Menu
Informasi tentang Kesehatan

Vagina Kering Menyebabkan Sulit Hamil

  • Bagikan

Lendir vagina penting untuk bisa hamil. Jika vagina kering dan tidak memiliki lendir vagina, maka bisa mempersulit terjadinya kehamilan. Lalu, lebih jelasnya, apa sih alasan vagina kering menyebabkan sulit hamil? Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan di bawah ini, ya!

 

Baca juga: Apa Itu Egg Freezing dan Manfaatnya Bagi Wanita yang Belum Ingin Punya Anak
 

Benarkah Vagina Kering Menyebabkan Sulit Hamil?

Gangguan ringan pada lendir vagina bisa meningkatkan lamanya waktu untuk bisa mendapatkan kehamilan, tapi tidak menyebabkan infertilitas sepenuhnya. Jika gangguannya lebih serius, maka dibutuhkan pengobatan fertilitas atau hormonal.

Lendir vagina penting untuk mendapatkan kehamilan karena lendir ini menciptakan lingkungan ideal agar air mani dan sperma bisa bergerak dengan bebas. Sebelum ovulasi, lendir vagina biasanya meningkat dan konsistensinya menyerupai putih telur mentah. Dalam kondisi seperti itu, lendir vagina membantu sperma bergerak di jalan serviks.

 

Baca juga: Apa Itu Tuba Nonpaten dan Bagaimana Hubungannya dengan Kesuburan?
 

Jenis-jenis Masalah Lendir Vagina

Berikut sejumlah masalah lendir vagina:

  • Lendir dengan tingkat asam tinggi: menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk sperma.
  • Antibodi anti-sperma: protein yang diproduksi oleh sistem imun sebagai respon terhadap infeksi sebelumnya yang pernah dialami, yang bisa menyerang dan membunuh sperma.
  • Sel-sel inflamasi: ada di dalam vagina atau serviks, yang bisa membunuh sperma.
  • Lendir tebal, kering, atau lengket: bisa mengganggu pergerakan sperma.

 

Baca juga: Tidak Cuma pada Wanita, Usia Ternyata Memengaruhi Kesuburan Pria Juga!
 

Penyebab Masalah Lendir Vagina

Lendir vagina bisa berubah-ubah kondisinya selama siklus menstruasi. Namun terkadang, tubuh tidak memproduksi lendir vagina yang cukup. Hal ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti:

 

Efek Samping Pengobatan

Beberapa obat bisa membuat vagina kering dan menurunkan kualitas lendir vagina, seperti:

  • Antihistamin atau obat alergi
  • Obat batuk, demam, dan sinus
  • Propantheline
  • Antidepresan dan obat epilepsi
  • Beberapa obat tidur

 

Obat Kesuburan

Clomid merupakan salah satu obat yang umumnya digunakan untuk mengobati kesuburan atau fertilitas, dan terkadang mengubah kualitas lendir vagina. Tidak semua orang yang mengonsumsi Clomid mengalami masalah ini. Biasanya masalah pada lendir vagina lebih cenderung terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi Clomid pada dosis tinggi.

 

Usia

Semakin bertambah usia, semakin sedikit lendir vagina yang dimiliki. Kualitas lendir dan kuantitasnya juga bisa terpengaruh. Di suia 20-an, Mums bisa memiliki lendir vagina berkualitas tinggi selama lima hari. Di usia 30-an dan 40-an, Mums memiliki lendir vagina berkualitas selama satu atau dua hari. Semakin tinggi kualitas lendir vagina, semakin tinggi juga kemungkinan Mums untuk hamil.

 

Infeksi

Infeksi bisa menyebabkan lendir vagina menjadi tidak ramah untuk sperma. Infeksi yang dimaksud bisa berupa infeksi jamur atau infeksi bakteri. Kalau Mums mengalami kondisi ini, maka biasanya bisa diobati dengan dokter.

 

Berat Badan Rendah

Hormon estrogen berfungsi meningkatkan lendir vagina. Kalau berat badan rendah atau jika Mums olahraga terlalu berat, kadar estrogen bisa rendah. Hal ini bisa mengganggu kualitas lendir vagina.

 

 

Sumber:

Very Well Family. When You Have No Cervical Mucus. Juni 2022.
Curlin M, Bursac D. Cervical mucus: from biochemical structure to clinical implications. Front Biosci. 2013;S5(2):507-515. doi:10.2741/s386
Wada M, Kasai T, Nagai S, et al. Effect of repeated administration of clomiphene citrate at two different times on the endometrium in patients undergoing intrauterine insemination: Effect of clomiphene citrate on the endometrium. Reprod Med Biol. 2004



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.