Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips Cepat Sembuh dari Operasi Caesar

  • Bagikan

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, pasti Mums mau cepat-cepat sembuh supaya bisa beraktivitas dan menjaga si Kecil dengan optimal. Gimana ya, tips cepat sembuh dari operasi caesar?

Waktu pemulihan pasca operasi caesar bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Namun, umumnya pemulihan memakan waktu dua hingga enam minggu. Nah Mums, ada beberapa tips agar cepat sembuh dari operasi caesar, lho. Cari tahu tipsnya di sini!

 

Tips Cepat Sembuh dari Operasi Caesar

Mums, begini tipsnya supaya cepat sembuh dari operasi caesar:

 

1. Istirahat yang Cukup 

Istirahat itu sangat penting dalam proses pemulihan pasca operasi apapun, Mums. Namun, umumnya wanita yang baru melahirkan, sulit untuk istirahat yang cukup dengan adanya kehadiran si Kecil. 

Bayi baru lahir tidak punya jadwal tidur yang tetap dan kadang hanya tidur 1-2 jam saja di malam hari. Jadi, Mums harus pintar memanfaatkan waktu. Contohnya saat si Kecil tertidur, cobalah untuk tidur juga. Mums juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk menjaga si Kecil supaya Mums bisa tidur atau istirahat.

 

2. Minta Bantuan untuk Merawat si Kecil

Merawat dan menjaga bayi baru lahir pasca operasi caesar tentunya tidak mudah dan sangat melelahkan. Sulit bagi Mums untuk melakukannya sendirian. Jadi, mintalah bantuan pasangan atau keluarga terdekat.

 

3. Perhatikan Kesehatan Emosional

Melahirkan merupakan pengalaman emosional bagi setiap wanita. Wanita yang mengalami persalinan gawat darurat dan terpaksa harus operasi caesar, bisa mengalami kesulitan mengontrol rasa emosional pasca melahirkan. 

Jika Mums merasa stres dan tidak sehat secara emosional, beritahukan kepada pasangan, dan segera konsultasi dengan dokter atau psikolog. Jika Mums cepat mendapatkan penanganan, maka bisa mencegah postpartum depression

 

4. Rutin Jalan Kaki

Mums sebaiknya tidak melakukan olahraga atau aktivitas berat selama beberapa waktu. Sebagai alternatif, Mums bisa membiasakan jalan kaki supaya tubuh tetap fit. Jalan kaki juga membantu melancarkan peredarah darah sehingga proses penyembuhan luka dapat berjalan dengan optimal

 

5. Kontrol Nyeri yang Dialami

Nyeri pada C-section pasca operasi caesar umum terjadi, jangan sampai nyeri pasca operasi mengganggu Mums untuk mengurus si Kecil. Mums harus mengonsumsi obat pereda rasa sakit sesuai dengan instruksi dokter. Jangan mengabaikan atau melewati waktu minum obat, ya.

 

6. Hindari Konstipasi 

Perubahan hormonal, kelemahan otot perut, dan terlalu sering tiduran dapat terjadi pada wanita pasca operasi caesar. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan konstipasi. Konstipasi berat bisa menimbulkan rasa sakit dan berdampak negatif terhadap bekas jahitan operasi. Minur air putih yang banyak dan mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat mencegah terjadinya konstipasi.

 

7. Gunakan Celana Dalam Khusus untuk Pemulihan Operasi Caesar (C-Section Recovery Undies)

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, Mums sebaiknya menggunakan celana dalam yang nyaman. Wanita umumnya memilih celana dalam yang karetnya elastis. Namun, celana dalam biasa tidak cukup mendukung pemulihan bekas jahitan pasca operasi caesar.

Supaya cepat sembuh, Mums bisa menggunakan celana dalam khusus untuk pemulihan pasca operasi caesar seperti C-Section & Postpartum Recovery Undies dari Belly Bandit. Celana dalam dari Belly Bandit ini dirancang khusus untuk pemulihan postpartum dan pasca operasi caesar.

Bukan sekedar celana dalam biasa, Mums, C-Section & Postpartum Recovery Undies ini memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah berbahan breathable, sehingga bagian yang tertutup tetap bisa memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, celana dalam ini juga memiliki teknologi Stayput™ yang dapat mencegah celana merosot atau turun saat dikenakan. Celana dalam ini juga membantu meminimalisir bau dan bakteri pada area c-section, karena memiliki bahan silver infused fabric.

Yang tidak kalah penting, celana dalam ini juga memiliki bahan yang nyaman dan lembut saat digunakan pasca operasi caesar, dengan desain tanpa kancing yang memudahkan saat pemakaian. Jadi, Mums bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, C-Section & Postpartum Recovery Undies dari Belly Bandit bisa membantu Mums dalam mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar! Jangan lupa semua tipsnya dijalani ya, supaya pemulihannya juga semakin cepat!

 

Sumber:

Medical News Today. How to speed up recovery from a cesarean delivery. Oktober 2018.
Very Well Family. C-Section Recovery Tips. Juni 2021.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.