Menu
Informasi tentang Kesehatan

Solusi Permasalahan Kulit Kepala dan Rambut Bayi

  • Bagikan

Wah, rasanya bahagia ya Mums ketika si Kecil lahir! Setelah ini, sudah tentu seluruh perhatian Mums akan tercurah untuk merawat dan mengasuhnya. Ngomong-ngomong soal perawatan bayi, Mums perlu cermat nih memperhatikan seluruh bagian tubuhnya, tak terkecuali kulit kepala dan rambut. Pasalnya, terdapat berbagai masalah yang menyerang bagian-bagian tersebut, mulai dari rambut tipis, rontok, cradle cap atau kerak kepala, hingga ketombe, sejak awal kelahirannya!

 

Masalah Kulit Kepala dan Rambut Bayi

Ada berbagai permasalah kulit kepala dan rambut yang bisa menghantui si Kecil sejak ia dilahirkan. Berdasarkan survei yang dihimpun oleh Mama’s Choice pada tahun 2020 lalu, 55% ibu menyatakan bayinya mengalami rambut tipis, 31% sulit tumbuh, dan 3% mengalami kerak kepala atau cradle cap. Sementara di Amerika Serikat, 3% orang tua menghadapi masalah kerontokan rambut pada bayinya, sehingga memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter terkait hal tersebut.

 

Perawatan kulit kepala bayi memang gampang-gampang susah. Perlu Mums ketahui, kulit kepala bayi memiliki penyerapan empat kali lebih tinggi dibandingan dengan area kulitnya, salah satunya lengan. Perawatannya sendiri tidak bisa sembarangan karena kulit kepala masih sangat tipis dan sensitif.

 

Nah, ada baiknya Mums mengenali beberapa masalah kulit kepala dan rambut bayi, sehingga tidak panik saat terjadi pada si Kecil:

 

  • Kerak kepala (Cradle cap)

Kerak kepala merupakan masalah kulit kepala yang paling umum dialami oleh bayi. Ini disebut pula dengan infantile seborrheic dermatitis. Kerak kepala berbentuk seperti bercak yang tebal dan berminyak yang menempel di kulit kepala bayi, dengan warna putih hingga kuning.

 

Meski tampilannya sedikit menakutkan, Mums tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi ini tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti, tetapi faktor genetik dan lingkungan disebut-sebut memengaruhi. Kondisi ini bersifat tidak menular.

 

Ketombe bayi muncul karena kulit kepala kering. Berbeda dengan kerak kepala, ketombe bayi berwarna putih, kering, dan terkadang menimbulkan gatal. Genetik dan alergi bisa menjadi pemicu munculnya ketombe pada kulit kepala bayi.

 

Ada bayi yang terlahir dengan rambut lebat, ada pula bayi yang terlahir dengan rambut tipis. Namun, biasanya di 6 bulan pertama kelahiran bayi, rambutnya akan rontok. Mengapa begitu?

 

Ada dua alasan hal ini bisa terjadi. Pertama, ditidurkan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama bisa membuat rambut menjadi rontok. Kedua, bisa jadi ini diakibatkan oleh perubahan hormon, yang mengakibatkan pertumbuhan rambut dalam fase istirahat atau disebut telogen effluvium.

 

Baby Hair Lotion Pertama di Indonesia dengan Multivitamin

Berangkat dari segala permasalahan pada kulit kepala dan rambut yang kemungkinan dialami oleh bayi, sebagai perusahaan penyedia produk perawatan dan perlengkapan ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi, Mama’s Choice secara resmi meluncurkan Baby Hair Vitamin Lotion dengan formula yang lembut dan aman.

 

 

Peluncuran produk ini menjadi sebuah langkah dari komitmen jangka panjang Mama’s Choice sebagai brand yang terpilih menjadi #1 Safe Brand versi The Asian Parents untuk terus menemani Mums melalui perjalanan keibuan dan 1.000 hari pertama si Kecil dengan rangkaian produk yang aman, natural, dan halal.

 

Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion mengandung bahan alami kemiri, sweet almond, chamomile, serta aloe vera organik. Baby hair lotion ini berfungsi melembapkan kulit kepala dan menutrisi rambut bayi, untuk mempercepat pertumbuhan rambut bayi.

 

Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion juga merupakan baby hair lotion pertama di Indonesia yang diperkaya dengan pro-vitamin B, A, dan E, sehingga efektif membuat rambut bayi lebih tebal, lembut, dan hitam berkilau hanya dalam 7 hari.

 

Kelebihan lain yang dimiliki produk ini antara lain:

  • Dermatologicaly tested
  • Hypoallergenic
  • Alcohol dan paraben free
  • Toxin free
  • Memiliki sertifikat halal dan sertifikat ECOCERT Cosmos Organic untuk kandungan bahan aloe vera di dalamnya.

 

Sebanyak 9 dari 10 Mums setuju produk Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion dapat membantu melebatkan dan menstimulasi pertumbuhan rambut bayi dalam 7 hari. Jadi, Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion sudah terjamin keamanannya serta dapat membantu melembapkan kulit kepala bayi dan menutrisi rambutnya agar lebih lebat, lembut, dan hitam berkilau! (AS)

 

Referensi

Healthline: Newborn Hair: Everywhere or Barely There, It’s All Normal

Healthline: What Causes Dry Scalp in Babies, and How’s It Treated?

Press release Mama’s Choice



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.