Menu
Informasi tentang Kesehatan

Pertumbuhan si Kecil Tak Lengkap Tanpa Asupan Nutrisi dari Susu

  • Bagikan

Bagaikan sayur tanpa garam, pertumbuhan si Kecil tak lengkap tanpa susu. Tapi, apakah Mums sudah tahu kenapa susu sangat dibutuhkan si Kecil di masa tumbuh kembangnya? Yuk, simak infonya berikut ini.

Nutrisi di Dalam Susu

Selama periode pertumbuhan, kebutuhan nutrisi si Kecil sangat tinggi. Di usia 1 tahun, berat dan tinggi badan anak bertambah dua kali lipat dari ukurannya saat lahir, serta lingkar kepalanya konstan bertambah. Pertumbuhan fisik si Kecil akan terus berjalan bahkan hingga ia menuju masa remaja. Di sinilah kebutuhan nutrisi si Kecil tak bisa disepelekan begitu saja. Baik asupan nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak), serta nutrisi mikro (vitamin dan mineral) harus cukup dan seimbang.

Nah yang unik dari susu, asupan ini merupakan pemasok nutrisi makro sekaligus nutrisi mikro. Di dalam susu terkandung karbohidrat, protein, dan lemak, serta mengandung kalsium dan fosfor untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. “Paket lengkap” inilah yang membuat susu memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan si Kecil. Di samping itu, susu juga mengandung berbagai nutrien penting. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sumber vitamin B

Susu merupakan sumber nutrisi vitamin B, termasuk vitamin B12 yang mendukung pembentukan sel darah merah dan B2 yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

  • Mencukupi kebutuhan kalori harian

Lemak dalam susu mampu melengkapi yang kalori penting untuk si Kecil. Ini penting lho, karena anak-anak tidak memiliki kapasitas untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah besar tetapi membutuhkan pilihan yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya.

  • Mendukung pertambahan tinggi badan

Banyak faktor yang bisa memengaruhi pertumbuhan, seperti genetik, nutrisi, dan aktivitas fisik anak. Dan penting diketahui, 60% tinggi saat dewasa tercapai di 5 tahun pertama kehidupan anak .

Makanya, nutrisi menjadi fondasi penting agar si Kecil tumbuh optimal. Di dalam susu, terkandung vitamin K2 dan arginin yang merupakan nutrisi penting untuk membantu membangun tulang yang lebih kuat dan lebih panjang pada anak-anak. Vitamin K2 berfungsi mengaktifkan protein osteocalcin yang memasukkan kalsium ke dalam tulang. Tanpa Vitamin K2, kalsium tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Sementara arginin merupakan asam amino penting yang berperan dalam pertumbuhan tinggi badan. Nutrisi ini bermanfaat untuk menggandakan sel di pelat pertumbuhan dalam tulang untuk membantu pertumbuhan tulang.

Pertumbuhan Tak Lengkap Tanpa Asupan Nutrisi dari Susu

Terlepas dari tingkat energi, protein, lemak, serta beragam nutrisi mikro di dalamnya, susu mengandung kalsium dan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1) yang sangat relevan untuk perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Produksi hormon ini, sangat terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang serta jaringan otot.

Pada penelitian yang dipublikasikan di tahun 2020, tim peneliti menemukan bahwa konsumsi susu pada anak-anak usia 6 bulan-5 tahun, memberikan dampak positif dengan risiko pertumbuhan terhambat 1,9% lebih rendah. Inilah yang membuat susu merupakan elemen yang tak bisa dipisahkan untuk mendukung pertumbuhan si Kecil.

Memang, keunggulan nutrisi untuk pertumbuhan tidak eksklusif hanya untuk susu. Beragam nutrisi makro dan mikro yang si Kecil butuhkan juga harus dicukupi dari variasi makanan lain. Namun tak bisa dimungkiri, susu adalah salah satu pilihan yang paling terjangkau dan enak untuk si Kecil konsumsi setiap hari.

Berbicara soal enak, apakah Mums sudah tahu bahwa PediaSure kini hadir dalam rasa baru Classic Milky? Dengan rasa susu yang klasik, PediaSure varian Classic Milky memiliki rasa yang alami dan segar, sehingga memudahkan si Kecil untuk transisi dari ASI.

Pediasure Classic Milky juga hadir dengan kandungan 0 gram sukrosa, yang artinya rasanya tidak manis dan cocok bila menginginkan susu dengan kadar gula yang rendah. Studi klinis pun menunjukkan bahwa penggunaan Pediasure dalam jangka panjang sesuai saran penyajian, tidak menyebabkan berat badan berlebih ataupun obesitas. Asyik, tak perlu bingung lagi memilih susu bernutrisi untuk pertumbuhan si Kecil, jika nanti ia harus disapih.

Jangan lupa, pantau pertumbuhannya dengan rutin memplot berat dan tinggi badan ke kurva. Sangat penting lho, untuk memantau tinggi badan si Kecil dan membandingkannya dengan standar WHO untuk anak seusianya. (IS/AS)

Referensi:

Healthline. Milk Help Kids Grow

National Library of Medicine. Milk Consumption and Child Growth

Verywell. Normal Growth

MSD Manual. Physical Growth

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.