil cepat dan pintar berbicara? Pastinya. Selain terdengar lucu, si kecil yang lancar berbicara menunjukkan lancarnya perkembangan kemampuan berbahasa mereka. Mums pasti senang bila si kecil sudah mau berkomunikasi. Nah, semuanya harus dimulai dari rumah. Banyak cara yang menyenangkan untuk melatih kemampuan bicara bayi. Mums bisa mencoba lima jenis permainan untuk melatih kemampuan bicara bayi  berikut ini:

 

Inilah lima jenis permainan untuk melatih kemampuan bicara bayi:

 

1. Boneka yang dapat berbicara

Banyak sekali contoh boneka yang dapat berbicara di toko-toko mainan. Contoh: Talking Tom dan Lamaze Repeat Petey. Talking Tom berbentuk boneka kucing yang dapat mengulangi ucapan Mums saat berbicara di dekatnya. Untuk Petey, boneka berbentuk burung, Mums harus menekan sayapnya sebelum berbicara.

 

Kedua boneka ini sama-sama bisa merekam suara dan memainkannya kembali. Si kecil dapat mengikuti kata-kata yang didengarnya, meskipun mungkin belum sempurna. Selain itu, Petey yang bermulti-tekstur dan warna di permukaan dapat merangsang indera sentuhan bayi.

 

Mainan ini cocok untuk bayi berusia mulai enam bulan.

 

Baca juga: Kenali Gangguan Bicara dan Bahasa di Setiap Tahapan Usia

 

2. Mengeluarkan mainan kecil dari wadah yang bisa berbicara.

Salah satu contoh permainan ini adalah Fisher Price Laugh and Learn Magical Lights Fishbowl. Ceritanya, si kecil mengeluarkan ikan-ikan mainan warna-warni dari dalam kolam mereka yang juga berwarna-warni. Kolamnya berbentuk mangkok dan dapat berbicara sambil bergoyang. Otomatis, bayi tertarik menirukan suara-suara.

 

Mainan ini tidak hanya melatih kemampuan berbicara bayi, namun merangsang kemampuan motorik mereka lewat mengangkat mainan. Kegiatan ini juga memperkuat koordinasi mata dan tangan si kecil. Mums juga dapat mengenalkan anak pada jenis hewan-hewan laut, seperti: ikan, kepiting, dan lain-lain lewat permainan ini.

 

Mainan ini cocok untuk bayi berusia mulai enam hingga 36 bulan.

 

3. Buku dengan sensor sentuh.

Ingin kegiatan mendongeng untuk si kecil makin interaktif? Ada buku dengan sensor sentuh yang cocok untuk bayi. Contoh: Vtech Touch and Teach Word Book. Halaman-halaman buku lucu ini menanggapi sentuhan balita Mums dengan kata-kata, suara, dan musik oleh lebih dari 100 kata.

 

Permainan ini juga membantu mengajarkan keterampilan motorik halus dan alfabet si kecil. Dengan empat mode permainan yang berbeda, mainan ini tidak akan membuat si kecil cepat bosan. Gunakan dua baterai AAA agar mainan dapat bertahan lama.

 

Mainan ini cocok untuk bayi berusia mulai 18 bulan ke atas.

 

Baca juga: Ajak Si Kecil Belajar Memahami Intonasi Bicara, Yuk!

 

4. Ponsel mainan

Tenang, ini bukan gawai betulan. Ponsel mainan ini berguna untuk melatih si kecil bercakap-cakap. Rekaman yang membalas ucapan si kecil melatih beragam sapaan, seolah-olah bayi sedang menelepon betulan. Contoh ponsel mainan: LeapFrog Chat and Count SmartPhone.

 

Selain sapaan, ada juga voicemails dan lagu-lagu agar si kecil bisa ikut bernyanyi. Anak juga dapat latihan berhitung dan mendukung keahlian sosialnya nanti. Pokoknya, kecil-kecil sudah jago mengobrol di telepon.

 

Mainan ini cocok untuk bayi berusia 18 bulan ke atas. Ya, mungkin untuk sementara waktu mainan ini dapat mengalihkan perhatian mereka dari gawai yang dimiliki oleh Mums dan Dads.

 

5. Kebun Jamur Warna-warni (Best Learning Mushroom Garden).

Mainan berbentuk kebun jamur berwarna-warni ini mengajarkan empat mode untuk si kecil. Ada musik, warna, angka, hingga permainan lain. Selain membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan bayi, melatih proses berpikir logis, belajar, mengenal pola, hingga memecahkan masalah, mainan ini juga merangsang si kecil berbicara.

 

Misalnya: jamur menyala dalam serangkaian pola melatih daya ingat si kecil. Mode musik yang mengubah jamur menjadi kunci piano mengajak anak mengenal nada-nada.

 

Ini hanyalah lima contoh jenis permainan untuk melatih kemampuan bicara bayi. Kalau Mums pakai yang mana? Ada lagi mainan seperti ini?

 

Baca juga: Ini Cara Mengantisipasi Hambatan Berbicara pada Si Kecil

 

 

Referensi:

Parents.com. Toys that encourage takling.

Melissanaddoug.com. Our best toys encourage speaking and talking. 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.