Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips Tidak Mual saat Mengonsumsi Suplemen Kehamilan

  • Bagikan

Saat sedang mual-mualnya, pasti Mums rasanya gak mau menelan pil suplemen atau vitamin kehamilan. Padahal, suplemen kehamilan itu penting untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mums dan si Kecil dalam kandungan. Untuk mengatasinya, Mums harus tahu tips tidak mual saat mengonsumsi suplemen kehamilan.

 

Penting untuk terus mengonsumsi suplemen kehamilan, apalagi di awal kehamilan atau trimester pertama. Di waktu ini, terjadi pembentukan organ dan sistem yang penting untuk si Kecil, khususnya sistem saraf dan tulang belakang. 

 

Jadi, Mums harus tahu tips tidak mual saat mengonsumsi suplemen kehamilan. Yuk cari tahu di artikel ini!

 

Baca juga: Peran Bidan Turunkan Kematian Ibu dan Bayi Sampai 40%
 

Tips Tidak Mual saat Mengonsumsi Suplemen Kehamilan

Kalau Mums sulit makan vitamin atau suplemen kehamilan karena mual, ikuti tips ini:

 

Ubah Waktu Makan Suplemen Kehamilan

Salah satu tips tidak mual saat mengonsumsi suplemen kehamilan adalah dengan mengubah waktu makannya. Cobalah makan suplemen kehamilan di waktu dimana Mums biasanya paling tidak merasa mual. 

 

Beberapa wanita merasa mual mereda di malam hari, ada juga yang baru merasa tidak mual di sore hari. Maka itu, Mums perlu memerhatikan, kapan sih waktu dimana mual yang Mums rasakan mereda.

 

Makan Dulu Sebelumnya

Sebaiknya Mums tidak mengonsumsi suplemen kehamilan dalam kondisi perut kosong. Banyak suplemen kehamilan yang jika harus dikonsumsi setelah makan supaya tidak memicu rasa mual. Jadi, makan dulu sebelum mengonsumsi suplemen kehamilan.

 

Tanpa makanan, asam lambung bisa naik, sehingga menyebabkan Mums merasa lebih mual. Namun, kalau Mums diberikan suplemen zat besi atau obat tiroid oleh dokter, biasanya Mums disarankan untuk mengonsumsinya sebelum makan. Yang terpenting, Mums mengikuti instruksi dokter, ya.

 
Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Nyeri yang Umum Dialami Selama Kehamilan

 

Tanyakan Rekomendasi Dokter

Kalau kedua hal di atas sudah Mums lakukan tapi tetap saja sulit mengonsumsi suplemen kehamilan karena mual, maka coba tanyakan rekomendasi dokter. Tanya ke dokter Mums, adakah alternatif suplemen kehamilan lain yang tidak menyebabkan mual.

 

Biasanya zat besi di dalam suplemen kehamilan sulit dicerna. Pada beberapa kasus, suplementasi zat besi tidak terlalu dibutuhkan di trimester pertama, kecuali jika Mums hamil kembar. 

 

Biasanya, suplemen tinggi vitamin B6 bisa meredakan rasa mual. Jadi, coba tanyakan ke dokter apakah ia bisa merekomendasikan suplemen vitamin B6 untuk Mums. 

Tanyakan juga kepada dokter apakah Mums membutuhkan suplemen kehamilan di tahap ini. Terkadang, kalau Mums mengonsumsi makanan yang difortifikasi vitamin D dan juga mengikuti pola makan seimbang, maka yang Mums butuhkan hanyalah suplemen asam folat untuk trimester pertama. 

 

Jadi, tanyakan dulu ke dokter terkait suplementasi kehamilan ini. Nantinya dokter akan memberikan rekomendasi terbaik sesuai dengan kondisi Mums.

 

 

Itulah tips tidak mual saat mengonsumsi suplemen kehamilan yang bisa Mums ikuti. Suplemen kehamilan itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mums dan si Kecil. Semoga tips ini bermanfaat dan meredakan rasa mual Mums saat mengonsumsi suplemen kehamilan, ya!

 

Baca juga: 7 Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan di Trimester Pertama

 

 

Sumber:

What To Expect. Prenatal Vitamins and Nausea. Januari 2022.
National Institutes of Health, National Library of Medicine. Morning Sickness. October 2020.
Centers for Disease Control and Prevention. Folic Acid Helps Prevent Serious Birth Defects of the Brain and Spine, September 2021.
Mayo Clinic. Vitamin B-6. February 2021.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.