Menu
Informasi tentang Kesehatan

Promil Anak Kembar | Guesehat

  • Bagikan

Mungkin pernah tersirat di pikiran Mums bahwa, lucu juga ya kalau punya anak kembar? Bisakah promil anak kembar? Tentu bisa, Mum. Meskipun pada akhirnya kehadiran anak ditentukan oleh Yang Maha Besar, Mums bisa meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar promil anak kembar.

 

Lalu, bagaimana cara promil anak kembar? Baca penjelasan di bawah ini ya, Mums!

 

Baca juga: Daftar Pertanyaan yang Bisa Mums Ajukan untuk Dokter saat Promil

 

Berbagai Metode Promil Anak Kembar 

Ada beberapa metode atau upaya yang dilakukan dokter untuk pasangan suami istri yang menginginkan anak kembar. Berikut di antaranya:

 

1. IVF atau Bayi Tabung

Dalam IVF atau program bayi tabung, sel telur wanita dan sperma pria diambil sebelum dibuahi. Kemudian, sel telur dan sperma diinkubasi bersama di dalam laboratorium, di mana embrio akan terbentuk.

 

Lewat prosedur medis IVF ini, dokter kemudian akan memasukkan embrio tersebut ke dalam rahim wanita, di mana ia akan tumbuh. Untuk meningkatkan kemungkinan embrio akan tumbuh di rahim, dokter bisa memasukkan lebih dari satu cairan embrio ke dalam rahum untuk meningkatkan kemungkinan hamil kembar. 

 

2. Obat Kesuburan

Obat yang dibuat untuk meningkatkan kesuburan biasanya bekerja dengan cara meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi ovarium. Jika lebih banyak sel telur yang diproduksi, maka ada kemungkinan lebih dari satu yang bisa dibuahi. Hal ini bisa meningkatkan kesempatan hamil kembar non-identik (fraternal).

 

Menurut penelitian, clomifene dan gonadotropins adalah dua obat kesuburan yang meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Namun sebaiknya Mums tanyakan dan konsultasi ke dokter tentang obat kesuburan yang bisa meningkatkan kemungkinan hamil kembar. 

 

3. Memanfaatkan Riwayat Keluarga 

Kalau Mums dan Dads memiliki riwayat hamil kembar di keluarga, maka kemungkinan Mums dan Dads memiliki anak kembar lebih tinggi. Hal ini khususnya benar untuk wanita yang memiliki riwayat keluarga anak kembar non-identik. Pasalnya, mereka kemungkinan memiliki gen yang membuat mereka memproduksi lebih dari satu sel telur dalam satu waktu.

 

Baca juga: Dapatkan Informasi Seputar Promil, Kehamilan, dan Tumbuh Kembang Langsung dari Ahlinya

 

3. Usia di 30 Tahun

Wanita yang usianya lebih dari 30 tahun, khususnya yang usianya sudah memasuki akhir 30-an, memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hamil kembar. Pasalnya, mereka memiliki kemungkinan memproduksi lebih dari satu sel telur saat masa subur.

 

4. Suplemen 

Ada beberapa penelitian kecil yang menunjukkan bahwa asam folat dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Namun, belum ada penelitian berskala besar untuk mengonfirmasinya. Namun, Mums tetap disarankan mengonsumsi asam folat saat promil, karena dapat membantu melindungi perkembangan otak bayi ketika sudah hamil.

 

5. Menyusui Saat Hamil

Pada 2006, penelitian yang dipublikasikan Journal of Reproductive Medicine menemukan bahwa wanita yang menyusui dan hamil memiliki kemungkinan akan hamil kembar. Namun, belum ada penelitian tambahan untuk mendukung klaim tersebut. Oleh sebab itu, menyusui tidak dianggap sebagai faktor yang meningkatkan kemungkinan hamil kembar.

 

Baca juga: Cek Kesiapan Mums dan Dads Sebelum Program Bayi Tabung

 

 

Sumber:

Healthline. Tips on How to Conceive Twins. Juli 2016.

March of Dimes. Being pregnant with twins, triplets, and other multiples. 2015, June.

ASRM. Fertility drugs and the risk of multiple births. 2012.

 

Promil Anak Kembar

Mums mau promil anak kembar? Ternyata ada caranya, lho. Begini cara promil anak kembar!

Cara Promil Anak Kembar

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.