Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips Ampuh agar Rambut Anak Hitam, Tebal, dan Lebat

  • Bagikan

 Tidak harus menunggu hingga anak berusia dewasa, kesehatan rambut perlu dijaga sejak usia dini. Agar rambut anak tumbuh hitam, tebal, dan lebat, yuk simak tips ampuh di bawah ini!

 

Kesehatan Rambut Penting Dijaga Sejak Dini

Apa yang pertama kali terlihat ketika Mums bertemu seseorang? Betul, wajah, rambut, atau kepala adalah jawabannya. Tidak heran rambut diibaratkan sebagai mahkota karena merupakan salah satu aspek pertama yang diperhatikan oleh orang lain.

 

Ditambah lagi, rambut sebenarnya cerminan dari kesehatan, tidak terkecuali pada si Kecil. Oleh karena itu, untuk menunjang pertumbuhan rambutnya menjadi sehat, tebal, dan lebat, perlu dimulai dengan asupan nutrisi yang tepat, seperti:

 

1. Cukupi kebutuhan vitamin

Vitamin dan mineral termasuk ke dalam golongan nutrisi mikro. Sesuai namanya, kebutuhan dua elemen ini tidak banyak jika dibandingkan karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Namun, memenuhi kecukupannya sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, proses regulasi hormon, hingga merawat dan menjaga kesehatan rambut.

 

Dua vitamin penting untuk mendukung pertumbuhan rambut si kecil menjadi tebal dan indah adalah vitamin A dan E. Sumber nutrisi yang kaya vitamin A, cukup banyak dan mudah didapatkan, seperti labu, wortel, melon, dan pepaya. Pastikan juga si Kecil mengonsumsi banyak sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin E guna membantu meningkatkan kekuatan rambutnya.

 

2. Pastikan asupan protein

Setiap sel dalam tubuh manusia terbuat dari protein. Itulah mengapa, si Kecil membutuhkan banyak protein untuk mendukung pertumbuhannya, termasuk pertumbuhan rambut. Salah satu makanan sumber protein yang baik dan mudah didapatkan adalah telur. Telur mengandung L-Sistein atau asam amino dan kaya akan mineral sehingga efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Sumber protein lainnya yang sangat baik untuk rambut si Kecil adalah almond, tuna, dan ayam tanpa lemak.

 

Tips agar Rambut Anak Tumbuh Sehat

Setelah mencukupi kebutuhan nutrisi, Cara Mums merawat rambut si Kecil sehari-hari juga memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan rambutnya. Nah, berikut langkah-langkah yang wajib Mums lakukan agar rambut si Kecil dapat tumbuh hitam, tebal, dan lebat.

 

1. Mencegah kulit kepala kotor

Salah satu penyebab utama kerusakan dan kerontokan rambut adalah kulit kepala yang kotor dan berminyak. Karena anak-anak adalah individu yang aktif, penting untuk memastikan bahwa kulit kepalanya tetap bersih.

 

Gunakan sampo khusus anak setiap hari untuk membersihkan kulit kepala dan rambutnya. Idealnya, pilihlah sampo dari bahan-bahan organik dan ramah lingkungan, namun tetap efektif untuk membersihkan rambut dan kulit kepala anak secara lembut, serta tidak menimbulkan iritasi dan kulit kering pada kepala si Kecil.

 

2. Proses menyisir yang benar

Menyisir rambut meningkatkan sirkulasi darah dan mendistribusikan kelembapan ke seluruh helai rambut. Umumnya helai rambut anak masih halus dan mudah kusut, oleh sebab itu memilih sisir yang baik sangat penting, lho, Mums. Gunakan sisir dengan sikat yang fleksibel agar bisa merapikan rambut dengan lembut tanpa menariknya terlalu kencang.

 

3. Hindari karet gelang

Memang menggemaskan ya melihat si Kecil dikuncir dengan karet warna-warni. Namun, Mums perlu tahu, hal ini tidak sepenuhnya baik untuk si Kecil. Jika diperhatikan, saat ikat rambut dilepaskan, ada beberapa helai rambut yang tersangkut. Selain itu, keringat berlebih di kulit kepala dapat menyebabkan karet gelang terurai, yang dapat merusak rambut.

 

Boleh saja kok jika Mums ingin mendandani rambut si Kecil, namun, hindari penggunaan ikat rambut plastik. Mums bisa gunakan ikat rambut yang terbuat dari katun, beludru, atau satin. Ketiga bahan ini termasuk bahan yang tidak memiliki efek negatif pada rambut dan dapat mengikat rambut si Kecil tanpa menariknya berlebihan.

 

 

Buds Organics

 

4. Gunakan serum rambut

Sering kali, perawatan rambut anak hanya berhenti pada penggunaan sampo. Padahal agar rambut si Kecil tumbuh hitam, tebal, dan lebat, akan sangat baik jika didukung dengan serum rambut.

 

Pas banget nih Mums, Buds Organics memiliki serum khusus untuk kulit kepala anak. Hair Volume Booster dari Buds Organics berfungsi untuk menstimulasi kulit kepala, mendorong nutrisi ke folikel rambut, serta meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut.

 

Terbuat dari 95% bahan organik, serum rambut ini sangat aman digunakan oleh si Kecil, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun karena bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, juga telah mendapat sertifikasi Ecocert.

 

Dikemas dalam bentuk spray, Mums jadi mudah untuk menggunakannya. Setelah keramas, Mums cukup menyemprotkannya dalam jarak kurang lebih 15 sentimeter ke kulit kepala secara merata, kemudian pijat lembut selama beberapa detik. Jangan lupa sisir rambut dan biarkan kering secara alami.

 

Bagaimana Mums? Untuk membuat rambut anak tumbuh hitam, tebal, dan lebat tidak sulit bukan? Kuncinya adalah memenuhi nutrisi harian si Kecil, menerapkan berbagai tips di atas secara rutin, dan menggunakan produk perawatan rambut yang teruji aman dan berkualitas. Selamat mencoba, Mums!

 

(IS/AS)

 

Referensi:

Parentlane. Here’s Why You Shouldn’t Be Tying Your Baby’s Hair

Healthline. How to Make Baby Hair Grow Faster and Fuller

Medical News Today. Hair loss in Children

Family Health Service. Baby Hair

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.